Sunday, June 21, 2020

Sedikit Pahit Namun Nikmat, Hidangan Lezat "Juhu Humbut Pekat"


Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung


Sedikit Pahit Namun Nikmat, Hidangan Lezat "Juhu Humbut Pekat"



Oleh Nirwan

Berbicara kembali tentang menu santapan khas Kalimantan Tengah, rasanya kurang afdol jika kita tidak membahas tentang salah satu hidangan lezat dan gurih dari Kalimantan Tengah berupa "Juhu Humbut Pekat". 

Juhu Humbut Pekat merupakan salah satu hidangan kuah yang cukup terkenal dan diminati di Kalimantan Tengah, terbukti dari adanya warung-warung di daerah Kalimantan Tengah yang seringkali menyediakan menu hidangan berupa Juhu Humbut Pekat ini di setiap tempat. Masakan dengan tekstur lembut ini sebenarnya terbuat dari umbut rotan atau humbut pekat dalam sebutan masyarakat dayak di Kalimantan. Adapun rotan yang dipilih untuk diolah menjadi masakan ini bukanlah sembarangan rotan, rotan tersebut harus benar-benar masih berupa tunas dan masih muda. Nah, tunas inilah yang disebut dengan umbut / humbut dan kemudian barulah batang umbut tersebut dipotong dengan ukuran yang kecil-kecil setelah sebelumnya sudah dibersihkan dari kulit dan duri-duri rotannya. 

Masakan Juhu Humbut Pekat merupakan salah satu masakan tradisional dan warisan budaya dari leluhur suku dayak di kalimantan. Hingga saat ini, masyarakat setempat masih mengagumi dan melestarikan jenis hidangan nan unik ini. Di Kalimantan Tengah sendiri, warga setempat biasanya memperoleh sendiri umbut rotan dari dalam hutan yang akan segera diolah menjadi hidangan Juhu Humbut Pekat ini, hanya dengan berbekal peralatan khusus yang telah memadai untuk pergi ke hutan, terkadang warga setempat sudah mampu memperoleh beberapa ikat humbut pekat (umbut rotan) dengan kuantitas yang cukup banyak. Biasanya humbut pekat yang baru diperoleh dari dalam hutan tersebut akan dijual kembali kepada tetangga di beberapa rumah atau bahkan dikonsumsi sendiri bersama keluarga dan kerabat.

Rotan memang merupakan salah tumbuhan yang merambat dan tentunya habitatnya berada di dalam hutan yang beriklim subtropis maupun tropis. Jadi, tidak heran jika tumbuhan rotan ini banyak tumbuh di hutan Kalimantan yang dimana Rotan tumbuh subuh di daerah dengan curah hujan tinggi serta biasa juga tumbuh subur di sekitar tepian sungai. Selain kegunaannya yang identik sebagai bahan baku industri kerajinan, bagian rotan nyatanya juga dapat diolah menjadi menu santapan lezat seperti halnya hidangan nikmat Juhu Humbut Pekat yang bercitra rasa sedikit pahit, manis dan gurih ini.




Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r



                                                               
Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :


Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer