Monday, March 18, 2019

Mengenal Sosok Kuyang Dari tanah Kalimantan

Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung


Mengenal Sosok Kuyang dari tanah Kalimantan 

Oleh Nirwan


Sumber : m.youtube.com



Jika kita bercerita mengenai keberadaan makhluk mistis di dunia ini, maka semua tak akan ada habisnya  .. 

Makhuk yang bermacam - macam tersebut selalu menyimpan berbagai misteri maupun cerita janggalnya masing - masing baik berupa makhluk tak kasat mata bahkan pada ilmu mistis dari ulah manusianya sendiri, tak terkecuali pula pada makhluk jadi - jadian (Siluman) alias manusia yang sengaja menuntut ilmu ghaib demi kepentingan hidup atau tujuan tertentu.


Nah, kita semua tahu bahwa keberadaan tiap daerah memiliki cerita mistisnya masing - masing sebut saja salah satunya di kepulauan Kalimantan. Pulau Borneo yang dikategorikan sebagai Kepulauan terbesar dan diakui dalam Daftar 100 pulau terbesar di dunia ini juga terkadang menyimpan berbagai misteri dari masyarakat di dalamnya. !.


Pernahkah Anda mendengar istilah / sebutan fenomenal berupa Sosok "Kuyang" oleh Masyarakat sekitar terutama dari Masyarakat asli Dayak, di daerah Kalimantan. Cerita yang selalu beredar dan dikisahkan secara turun - temurun ini tentunya sudah tak asing lagi bagi sebagian masyarakat yang hidup di tanah Kalimantan. Kuyang atau Pulung dalam sebutan kami merupakan sosok manusia jadi - jadian berwujud kepala wanita (terpisah dari badannya) yang sengaja menuntut ilmu hitam serta terbang pada malam hari demi memenuhi kepentingan hidup yang bermacam - macam baik berupa awet muda, penglaris, dan maksud lain sebagainya. Kepala tersebut sengaja melayang disertai isi perut / organ dalam tubuhnya yang masih menempel di lehernya dan sengaja mengasingkan tindakannya pada malam hari agar menghindari perhatian masyarakat sekitar.


Seperti yang diceritakan diatas, Kuyang pada umumnya hanyalah sesosok manusia biasa yang sengaja menuntut ilmu hitam demi mencapai maksud dan tujuan tertentu. Dalam mencapai tujuannya, manusia tersebut akan berganti wujud dengan cara mengusapkan minyak kuyang khusus pada bagian lehernya sehingga kepalanya akan terlepas secara langsung dari anggota tubuh. Sebelum memulai tindakan, mereka biasanya menyembunyikan keberadaan badan tanpa kepala atau isi perut mereka dari sepengetahuan masyarakat sekitar. Darah bayi atau darah yang berasal dari proses bersalinnya perempuan melahirkan biasanya menjadi incaran utama yang akan dihisap oleh kuyang, maka jangan heran jika masyarakat sekitar di Kalimantan selalu waspada pada malam hari terlebih jika ada seorang wanita yang akan melahirkan. 

Menurut sebagian Orang, penganut ajaran ilmu sesat ini biasanya sulit untuk dikenali secara langsung. Namun, ada satu pendapat unik yang menyebutkan bahwa Pelaku Kuyang sebenarnya berperilaku lazim layaknya manusia biasa terutama dalam kehidupannya sehari - hari (saat siang hari) sebelum mereka melancarkan aksinya di malam hari. Adapun Ciri tertentu dari penampilan pelaku kuyang yaitu, bagian lehernya akan selalu ditutupi (dikelilingi) oleh selendang maupun kain untuk menyembunyikan bekas-bekas luka pada bagian lehernya yang biasa terlepas dari badan mereka. 

Sumber : www.boombastis.com

Yang lebih mengerikan lagi, bau dari seorang wanita hamil akan mampu tercium tajam oleh sang pengguna ilmu tersebut. Walaupun jarak rumah dari sang korban dirasa sangat jauh dari rumah pengguna ilmu itu sendiri. Oleh Karena itu, bagi para perempuan khususnya di daerah Kalimantan yang sedang hamil atau akan melahirkan tentunya selalu berupaya untuk tidak keluar rumah pada malam hari. Penghuni rumah juga akan segera mengunci pintu atau jendela secara rapat - rapat agar menghindari gangguan tersebut. Segala Penangkal pun selalu dipasang di sudut - sudut rumah yang bersangkutan. 

Minyak Kuyang atau Kawiyang sendiri memiliki bermacam - macam jenis dengan ragam warna disertai khasiat yang berbeda - beda. 

Sumber gambar : http://bursagaib.blogspot.com/2015/04/kuyang-minyak-kuyang-atau-minyak.html?m=1

  • Minyak Kuyang berwarna hitam, dianggap sebagai minyak yang berkhasiat untuk ilmu kebal diri (tahan terhadap tebasan Parang, Pisau, Celurit, senjata api dan benda - benda tajam lainnya).
  • Minyak Kuyang berwarna Merah, dianggap sebagai sarana dalam ilmu meringankan tubuh atau dapat berlari secepat kilat.
  • Minyak Kuyang berwarna Kuning, dianggap sebagai sarana untuk menaklukkan hati para wanita yang dicintai hingga ia takluk kepada sang pemilik minyak tersebut.
  • Minyak Kuyang berwarna hijau, digunakan sebagai media untuk awet muda. Minyak inilah yang banyak digunakan oleh para pengguna (terutama Perempuan) dengan cara mengusapnya ke leher untuk mencari darah korban berupa bayi maupun Ibu - Ibu sedang melahirkan di setiap kampung. Darah yang dimaksud merupakan salah satu syarat untuk memenuhi tujuan dan maksud pengguna ilmu yang bersangkutan.
  • Minyak kuyang berwarna putih, digunakan dan dianggap sebagai sarana dalam hal penglarisan maupun mendatangkan uang secara kilat (ghaib).


Keberadaan dan khasiat kelima minyak tersebut banyak diincar atau dicari oleh orang - orang tertentu. maka jangan heran dalam menemukan pihak / penyimpan minyak - minyak tersebut sangat sukar untuk diketahui karena keberadaannya memang dianggap misterius dan juga sangat dirahasiakan.

Dahulu, bagi kami orang asli Kalimantan terutama diceritakan pula oleh orang - orang bahari, bila kita secara tak sengaja melihat benda - benda melayang dengan ragam cahaya yang berwarna pada malam hari. Maka hal tersebut dianggap sebagai Kepala Kuyang yang sengaja terbang atau menampakkan wujudnya untuk mencari mangsa. Apabila kita melihat Kepala Kuyang tersebut secara langsung. konon, Sendok Kayu sebagai penanak nasi di rumah maupun peralatan dapur dapat digunakan sebagai media untuk menjatuhkan kepala tersebut dari langit dengan cara melambaikannya ke Objek yang dilihat dari jarak jauh / dekat.

Itulah salah satu kemistisan dari Sosok Kuyang di Kepulauan Kalimantan, masih banyak pula berbagai kemistisan yang tersimpan dari tanah Borneo tersebut. Terima Kasih.

Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r




Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 : Atau juga :

2 comments:

  1. numpang share ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. Detail saya
    Nama: Hariyanti Malta
    Email: hariyantimalta@gmail.com






    Keluarga saya dan saya akan selalu berterima kasih kepada Credit Financial Group yang telah meminjamkan kami untuk memulai bisnis kami sendiri dan melunasi hutang keluarga kami, Keluarga saya telah menderita hutang jangka panjang selama bertahun-tahun yang kami cari yang akan membantu kami dengan pinjaman untuk melunasi hutang dan memulai bisnis tetapi tidak dapat menemukan apa-apa sebagai gantinya kami menderita lebih banyak kerugian dari beberapa pemberi pinjaman uang palsu, sebelumnya saya menemukan Credit Financial Group dan hari-hari saya dari kekhawatiran dan hutang berakhir, saya meminta pinjaman untuk 600 juta kemudian saya diminta untuk mengisi dalam beberapa dokumen dan pinjaman saya disetujui, dan dalam dua hari saya menerima berita dari bank bahwa saya telah menerima kredit sebesar 600 juta. keluarga saya dan saya telah hidup dalam kebebasan finansial sejak itu, semua berkat Credit Financial Group atas ketulusan dan kesetiaan mereka untuk membantu mereka dengan masalah keuangan di seluruh dunia. Semoga Tuhan terus menguatkan Anda. jika Anda menghadapi masalah keuangan atau Anda memiliki banyak hutang untuk dibayar, saya meminta Anda untuk menghubungi Credit Financial Group secara terperinci di bawah ini dan Anda akan sangat bahagia.

    Perusahaan: CREDIT FINANCIAL GROUP
    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    BBM INVITES: {DDA46523}

    ReplyDelete

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer