Wednesday, February 27, 2019

CERITA UNIK MENGENAI NAMA KOTA BESI BESERTA MAKHLUK MITOLOGI PENUNGGU SUNGAINYA.

Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung

Cerita Unik Mengenai Nama Kota Besi beserta Makhluk Mitologi Penunggu Sungainya.



Oleh Nirwan

SEPUTAR UNIK & PENGETAHUAN UMUM

Tiap-tiap daerah sudah tentu memiliki cerita mistis, keindahan alam atau bahkan cerita uniknya masing - masing.

Sumber : pixabay.com

Nusantara kita banyak sekali mengandung keanekaragaman Budaya, Kesenian, Adat-istiadat, Agama, Suku maupun Etnis yang saling bermajemuk satu sama lain. Selain itu, wilayah di kepulauan Indonesia yang secara strategis dikelilingi oleh kehidupan agraris maupun maritim ini juga telah banyak dikagumi dan dijumpai oleh beberapa orang di luar lokal seperti para pelancong dari berbagai mancanegara karena tertarik atas keindahan alam beserta segala isinya.

Sumber : www.kabarrantau.com


Dibalik itu semua, daerah di Indonesia juga memiliki kepercayaan mistis yang berbeda-beda dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Kalimantan, Jawa, Sumatera, Papua, dan kepulauan lainnya di Indonesia memiliki karakteristiknya masing-masing.



Di Provinsi Kalimantan Tengah sendiri, terdapat salah satu daerah yang dikenal dengan sebutan Kota Besi. Penduduknya didominasi oleh masyarakat Dayak serta para imigran lain yang sudah lama memukim disana. Profesi masyarakat lokal biasanya bekerja sebagai PNS, para pedagang, pekerja di lahan Sawit, penyadap getah karet, pencari rotan bahkan berkebun di lahan milik mereka sendiri. Kehidupan disana cukup damai dan tenteram tanpa harus saling membeda-bedakan antar Suku dan budaya. Walaupun pernah terjadi tragedi berdarah beberapa tahun yang silam pada tahun 2001, di Sampit dan berpengaruh hingga ke Kota Besi. Akhirnya, kejadian memilukan tersebut dapat diberhentikan melalui perjanjian damai antara kedua belah pihak (suku) yang telah terlibat konflik serta saling menyudahi pertikaian tersebut agar bisa bersatu kembali hingga saat ini.


Tugu Peringatan Dayak Madura, Sampit, Kotim (Google Map)

Saya terlahir disana sedari kecil bahkan hingga usia dewasa sekarang ini (19 tahun). Salah satu ikon yang ada disana berupa Bundaran Nanas yang disimbolkan dengan patung buah Nanas Raksasa disertai patung buah jeruk yang saling melingkari sudut patung buah nanas tersebut. Posisi kecamatan ini tidak begitu jauh dari Kota Sampit jika Anda pernah berkunjung ke pusat Kota Sampit sebelumnya.

Kota Besi berbentuk Kecamatan dengan Kabupaten Kotawaringin Timur. Desa atau Kelurahannya berjumlah 13 disertai jumlah penduduk sebanyak 15.841 jiwa (2012). Sungai di Kecamatan Kota Besi sejatinya mengikuti sepanjang arus di Sungai Mentaya bahkan hingga dari Desa Bajarum. Sungai tersebut merupakan salah satu pusat dari berbagai sumber kebutuhan lainnya oleh masyarakat sekitar yang ada di Kota Sampit beserta masyarakat asli yang sudah cukup lama memukim di Kecamatan Kota Besi. terutama, untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci pakaian maupun sebagai sarana transportasi laut.

Kecamatan Kota Besi Kabupaten Kotawaringin Timur, sebenarnya memiliki cerita unik dan misteri tersendiri yang terkandung di dalamnya. Baik misteri dari nama daerahnya hingga pada mitos tertentu dari masyarakat setempat. Sebagian masyarakat terdahulu juga sering berujar akan hal-hal mistis dari penunggu Sungai Mentaya yang masih dipercaya hingga saat ini. Seiring perkembangan waktu, Anak-anak sekitar sudah hampir kurang meyakini dan melestarikan kepercayaan unik tersebut akibat pengaruh globalisasi. Namun, masih ada sebagian yang mempercayai dan memperhatikan keunikan-keunikan cerita tersebut karena rasa penasaran dari ujaran orang-orang terdahulu. Lantas, Apa sajakah macam misteri yang pernah tersimpan dibalik daerah kec. Kota Besi, Kotawaringin Timur tersebut ?. Berikut Seputarannya.


1. Misteri & Istilah unik dari nama " Kota Besi "

Kantor Kecamatan Kota Besi (Google Map)

Daerah tertentu sudah pasti memiliki identitasnya masing-masing. Identitas tersebut bisa berupa nama atau sebutan khas dari daerah yang bersangkutan. Nama dari Kota Besi sendiri, mustahil bisa melekat secara kebetulan tanpa adanya peristiwa unik serta kejadian tertentu yang pernah menyelimutinya. Hingga saat ini, asal-usul atau istilah dari nama Kota Besi masih menyimpan berbagai misteri oleh sebagian orang. Tetapi, ada salah satu kisah menarik mengenai kejadian

Bundaran Nanas, Kec. Kota Besi, Kotim

aneh yang pernah diyakini dan menyertainya. Menurut ujaran Orang terdahulu, nama dari daerah kampung tersebut sebelumnya masih belum dikenal sebagai sebutan Kota Besi. Namun, Istilah tersebut diujarkan sesaat setelah kejadian aneh di sepanjang Sungai Mentaya yang berkaitan dengan serangan penjajah kolonial Belanda. Diceritakan bahwa pada saat pasukan kolonial Belanda akan memasuki kawasan tersebut, seketika terjadi sebuah peristiwa janggal yang menyelamatkan daerah tersebut dari serangan penjajah. Pagar besi yang amat besar muncul seketika dari permukaan air di muara Sungai Cempaga dan bahkan berusaha menghalangi kapal ataupun perahu penjajah untuk masuk menuju kawasan daerah yang sekarang ini disebut sebagai Kota Besi. Alhasil, upaya para penjajah pun gagal serta kalang kabut atas kejadian tersebut. Akibat dari kejadian aneh tersebut, konon pasukan kolonial Belanda menyebutnya sebagai izjer stad atau Kota Besi dan nama Kota Besi sendiri diabadikan sebagai bentuk rasa syukur atas kejadian aneh yang pernah menyelamatkan daerah dan diri masyarakat setempat. Versi lain juga menyebutkan bahwa daerah tersebut sebelumnya terdapat banyak keberadaan besi.


2. Mitos unik terhadap makhluk mitologi penunggu Sungai Mentaya, di Kecamatan Kota Besi.

Sumber gambar : Nambenk-Nambenk.blogspot.com

Tiada yang aneh pada tanah Kalimantan, Keberadaan makhluk mitos atau makhluk astral sekalipun terkadang banyak diperbincangkan oleh sebagian orang disana. Pulau Kalimantan yang begitu luas banyak sekali menyimpan misteri.

Sumber gambar : https://www.google.com/amp/s/bacaterus.com/misteri-sungai-mahakam/amp/

Tak terkecuali pula pada makhluk mitologis serta hewan-hewan aneh yang menjadi penunggu bagi sepanjang sungainya. Sungai Mentaya yang menjadi salah satu pusat kebutuhan masyarakat sekitar di Kecamatan Kota Besi juga pernah menyimpan satu hal mistis dari penduduk setempat.


  • Pemandangan Sungai Mentaya pada saat Siang hari, kawasan Kec. Kota Besi. ( dari  arah seberang sungai ).




  • Pemandangan Sungai Mentaya pada saat Siang hari, kawasan Kec. Kota Besi. ( dari hulu menjuju ke arah hilir Sungai ).




  • Pemandangan Sungai Mentaya pada saat Siang hari, kawasan Kec. Kota Besi. ( dari hilir menuju ke arah hulu Sungai ).




Orang-orang tempo dulu sering menyebutkan bahwa dibawah dasar Sungai Mentaya, Kec. Kota Besi diyakini menjadi tempat berdiamnya makhluk mitologi yang salah satunya disebut dengan Ular Naga Raksasa.

Jembatan Mentaya, Kec. Kota Besi, Kotim (Google Map)

Keberadaan tubuhnya dipercayai berada di bawah Jembatan Bajarum (Sekarang Jembatan Mentaya) hingga sampai ke muara Sungai Cempaga. Itupun panjangnya sudah dari kepala hingga pangkal ekornya. Untuk penampakan dari makhluk mitologi ini sendiri oleh sebagian masyarakat masih ada beberapa yang mempertanyakannya. Apakah makhluk aneh tersebut pernah menampakkan wujudnya di permukaan Sungai Mentaya ataupun sebaliknya ??. Wallahu A'lam bishawab.., Semua kembali pada keyakinan diri kita masing-masing.
Sedangkan di Kalimantan Timur sendiri, oleh masyarakat setempat juga meyakini adanya keberadaan makhluk mitologi yang sama dengan sebutan ular naga tersebut. Khususnya di sepanjang Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Pada tahun 1980 yang silam pernah menjadi salah satu kejadian menghebohkan oleh warga sekitar Sungai Mahakam. Mereka dikejutkan oleh penampakan yang diyakini sebagai Ular Naga di permukaan Sungai Mahakam saat tengah malam. Kemunculannya disertai dengan tubuhnya yang besar serta sepasang matanya yang amat terang.


Itulah sedikit cerita mengenai Keunikan dari nama Kota Besi beserta makhluk mitologi yang diyakini menjadi penghuni di Sungainya. Semua hal kembali pada keyakinan diri kita masing-masing. Masih banyak lagi cerita unik, tradisi,  serta misteri-misteri lainnya yang ada di daerah tersebut. Sekian dan Terima Kasih ..


Sumber : www.gambaranimasi.org




Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r


Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 : Atau juga :

1 comment:

  1. Assalamualaikum Wr Wb

    Nama saya Henry Gunawan, saya memiliki kemunduran yang sangat besar dalam bisnis saya beberapa waktu yang lalu dan saya tidak memiliki apa-apa, dalam proses ini mulai meminjam dari beberapa teman untuk bertahan hidup dan keluarga saya menderita krisis keuangan saya, pada bulan Desember 2018 saya mendengar tentang sebuah perusahaan pinjaman online melalui seseorang yang datang ke sebuah kafe untuk mencetak beberapa dokumen yang terdokumentasi dan saya terpaksa bertanya tentang perusahaan itu dan dia hanya menjelaskan beberapa hal kepada saya dan memberi saya alamat email perusahaan, ketika saya kembali ke rumah saya dengan cepat buka internet dan hubungi perusahaan dan saya mendapat tanggapan dari mereka segera dan itulah bagaimana saya memulai proses, saya meminta pinjaman 800jt dan saya diminta untuk menyelesaikan beberapa langkah lain dan menyerahkan KTP saya dan dalam dua hari kemudian setelah saya telah sepenuhnya menyelesaikan proses saya menerima pinjaman dan perusahaan segera mengirim beberapa dokumen kepada saya, untuk mengisi, menandatangani dan menyerahkan kepada mereka. hari ini saya orang yang sangat bahagia dan saya telah membangun bisnis lagi. Allah akan terus memberkati Femi Otedola Loan Firm

    Ada dua hal yang membantu saya.Saya berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, Allah mengirim wanita-wanita itu ke kafe itu untuk mencetak dokumen-dokumen itu ketika saya masih di sana.Kedua, saya tidak membiarkan apa yang dikatakan orang lain berkecil hati, teman-teman saya menertawakan saya dan mengatakan ada begitu banyak penipuan online, saya berkata pada diri sendiri bahwa saya akan mengambil kesempatan itu. hari ini saya yang memiliki senyum terakhir, jadi saya berjanji untuk membagikan kabar baik ini.jika Anda memiliki masalah keuangan dan Anda mencari perusahaan Pinjaman 100% yang sah untuk mendapatkan pinjaman, ini adalah kesempatan Anda. Saya ingin memperkenalkan Anda kepada Femi Otedola Loan Firm, mereka dapat dipercaya dan dapat diandalkan. mereka telah membantu saya dan saya dapat dengan berani menyarankan Anda menghubungi mereka dan meningkatkan keuangan Anda.

    Hubungi Mereka Dengan.
    Perusahaan: Femi Otedola Loan Firm
    Email: femiotedolaloanfirm@gmail.com
    WA: +1(469)464-5833
    Panggil mereka dengan: +1(469)464-5833


    Detail pribadi saya adalah:
    Nama: Henry Gunawan
    E-mail: henrygunawan583@gmail.com
    Negara: Indonesia

    ReplyDelete

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer