Sunday, December 22, 2019

TUGAS MANAJEMEN KEUANGAN (BAB 4. NILAI WAKTU UANG)

TUGAS MANAJEMEN KEUANGAN (BAB 4. NILAI WAKTU UANG)

Sumber : pixabay.com


PERTANYAAN
1). Jelaskan kenapa nilai uang yang diterima sekarang lebih tinggi dibandingkan dengan uang yang diterima di masa mendatang !.
Jawab : 
Setidaknya ada dua alasan mengapa hal demikian terjadi, pertama; risiko pendapatan di masa mendatang lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan saat ini. Kedua, ada biaya kesempatan (opportunity cost) pendapatan masa mendatang. Jika pendapatan diterima sekarang, kita bisa menginvestasikan pendapatan tersebut (misal pada tabungan), dan akan memperoleh tabungan. Sehingga, itulah alasannya mengapa uang yang diterima sekarang bisa dikatakan lebih tinggi atau bernilai jika dibandingkan dengan nilai uang yang diterima dimasa mendatang. 


2). Jelaskan perbedaan antara tingkat bunga majemuk, bunga efektif, dan bunga nominal!.
Jawab :
Perbedaan antara tingkat bunga majemuk, bunga efektif, dan bunga nominal :
Tingkat Bunga majemuk adalah suatu bunga yang telah diberikan berdasarkan pada modal awal dan akumulasi bunga dengan periode sebelumnya. Bunga majemuk mempunyai banyak variasi dan selalu berubah yang artinya tidak tetap pada tiap-tiap periodenya. Contoh seperti saat menjual sebuah kendaraan, harga kendaraan yang dijual akan berubah setiap periode dan perubahannya akan bervariasi juga.
Adapun, Tingkat bunga efektif adalah laju tahunan yang dihitung menggunakan tingkat periode yang diturunkan dari laju nominal. Pengertian lainnya adalah nilai aktual dari tingkat suku bunga tahunan yang dihitung pada akhir periode yang lebih pendek dari satu tahun dengan memakai suku bunga majemuk.
Sedangkan, Tingkat bunga nominal (tingkat persentase tahunan) adalah laju tahunan yang sering dikatakan sebagai berikut : pinjaman ini adalah pada tingkat bunga 12% per tahun, digandakan bulanan. Perhatikan bahwa ini bukan tingkat bunga per periode. Pengertian lainnya adalah bilangan atau angka yang digunakan untuk menjelaskan tingkat suku bunga tahunan yang berlaku secara umum secara nominal.



3).   Jelaskan bagaimana menghitung nilai sekarang dari perpetuity!
Jawab :
Misalkan kita akan menerima aliran kas sebesar Rp1.000,00 per tahun selamanya, berapa present value aliran kas tersebut ? Bagan berikut ini menunjukkan aliran kas tersebut. 

Bagan 8. Pesent Value Aliran Kas dengan Periode Tidak Terhingga


Persoalan di atas juga bisa kita tuliskan sebagai berikut ini
PV =  1.000       +    1.000      +    1.000      + ..... +    1.000
       (1 + 0,1)^1    (1 + 0,1)^2      (1 + 0,1)^3              (1 + 0,1)~                              

Tentunya menghitung aliran kas sampai periode tidak terhingga sangat sulit. Untungnya kita bisa melakukan beberapa penyederhanaan (manipulasi) sehingga aliran kas tersebut bisa disederhanakan menjadi berikut ini.
PV = 1.000 / 0,1 = RP10.000,00 
Secara umum untuk aliran kas yang konstan yang akan kita terima sampai periode tidak terhingga, present value aliran kas tersebut adalah 
PV = C/r 
di mana C = aliran kas periodr
                r = tingkat diskonto


4). Jelaskan bagaimana melakukan interpolasi untuk menghitung tingkat bunga!
Jawab :
Dalam melakukan interpolasi untuk menghitung tingkat bunga, dapat dilakukan dengan teknik interpolasi berikut ini. 

Bagan 10. Interpolasi Tingkat Bunga


Tugas kita adalah mencari nilai M. Nilai M bisa dicari dengan cara berikut ini.
  10 - M        =        10 - 9                 atau 
7 - 6,814          7,161 - 6,814
10 - M = -0.186 / 0.347   atau   M = 10 - 0,54 = 9,46
Interpolasi mengasumsikan hubungan tingkat bunga dengab PV annuity bersifat linear. Dalam kenyataannya, hubungan tersebut tidak bersifat linear. Tetapi jika kita melakukan interpolasi antara dua titik yang dekat satu sama lain, maka perbedaan antara garis linear dan garis lengkung tidak signifikan, sehingga interpolasi bisa digunakan dan menghasilkan angka yang relatif akurat. 


5). Jelaskan perbedaan dan kaitan antara future value (nilai masa mendatang) dengan present value (nilai sekarang)!
Jawab :
Perbedaan dan kaitan antara future value (nilai masa mendatang) dengan present value (nilai sekarang) adalah sebagai berikut. 
present value (nilai sekarang) merupakan kebalikan dari future value (nilai kemudian). Apabila dalam nilai masa mendatang kita melakukan penggandaan, dalam present value, kita melakukan proses pendiskontoan (discounting process). Untuk melihat kaitan antara future value dengan present value, perhatikan bahwa nilai kemudian bisa dihitung dengan formula berikut ini.
        FVn  =  PV0 = (1 + r)n
Di mana FVn  = nilai kemudian, PV0  = nilai sekarang, r = tingkat bunga atau tingkat penggandaan, sedangkan n = jumlah periode. PV0 bisa diartikan sebagai present value dari aliran kas sebesar FVn. Dengan demikian present value dari aliran kas sebesar FV bisa dihitung dengan menuliskan kembali formula diatas sebagai berikut ini. 
        PV0 = FVn / [ (1 + r)n ]


6). Jelaskan manfaat perhitungan tingkat bunga efektif.
Jawab :
Dalam sistem bunga efektif ini, porsi bunga di masa-masa awal kredit akan sangat besar di dalam angsuran perbulannya, sehingga pokok hutang akan sangat sedikit berkurang. Jika kita hendak melakukan pelunasan awal maka jumlah pokok hutang akan masih sangat besar meski kita merasa telah membayar angsuran yang jika ditotal jumlahnya cukup besar. Sistem bunga efektif akan lebih berguna untuk pinjaman jangka panjang yang tidak buru-buru dilunasi di tengah jalan.

Sumber :
- Hanafi, Mamduh., Manajemen Keuangan Edisi 2, BFE, Yogyakarta, 2016





Sumber : www.gambaranimasi.org



Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r


Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :

Atau juga :
 

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer