Thursday, June 27, 2019

Puisi "Aku Masih Utuh dan Kata-kata Belum Binasa" ~ Widji Thukul


Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung


Puisi "Aku Masih Utuh dan Kata-kata Belum Binasa" ~ Widji Thukul.


Sumber gambar : google.com



 Oleh Nirwan


Inilah sosok Widji Thukul, penyair berperawakan kurus dengan mata sebelah kanan yang buta akibat tumbukan gagang senapan saat ia memimpin demonstrasi PT Sritex pada tahun 1995. dikenal sebagai seorang Aktivis HAM sekaligus Sastrawan yang menghilang pada akhir tahun 1998. keberadaannya pun masih diselimuti oleh misteri hingga sekarang dan orang-orang mempertanyakan dimanakah rimbanya ?. Entahlah, namun kerabat yang ia tinggalkan tentunya akan selalu berharap atas keselamatan dan kembalinya sang penyair pelo tersebut.


Sumber gambar : www.andinadwifatma.com


Widji Thukul merupakan seorang putera dari pasangan Bapak Kemis Harjosuwito dan Ibunda Sayem. Di kampung kelahirannya Solo, Thukul dibesarkan di sebuah kampung kumuh yang dimana sebagian besar para penduduknya bermata pencaharian sebagai penarik becak, begitupun dengan pekerjaan ayahnya sendiri yakni sebagai tukang becak. Seperti kita ketahui, penghasilan dari tukang becak tidak selalu memberi pendapatan yang banyak. Bahkan, terkadang pendapatan yang dihasilkan masih belum mampu atau sebanding atas perjuangan mengantarkan para penumpang setiap harinya dengan cara menggoes becak dari jarak tempuh yang cukup jauh. Adapun kala itu, bis-bis kota sudah mulai mendesaki jalanan yang tentunya akan mengakibatkan persaingan kerja antara profesi penarik becak dengan driver bus hingga sampai berpengaruh pada menurunnya penghasilan tukang becak saat itu. Sedangkan pendidikan terakhir bagi Thukul hanya sampai di kelas II (dua) Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) jurusan Tari.


Namun, perjuangan Thukul tiada berhenti sampai disitu. Ia meneruskan hidupnya dengan cara bekerja tak tetap seperti menjadi tukang pelitur, loper koran dan bahkan mengamen dengan melantunkan puisi-puisi di tiap kampung. Sikapnya yang supel dan mudah bergaul dengan kaum marjinal membuat ia lebih dikenal dan dekat dengan orang-orang di sekitarnya. Realitas sosial yang ia saksikan mampu menjadi sumber inspirasi  bagi Thukul dan ia tuangkan melalui puisi-puisinya yang bertemakan tentang kerakyatan beserta dengan racikan-racikan sajak yang ia jadikan sebagai senjata dalam bentuk protes atau kritikan terhadap rezim pemerintah Orde Baru. Karena suaranya yang cukup lantang, Thukul diincar dan dicurigai sebagai dalang demonstrasi. Semenjak tahun 1998 hingga sekarang, keberadaan Thukul pun tak tahu rimbanya. Ia diduga hilang dan diculik pada saat menjelang era reformasi tahun 1998 kala itu. 



Walaupun keberadaan Thukul masih belum terungkap sejak 21 tahun yang lalu. Namun, sosok dirinya seolah masih utuh dan kata-katanya belum binasa sebagaimana puisi dari karyanya yang berjudul "Aku Masih Utuh dan Kata-kata Belum Binasa". Nah, berbicara tentang puisi dari Karya Widji Thukul. Kali ini, terdapat salah satu puisi Thukul yang paling populer dan pernah ia tulis saat dalam pelarian dari penguasa Orba. Berikut merupakan puisi "Aku Masih Utuh dan Kata-kata Belum Binasa" ~ Widji Thukul. 




Puisi "Aku Masih Utuh dan Kata-kata Belum Binasa".

Karya : Widji Thukul

Sumber gambar : style.tribunnews.com


Aku bukan artis pembuat berita 
Tapi aku memang selalu kabar buruk
buat penguasa

Puisiku bukan puisi 
Tapi kata-kata gelap 
Yang berkeringat dan berdesakan 
mencari jalan 
Ia tak mati-mati, meski bola mataku 
diganti 
Ia tak mati-mati, meski bercerai dengan 
rumah
Ditusuk-tusuk sepi, ia tak mati-mati 
telah kubayar yang dia minta 
umur-tenaga-luka

Kata-kata itu selalu menagih
Padaku ia selalu berkata, kau masih 
hidup

Aku memang masih utuh
dan kata-kata belum binasa

(Wiji Thukul.18 juni 1997)




**Sekian.


Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r



                                                                                                  Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :


Atau juga :

1 comment:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer