Thursday, February 6, 2020

10 Fakta Menarik Terkait Lukisan Mona Lisa Karya Leonardo da Vinci Yang Wajib Anda Ketahui

🖼🎨Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung🎨🖼


10 Fakta Menarik Terkait Lukisan Mona Lisa Karya Leonardo da Vinci Yang Wajib Anda Ketahui


Oleh Nirwan

Sumber gambar : https://m.detik.com/hot/art/d-4461913/lukisan-telanjang-mona-lisa-karya-leonardo-da-vinci-dipajang-akhir-2019

Tahukah Anda mengenai Lukisan Mona Lisa yang dimiliki oleh pemerintah Prancis dan dipamerkan di Museum Louvre, Paris ini ?. Lukisan ikonik yang cukup terkenal di dunia dan terpajang di dalam sebuah museum di kota Paris tersebut merupakan Mahakarya Agung dari seorang seniman terkenal yang bernama Leonardo da Vinci pada sekitar abad ke-16. Lukisan itu sendiri seringkali menuai perhatian bagi banyak orang khususnya para pelancong yang berkunjung di kota Paris karena tertarik atas ekspresi wajah dari sosok wanita yang terlukiskan diatas kayu poplar tersebut. Konon, senyuman sosok wanita misterius yang terpampang jelas di lukisan tersebut masih menyimpan sejuta misteri dan teka-teki di dunia.

Lukisan Mona Lisa pernah dikabarkan hilang dan diduga dicuri oleh seseorang dari ruang museumnya pada 21 Agustus 1911. Setelah dua tahun berlalu, tepatnya pada tanggal 12 Desember 1913 akhirnya lukisan karya Leonardo da Vinci ini berhasil ditemukan kembali di sebuah kamar milik seorang pelayan hotel.

Selain harganya yang cukup populer dan fantastis yakni mencapai angka 750 Juta US Dolar, lukisan Mona Lisa ini juga sering menimbulkan sedikit kontroversi bagi sebagian pihak. Tentunya ada banyak sekali berbagai teori konspirasi yang menyelimuti lukisan terkenal tersebut, seperti misteri dibalik senyuman wanita yang ada di lukisan tersebut, misteri mengenai sosok sang pelukis sendiri (Leonardo da Vinci) hingga sampai menimbulkan suatu pertanyaan "Siapakah sosok wanita yang terpampang jelas di lukisan tersebut ?". 

Nah, kali ini topik Seputar Unik dan Pengetahuan Umum akan berbagi sedikit informasi mengenai 10 Fakta Menarik Terkait Lukisan Mona Lisa Karya Leonardo da Vinci Yang Wajib Anda Ketahui. Lantas, apa saja daftar 10 fakta menarik terkait lukisan Mona Lisa tersebut, berikut seputarannya..


1. Lukisan Mona Lisa pernah tinggal bersama Francois I, Louis XIV dan Napoleon.

Sumber gambar : https://pojoksatu.id/news/2015/08/23/terungkap-ini-rahasia-di-balik-misteri-lukisan-monalisa/

Meskipun da Vinci mulai mengerjakan karya agungnya ketika ia tinggal di Italia asalnya, ia tidak menyelesaikannya sampai ia pindah ke Prancis atas permintaan Raja Francois I. Raja Prancis memajang lukisan tersebut di istana Fontainebleau di mana lukisan itu sendiri bertahan selama satu abad. Louis XIV memindahkannya ke Istana megah Versailles. Pada awal abad ke-19, Napoleon Bonaparte menyimpan lukisan itu di kamar kerja. 


2. Beberapa sejarawan percaya bahwa Mona Lisa merupakan potret diri dari sosok Leonardo da Vinci sendiri. 


Sumber gambar : https://m.economictimes.com/magazines/panache/leonardo-da-vinci-had-a-condition-that-prevented-him-from-finishing-mona-lisa/amp_articleshow/69200857.cms

Leonardo da Vinci meninggal pada tahun 1519, lalu ia dimakamkan di sebuah kastil Prancis. Komite Nasional Italia untuk Warisan Budaya sedang melakukan penyelidikan, dan berencana untuk menggali tengkoraknya. Mereka ingin membangun kembali wajah Leonardo, menggunakan teknologi gaya CSI. Akankah dia menyerupai Mona Lisa yang dianggap misterius?


3. Ini merupakan sebuah lukisan namun bukan lukisan di atas kanvas. 


Sumber gambar : https://amp.kaskus.co.id/thread/5658941760e24b81638b4567/monalisa-senyum-sejuta-misteri

Karya terkenal Da Vinci ini sebenarnya dilukis di atas papan poplar. Mengingat ia sudah terbiasa melukis karya-karya yang lebih besar pada plester basah, maka papan kayu tampaknya tidaklah aneh. Kanvas tersedia untuk seniman sejak abad ke-14, namun banyak master Renaissance lebih memilih kayu sebagai dasar untuk karya seni kecil mereka.


4. Lukisan tersebut memiliki kamar tersendiri di Museum Louvre, Paris. 

Sumber gambar : https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/amp/adliputra/10-lukisan-paling-terkenal-di-dunia-c1c2-1

Setelah Louvre meluncurkan renovasi empat tahun, $ 6,3 juta pada tahun 2003, lukisan itu sekarang memiliki kamar sendiri. Langit-langit kaca memungkinkan cahaya alami, etalase kaca anti pecah mempertahankan suhu terkendali 43 derajat F. dan sedikit sorotan menonjolkan warna sebenarnya dari cat asli da Vinci.


5. Jackie Kennedy mengundangnya untuk berkunjung. 

Sumber gambar : https://garage.vice.com/amp/en_us/article/paxe4g/that-time-jackie-kennedy-borrowed-the-mona-lisa

Selama berabad-abad, para pejabat Prancis jarang membiarkan lukisan itu lepas dari pandangan mereka. Namun, ketika ibu negara Jackie Kennedy bertanya apakah lukisan itu dapat mengunjungi AS, Presiden Prancis de Gaulle setuju. "Mona Lisa" dipajang di Galeri Seni Nasional di Washington DC dan kemudian di Museum Seni Metropolitan di New York City.


6. Seorang pencuri sempat membuat lukisan Mona Lisa menjadi terkenal.

Sumber gambar : https://m.liputan6.com/global/read/3623562/21-8-1911-aksi-maling-yang-bikin-lukisan-mona-lisa-terkenal-dalam-semalam

Meskipun di dalam dunia seni, lukisan tersebut selalu menjadi mahakarya yang diakui, namun setelah dicuri pada musim panas di tahun 1911, lukisan tersebut baru menarik perhatian masyarakat secara umum. Surat kabar menyebarkan kisah kejahatan di seluruh dunia. Ketika lukisan itu akhirnya kembali ke Louvre dua tahun kemudian, praktis seluruh dunia bersorak.


7. Picasso dicurigai melakukan pencurian atas lukisan Mona Lisa.

Sumber gambar : https://www.artesplorando.it/2017/12/vincenzo-peruggia-furto-del-secolo.html/amp


Selama proses penyelidikan, gendarmes mencoba mempertanyakan pembangkang seni yang dikenal seperti Pablo Picasso tentang pencurian. Mereka secara singkat menangkap penyair Guillaume Apollinaire, yang pernah mengatakan lukisan itu harus dibakar. Kecurigaan mereka ternyata terbukti tidak berdasar.


8. Lukisan ini telah menerima banyak surat cinta dari para penggemarnya. 

Sumber gambar : https://amp.kompas.com/internasional/read/2016/04/21/16410441/Apakah.Lukisan.Mona.Lisa.Diilhami.Kekasih.Gay.Leonardo.da.Vinci.

Sejak lukisan itu pertama kali tiba di Louvre pada tahun 1815, "Mona Lisa" telah menerima banyak surat cinta dan bunga dari pengagumnya. Dia bahkan memiliki kotak suratnya sendiri.


9. Tidak semua orang mengagumi lukisan tersebut. 


Sumber gambar : https://m.viva.co.id/amp/arsip/501527-mengungkap-sosok-wanita-misterius-di-lukisan-mona-lisa

Berbagai pengacau telah mencoba merusak karya terkenal da Vinci, dan pada tahun 1956 merupakan tahun yang sangat buruk. Dalam dua serangan terpisah, satu orang melemparkan asam ke lukisan itu, dan orang lain melemparnya dengan batu. Kerusakannya samar tapi masih terlihat. Penambahan kaca anti peluru berhasil menghindari serangan berikutnya dengan cat semprot pada tahun 1974 dan secangkir kopi pada tahun 2009.


10. Lukisan ini ternyata tidak dapat diperjualbelikan.

Sumber gambar : https://m.cnnindonesia.com/hiburan/20170316102103-241-200535/studi-ungkap-makna-di-balik-senyum-lukisan-mona-lisa

Benar-benar merupakan Mahakarya yang tak ternilai, lukisan Mona Lisa ternyata tidak dapat dibeli ataupun dijual menurut hukum warisan Prancis. Sebagai bagian dari koleksi Louvre, "Mona Lisa" milik publik, dan dengan persetujuan rakyat, hati mereka menjadi miliknya.

Nah, itulah 10 Fakta Tekait Lukisan Mona Lisa Karya Leonardo da Vinci Yang Wajib Kita Ketahui. Semoga sedikit informasi diatas dapat menambah wawasan Anda mengenai keunikan sekaligus fakta-fakta menarik tentang salah satu lukisan terkenal di dunia. Terima kasih..


Referensi :


Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r



                                                                 Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :


Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer