Sunday, December 22, 2019

TUGAS MANAJEMEN KEUANGAN (BAB 5. PENILAIAN SURAT BERHARGA)

TUGAS MANAJEMEN KEUANGAN (BAB 5. PENILAIAN SURAT BERHARGA)

Sumber : pixabay.com



PERTANYAAN

1). Jelaskan karakteristik obligasi!
Jawab : 
Karakteristik obligasi diantaranya sebagai berikut. 
Nilai nominal adalah harga yang tercantum pada surat obligasi. Nilai tesebut mencerminkan harga yang akan dibayar oleh penerbit obligasi pada saat jatuh tempo.
Kupon tingkat bunga adalah tingkat bunga (dalam presentase berdasarkan nilai nominal) yang akan dibayar oleh pihak penerbit obligasi
Jatuh tempo adalah jangka waktu tempo suatu obligasi biasanya ditetapkan dalam satuan satuan tahun. Pada saat jatuh tempo, penerbit obligasi kewajiban untuk melunasi pemegang obligasi sebesar nilai nominalnya.

2). Jelaskan bagaimana menilai harga obligasi!
Jawab : 
Nilai suatu obligasi bisa dihitung sebagai Present Value dari aliran kas yang akan diterima di masa mendatang oleh pemegang obligasi. 


3). Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keuntungan yang disyaratkan untuk obligasi (kd)!
Jawab :
Tingkat keuntungan aset bebas risiko dan premi risiko tergantung dari beberapa faktor sebagai berikut ini :
a) Premi maturity 
    Jangka waktu (jatuh tempo) yang berbeda menyebabkan perbedaan tingkat keuntungan yg disyaratkan. Semakin tinggi jatuh tempo, akan semakin tinggi tingkat keuntungan yang disyaratkan. 
b) Premi kebangkrutan
    Perusahaan yang mempunyai risiko kebangkrutan yang lebih tinggi akan meningkatkan tingkat keuntungan yang disyaratkan. Sebagai contoh, misal perusahaan menerbitkan obligasi. Setelah menerbitkan obligasi, perusahaan melakukan pinjaman lagi dengan jumlah yang sangat besar, sehingga menaikkan tingkat utangnya. Semakin tinggi utang, akan semakin tinggi kemungkinan kebangkrutannya, sehingga tingkat keuntungan yang disyaratkan akan meningkat.
c) Premi likuiditas 
    Semakin likuid aset, semakin rendah tingkat keuntungan yang disyaratkan. Misal, setelah menerbitkan obligasi, tiba-tiba terjadi krisis moneter yang mengakibatkan kesulitan likuiditas. Dalan situasi ini tingkat keuntungan yang disyaratkan akan meningkat.
d) Premi inflasi
  Secara umum, jika inflasi meningkat maka tingkat bunga nominal juga akan meningkat, termasuk tingkat bunga investasi bebas risiko.
       
4). Jelaskan istilah Yield To Maturity, Yield To Call, dan Yield!
Jawab :
Yield To Maturity (YTM) adalah tingkat keuntungan yang diperoleh pemegang obligasi, jika obligasi tersebut dipegang sampai jatuh tempo (mature). Adapun Yield To Call (YTC) merupakan tingkat keuntungan yang diperoleh investor jika investor tersebut memegang obligasi sampai dilunasi. Dalam beberapa publikasi keuangan, seringkali ditemui istilah Yield Obligasi, atau sering disingkat menjadi yield saja. yield dihitung sebagai berikut. 
yield = Bunga / Harga Pasar Obligasi
Yield bukan merupakan tingkat keuntungan yang diharapkan oleh investor obligasi. Tetapi yield sering dipakai sebagai indikator tingkat keuntungan, misal untuk menghitung tingkat keuntungan yang disyaratkan, atau dikaitkan dengan rating obligasi. 

5). Jelaskan obligasi tanpa kupon bunga!
Jawab :
Obligasi tanpa bunga adalah obligasi yang tidak membayarkan bunga sebelum jatuh tempo. Obligasi tersebut dinamakan juga sebagai zero coupon bond atau zeroes. Obligasi tersebut berbeda dengan obligasi biasa (yang dengan bunga), karena obligasi biasa membayarkan bunga setiap periode tertentu (misal tahun), sampai jatuh tempo. Formula untuk menghitung harga obligasi tanpa kupon adalah sebagai berikut. 
     Harga = Nilai Nominal / (1 + r)n
di mana r = tingkat bunga
                  n = periode
Sebagai contoh, misal PT A mengeluarkan obligasi tanpa bunga dengan nilai nominal Rp 1 juta, jangka waktu 5 tahun. Jika tingkat diskonto yang relevan (kd) adalah 20%, maka harga obligasi tersebut dihitung sebagai berikut ini. 
     PV = 1 juta / (1 + 0,2)5 = Rp401.878,00
Obligasi tersebut mempunyai harga Rp401.878,00. Tingkat bunga yang akan diperoleh oleh pemegang oblig asi jika obligasi tanpa bunga tersebut dipegang sampai jatuh tempo adalah 20%.

6). Jelaskan beberapa model penilaian saham!
Jawab : 
Berikut ini beberapa model penilaian saham.
Penilaian saham yang dipegang satu periode
Misalkan ada saham yang diperirakan mempunyai harga sebesar Rp1.400,00 saat tahun mendatang. Saham tersebut diperkirakan akan membayar dividen sebesar Rp200 satu tahun mendatang. Semua aliran kas diasumsikan akan dibayarkan pada akhir periode untuk memudahkan perhitungan.

Penilaian saham dipegang selamanya
Karena akan dipegang selamanya, investor akan memperoleh dividen, bukannya capital gain.

7). Jelaskan model kelipatan untuk menilai saham!
Jawab :
Alternatif metode penilaian saham adalah penggunaan kelipatan. Model kelipatan relatif sederhana dibandingkan dengan model penilaian berbasis present value aliran kas. Model kelipatan bukan merupakan model yang saling menghilangkan.

8). Jelaskan bagaimana menilai saham preferen!
Jawab : 
Misalkan saham preferen mempunyai dividen sebesar 20% dengan nilai nominal Rp1000,00. Misalkan tingkat keuntungan disyaratkan untuk saham preferen tersebut adah 15%, berapa harga saham preferen?
Dividen yang akan diterima oleh pemegang saham preferen adalah 20% X Rp1,000,00 = Rp200,00. Diasumsikan dividen tersebut akan dibayar secara reguler per tahun, dan saham preferen dipegang selamanya. Harga tersebut bisa dihitung sebagai berikut.
Harga=200/0,15= Rp1.333,00
Formula untuk menghitung saham preferen
PV = (D/p)

9). Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi PER!
Jawab : 
P/E = [Dividen 0 (1+g)/(ks-g)] X 1/E
Persamaan tersebut menunjukan, faktor – faktor yang mempengaruhi PER adalah tingkat pertumbuhan, ks, dividen pada awal tahun.

Sumber : Hanafi, Mamduh., Manajemen Keuangan Edisi 2, BFE, Yogyakarta, 2016

Sumber : www.gambaranimasi.org



Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r


Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :

Atau juga :
 

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer