Sunday, February 10, 2019

TIPS-TIPS PENTING YANG PERLU KAMU PERSIAPKAN SEBELUM MENGHADAPI UN TINGKAT SMA

Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung


TIPS-TIPS PENTING YANG PERLU KAMU PERSIAPKAN SEBELUM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) TINGKAT SMA



Oleh Nirwan

Sumber : nasional.republika.co.id

Dalam artikel kali ini, Saya bukan sedang ngebahas Seputar Soal Akademis ya Sobat. Bukannya malas ๐Ÿ˜‚, he.. he.. 

Tetapi lagi fokus sama pembahasan yang lain. Ingat !, ilmu itu tetap penting serta paling berpriotas dalam tuntutan kehidupan insan (manusia) baik sejak dilahirkan ke dunia hingga sampai dimasukkan ke liang lahat. Agamapun mengajar demikian.



Sumber : www.gambaranimasi.org


Sobat, Artikel kali ini dikhususkan buat adek-adekku sekalian terutama yang masih duduk di bangku Kelas XII pada tingkat SLTA. Blog Seputar Catatan Unik & Akademik {Bang Nirwana} kali ini tertarik pada topik yang bakal dibahas mengenai motivasi dan tips belajar. Sebelumnya, Saya selaku penulis cukup terharu๐Ÿ˜ขdengan topik demikian. Bagaimana tidak ?. Sebab, hal ini tentunya bakal mengajak Saya secara langsung / flashback pada kenangan di masa lampau. Ya.., masa SMA.




Santai dulu ya Sobat, he.. he.. 
Masa SMA atau sering dijuluki sebagai Masa Putih Abu-Abu merupakan salah satu nuansa yang paling berharga bagi tiap-tiap pelajar di tingkatnya. Tak jarang, banyak sekali tantangan yang telah dilalui bersama di setiap detiknya bareng Sobat-sobat sebaya di dalam kelas. Baik dari pertemuan cinta pertamanya, suka duka dibalik perjuangan atau bahkan hal-hal nyeleneh tak luput pula terjadi di masa yang telah beranjak dewasa tersebut. Maka tak heran bila sudah melalui masa-masa seperti ini, tentunya akan ada rasa tersayat di lubuk hati yang paling dalam. Bukannya sakit karena gak bisa kembali lagi ke masa SMA, ini sih sudah pasti. Namun lebih daripada itu, ukiran berharga berupa kenangan "indah" terlalu banyak terpampang di meja-meja dan bangku SMA. Masa ini adalah masa dimana kali terakhir kamu bakal ngeliat kecerian bahkan kesedihan bareng Sobat-sobatmu di dalam kelas. Mungkin kalian pernah berjuang bersama, makan bersama di kantin, hingga bakal menjadi momen terakhir kali ketemu sama ibu kantin dan ketemu guru-guru di sekolah. Beda kalo sobat sudah kuliah dan indekost, tiap pagi sudah pasti ngeliatin Ibu kost yang sering jemur pakaian. ๐Ÿ˜‚ He.. he.. 

Jadi ingat sama nuansa perpisahan SMA ya. Eh.., ini bukan yang kita bahas pada topik kali ini ya Sobat. Tajuk kita yang sebenarnya ialah TIPS-TIPS PENTING YANG PERLU KAMU PERSIAPKAN SEBELUM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) TINGKAT SMA. Topik ini sengaja dipilih untuk memberi sedikit motivasi dan pencerahan bagi para Siswa / Siswi yang masih aktif dan duduk di bangku SMA. 

Nah, sudah cukup ngebahas seputar masa lalu di bangku SMA ?. Pada kesempatan kali ini, mari kita kembali fokus mengenai judul yang telah ditentukan. Akhir-akhir ini bagi tiap pelajar, khususnya para pelajar SMA tentunya sudah pasti akan "dihantui" oleh jelang perjuangan menghadapi Ujian Nasional terutama Ujian Nasional Berbasis Komputer atau disingkat UNBK. 

Bagi sebagian Sobat, ya.. mungkin sudah pernah melewati masa-masa akhir di bangku SMA. Suasana hati akan berbeda, terutama kalo sudah lulus dari Sekolah selama 12 tahun dan terakhir kali di bangku SMA. Berbeda kalo masih berada di bangku kelas XII, keceriaan serta keseruan bisa saja melenyap seketika jikalau kuping baru saja mendengar info dari pihak Kepsek bahwa Sebentar lagi para pelajar SMA bakal menghadapi Ujian Nasional atau Ujian Akhir Sekolah di waktu yang telah ditentukan. Sehingga, tuntutan dalam belajar akan terus digiatkan serta diseriuskan kembali daripada sebelumnya karena hasil akhir dari nilai UN bukan hanya menjadi penentu bagi Anda yang bakal lulus atau tidaknya di bangku SMA. Melainkan, juga diperhatikan bagi Anda sekalian yang ingin melanjutkan dikemudian hari. Baik hasil yang diperoleh akan menjadi pertimbangan dalam memasuki dunia kerja maupun untuk melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi. Menghadapi UN merupakan sesuatu yang cukup mencekam bagi sebagian orang.

Oleh karena itu, Saya bakal berbagi sedikit tips atau persiapan primer yang mungkin saja bisa membantu Anda untuk bekal persiapan menghadapi Ujian Nasional nantinya. Khususnya, bagi para pelajar kelas XII SMA. Apa saja tips-tips penting yang dimaksud tersebut?, berikut Seputarannya.




1. Niat yang tulus


Sumber : pixabay.com

Mutlak !,  tak perlu ditanyakan lagi.
Hal pertama kali yang perlu diperhatikan sebelum menghadapi Ujian Nasional, tentunya dengan menanamkan niat yang benar-benar tulus didalam hati. Segala sesuatu akan berjalan dengan lurus dan lancar jika dibarengi dengan niat yang penuh akan ketulusan. Tanamkan niat yang tulus didalam batin, "bahwa Saya akan menghadapi Ujian Nasional yang akan menjadi penentu kelulusan bagi Saya. Saya akan terus berjuang dan selalu berusaha agar bisa menghadapi tantangan yang ada termasuk dapat menjawab segala Soal hingga dengan perolehan nilai yang terbaik". Niat menjadi pemicu seseorang agar bisa melakukan segala sesuatu karena niat merupakan salah satu bentuk harapan berupa keinginan yang selalu mendorong seseorang agar bisa mencapai atau melakukan sesuatu sebelum tindakan tersebut dilakukan. Pastikan Anda punya niat yang jelas dalam menghadapi Ujian Nasional mendatang, bukan dengan niat yang kosong serta pasrah dengan keadaan sebelum berperang.




2. Persiapan fisik dan mental


Sumber : pixabay.com


Sudah tentu, siapa sih yang ingin menghadapi Ujian Nasional dalam keadaan sakit-sakitan dan stress mencapai tingkat dewa ?. Fisik dan mental menjadi dua bagian yang tidak bisa saling dipisahkan serta Saling berkaitan satu sama lain. Sebab, melalui fisik yang baik akan berpengaruh pada mental yang baik. sebaliknya, fisik yang lemah akan berpengaruh pada mental yang lemah/buruk pula.  Oleh karena itu, jagalah fisik kita agar bisa menjaga kondisi mental kita. Jangan sampai keduanya terganggu baik dari kondisi kesehatan fisik ataupun kondisi mental sebelum menghadapi UN. Kalau perlu minum vitamin untuk menjaga kondisi tubuh dikemudian hari. Kesehatan fisik dan mental menjadi hal utama dalam segala pertimbangan menjalankan sesuatu tak terkecuali dalam menghadapi UN.




3. Bikin Rencana dan Target yang Jelas


Sumber : pixabay.com


Dalam memanage sebuah kegiatan, maka tak luput dari sebuah perencanaan serta tujuan yang akan dicapai. Bagi Anda yang akan menghadapi Ujian Nasional, diupayakan agar bisa membuat rencana yang terarah serta target yang telah jelas sebelumnya. Buat rencana kegiatan yang akan saudara laksanakan sebelum menghadapi UN. Rencana tersebut bisa berupa persiapan mengatur waktu dalam belajar rutin, mencari referensi Soal-soal UN, rencana akan membahas Soal bersama teman-teman sekelas atau kepo seputar cara menghadapi UNBK yang akan dilaksanakan dengan banyak bertanya pada kakak-kakak tingkat yang telah lulus sebelumnya. Dengan sebuah rencana, tentu akan mengarah pada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan Anda telah jelas ingin lulus serta mendapatkan hasil yang terbaik selama menghadapi UN, Namun setidaknya Anda juga harus mempunyai target khusus dalam menghadapi UN tersebut. target ini bisa menjadi pemicu agar kita bisa terus berusaha dan belajar dalam menghadapi UN nantinya. Target itu misalnya, Anda ingin mendapatkan nilai Matematika yang tertinggi kalo perlu diatas 70. hal ini sebagai pemancing agar kita tidak mau ketinggalan dalam belajar. Disaat teman-teman Anda masih sibuk dengan gadgetnya masing-masing di rumah tanpa persiapan belajar menghadapi UN, Anda sudah fokus dengan rencana dan target tertentu yang telah disiapkan selama 2 atau 3 bulan sebelum hari "H" pelaksanaan UN.




4. Persiapan bahan belajar dengan banyak referensi


Sumber : pixabay.com


Bekal sebelum berperang !. Ya.., Anda tidak hanya berperang dalam menghadapi Soal-soal UN yang ada pada tampilan komputer / laptop saja selama menjalani UNBK. Tetapi, juga dituntut untuk harus selalu berjuang dalam mengatur strategi agar bisa menjawab semua soal yang ada pada Mata Ujian dalam durasi 2 jam dan terbilang masih kurang cukup untuk bisa menjawab semua soal yang ada. Nah, disinilah tahap yang paling penting. Jika sebelumnya Anda sudah punya rencana serta target yang jelas, kini sudah saatnya bagi Anda untuk mendukung segala tindakan dalam proses belajar yang serius. Persiapan bahan belajar UN tidak hanya 1 atau 2 referensi saja, banyak sekali model soal yang akan dihadapi oleh Peserta Ujian. Belum lagi bagi Anda untuk dituntut menguasai bidang-bidang materi yang ada pada mata pelajaran di kelas X hingga ke kelas XII. bayangkan saja, betapa banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk menguasai materi-materi tersebut. Anda yang membayangkan betapa banyaknya materi serta sulitnya soal-soal UN, tentu secara mental sudah bersedia mencari topik-topik soal dan bahan belajar yang akan dibahas untuk keperluan UN nantinya. referensi tersebut beragam, Anda bisa mencari referensi dari berbagai media bahkan tempat khusus di sekitar Anda untuk mempersiapkan bahan belajar yang diantaranya.

  • Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan merupakan pusat dari berbagai macam buku yang ada baik dari buku ilmiah, majalah, buku pelajaran, komik dan sebagainya. Maka tak heran, perpustakaan bisa menjadi incaran utama bagi para pelajar yang akan menghadapi Ujian Nasional. Perpustakaan ada yang berbentuk umum atau publik bagi tiap masyarakat dan adapula yang hanya dikhususkan untuk para pelajar sekolah yang disebut sebagai "Perpustakaan Sekolah". Nah, salah satu media yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk mencari referensi bahan belajar bagi Siswa/Siswi kelas XII SMA adalah Perpustakaan Sekolah yang ada di lingkungan sekolah bersangkutan. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab di perpustakaan Sekolah banyak sekali menyimpan berbagai gambaran soal-soal UN terdahulu dari kakak-kakak tingkat yang telah lulus sebelumnya. Walaupun berbasis kertas, namun sedikit banyak bisa menjadi gambaran dalam menghadapi Ujian Nasional yang sudah di depan mata. Disamping pula nantinya akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Inisiatiflah untuk pergi ke perpustakaan, langkahkan kaki Anda dengan mengajak teman-teman sekelas agar bisa fokus dalam belajar dengan meminjam Soal-soal UN terdahulu di perpustakaan. Carilah soal-soal UN terdahulu di tahun yang tidak jauh dengan selisih tahun menghadapi UN saat ini. Misalnya Anda akan menghadapi UN di tahun 2018, upayakan untuk mencari Soal UN ditahun angkatan 2016 / 2017. Paket soal juga beragam dari paket A, B dan seterusnya. Carilah soal-soal tersebut melalui bertanya pada petugas perpustakaan Sekolah. Petugas perpustakaan bisa membantu Anda untuk mencari soal-soal yang ada dan Anda bisa memilih tipe Soal dari berbagai paket.


  • Toko Buku          
Memang perlu modal untuk Sekolah. Terutama, bagi Anda yang akan menghadapi Ujian Nasional kedepannya. Selain meminjam soal-soal yang ada dari Perpustakaan Sekolah, Anda juga perlu bimbingan dalam menyelesaikan Soal - soal tersebut berupa pembahasan soal dan cara menyelesaikan jawaban yang ada. Kisi - Kisi Ujian Nasional amat diperlukan dalam mempersiapkan bahan belajar. Tentu, Anda pasti dituntut untuk selalu mempunyai buku khusus tersebut. Toko buku bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mempunyai bahan belajar tersebut. Ada banyak sekali jenis buku yang mendalami beberapa materi berupa kisi-kisi UN lengkap dari berbagai mata Ujian. Tetapi, toko buku bisa menjadi pilihan kedua jika Anda tidak menemukan buku Kisi-kisi UN tersebut di Perpustakaan Sekolah. Jika Anda menemukan buku khusus tersebut di Perpustakaan Sekolah, maka tak perlu repot-repot untuk harus keluar modal dalam membeli buku tersebut di toko buku. hanya saja, kekurangan dari Perpustakaan Sekolah diantaranya stok buku yang dimaksud bisa terbatas dikarenakan telah dipinjam oleh Siswa lain ataupun memang sudah sulit untuk menemukannya.


  • Meminjam buku pada Kakak-kakak tingkat yang telah lulus sebelumnya.
Jangan gengsi untuk saling kontak pada kakak tingkat yang telah lulus terlebih dahulu dari Anda. Mereka bisa menjadi tempat atau akses bertanya bagi Anda yang selaku Adek kelas. Sebab, mereka lebih dahulu berpengalaman dan anggap saja sebagai senior yang sudah familiar dalam menghadapi permasalahan UN. Selain meminjam bahan ajar UN berupa kisi-kisi pada kakak tingkat yang jika memiliki buku tersebut, Anda juga bisa berdiskusi membahas penyelesaian soal yang Anda dapat dari Perpustakaan atau berbagai Sumber sebelumnya. Ingat, hanya sebatas Kakak dan adek kelas dalam belajar jangan sampai terjadi cinta lokasi diantara keduanya ๐Ÿ˜˜ ha.. ha..


  • Sumber Internet beserta Latihan Soal UNBK 
Akses sekarang ini sudah lebih mudah atau bahkan lebih maju daripada terdahulu. Teknologi masa kini sudah mampu menjangkau berbagai kebutuhan penduduk disegala penjuru dunia. Internet merupakan akses terbanyak yang digunakan oleh beberapa pelajar di era milenial seperti sekarang ini. Manfaatkan gadget atau smartphone Anda untuk mengakses Internet dan mencari sumber-sumber belajar yang ada. Program pemerintah yang telah menetapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) saat ini telah menuntut Anda untuk siap berlatih menjawab soal-soal UN pada latihan simulasi UNBK secara Online di setiap sumber Internet. Anda bisa berlatih menjawab soal-soal latihan UNBK tersebut melalui aplikasi yang sudah ter-download ataupun sumber lainnya di Internet. Untuk hasil score, Anda bisa melihat sendiri hasil benar/salah dari segala soal yang sudah Anda jawab. Nah, berikut tutorial cara mudah mengerjakan Soal UNBK yang dapat membimbing Anda melalui Youtube.


                               




5. Belajar rutin di rumah



Sumber : pixabay.com


Rumah adalah segalanya. Kegiatan positif apapun dapat kita lakukan secara baik dan nyaman selama berada di rumah. Manfaatkan waktu Anda dengan segala persiapan menghadapi UN untuk keperluan kedepannya. Anda sudah dituntut untuk selalu rutin belajar, terutama dalam menghadapi Ujian Nasional yang akan dilaksanakan. Tiada kesempatan bagi Anda sebagai Siswa semester akhir untuk selalu berhura-hura dan berleha-leha di waktu yang telah mencekam tersebut. Sudah saatnya bagi Anda untuk lebih bijak dan dewasa diri dalam menghadapi segala persoalan yang ada termasuk menghadapi UN yang pasti akan dilewati. Manajemenlah waktu yang Anda miliki selama berada di rumah. Pergunakan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya untuk selalu belajar dan terus belajar, latihan pula dalam menjawab soal dengan mencari berbagai sumber ataupun referensi. Jauhkan segala godaan yang dapat mempersulit kesibukan Anda seperti meminimalisir bermain Sosmed beserta segala hiburan yang ada. Habiskan waktu Anda dengan buku, UN hanya ditempuh sekali dalam seumur hidup selama berada di SMA.




6. Bikin kelompok belajar Anda sendiri bareng teman-teman sekelas



Sumber : pixabay.com

"Dua kepala lebih baik daripada satu kepala". Yap.. betul, belajar tidak harus selalu mengisolasi diri di dalam kamar. Anda punya orang-orang yang sama dengan perasaan dan suasana hati saat akan menghadapi Ujian Nasional. Bukan hanya teman Anda di kelas, bahkan ribuan pelajar di berbagai sekolah juga merasakan hal yang sama. Sudah sepatutnya bagi Anda untuk bisa menjalin kerjasama bersama teman-teman sekelas dalam menghadapi perjuangan Ujian Nasional. Saat-saat inilah yang akan menjadi momentum terakhir bagi Anda dan teman sekelas agar bisa berkumpul dalam merasakan ketegangan bersama. Selepas itu perpisahan dan Anda tidak akan pernah melihat wajah maupun raut muka teman Anda usai perpisahan sekolah, karena semuanya akan sibuk dengan urusannya masing-masing. Manfaatkan kebersamaan tersebut dengan membentuk semacam komunitas belajar. ada yang sebagai mentor dan membentuk pula sebuah Anggota, serta ada basecamp buat berkumpul belajar hingga seterusnya. Bahas dan rombak untuk pemecahan soal yang dianggap sulit bagi Anda selesaikan secara sendiri di rumah. Bertanyalah pada teman Anda yang bisa, tiada namanya gengsi lagi disini. Sebab, ini adalah kali terakhir kalian untuk bisa belajar secara berkelompok dengan harapan yang sama "harus lulus secara bersamaan dengan nilai yang amat memuaskan". Untuk masalah manajemen waktu, Anda dan teman kelompok bisa berkomitmen dengan baik. Bisa dengan cara membagi waktu belajar di kelas ataupun di basecamp kalian. Jika masih ada waktu seusai pulang sekolah, kalian bisa memanfaatkan waktu tersebut kembali untuk berkumpul dalam belajar.




7. Aktif dalam mengikuti bimbel di kelas maupun di lingkungan sekitar rumah Anda



Sumber : pixabay.com


Disamping membentuk sebuah kelompok belajar, hal kedua yang perlu diperhatikan bagi Anda selaku Calon Peserta UN SMA yaitu dengan aktif kembali mengikuti Les atau Bimbingan belajar. Les / Bimbel merupakan salah satu kegiatan belajar-mengajar tambahan atau Pendidikan secara nonformal yang mampu mendukung kemampuan atau basic bagi para pelajar secara umum. Bimbel maupun les biasanya diterapkan di sekolah pada saat mendekati pelaksanaan UN. Aktifkan diri Anda agar bisa selalu fokus pada materi yang telah diajarkan oleh guru maupun para pengajar Anda bersama teman-teman sekelas. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti bimbel kembali di lingkungan sekitar rumah Anda jika ingin mendapatkan bimbingan lebih.




8. Aktif bertanya pada guru atau teman sekelas yang dianggap pandai



Sumber : pixabay.com



Jangan sungkan untuk bertanya. "malu bertanya sesat di jalan" atau "malu bertanya sesat di ilmu". Anda punya hak untuk bertanya maupun mengetahui segala sesuatu mengenai Ujian Nasional. Bertanyalah jika kurang paham mengenai bentuk atau pembahasan soal UN terutama pada guru-guru di sekolah Anda. Anda mungkin tak hanya terlihat aktif di mata guru, tetapi juga nampak rajin dalam menghadapi persiapan UN yang ada. Tapi ingat ya Sobat, maksud bertanya disini bukan saat sedang melaksanakan UN ya ๐Ÿ˜‚ he.. he..

Selain kepada guru di Sekolah, Anda juga bisa bertanya kepada teman-teman sekelas yang dianggap cukup pandai dalam penyelesaian Soal UN. Terutama, Soal-Soal yang terlalu sulit untuk dikerjakan secara sendiri di rumah oleh Anda. Anda masih punya banyak waktu untuk mendiskusikan hal tersebut selama mampu menyelesaikan persoalan UN secara bersamaan sebelum menghadapi UN yang sesungguhnya.




9. Menetapkan / memilih Mata Ujian Pilihan yang tepat



Sumber : pixabay.com


Ujian Nasional saat ini sudah pasti telah memperhatikan kemampuan di bidang-bidang tertentu bagi para Siswa / Siswi kelas XII di bangku SMA. Program UN telah di kembangkan dengan diberikannya peluang bagi para pelajar SMA untuk memilih Mata Ujian Pilihan. Disamping pula harus mengikuti Mata Ujian wajib bagi para Siswa / Siswi kelas XII. Peserta UN juga harus mengikuti Mata Ujian dengan memilih salah satu mata pelajaran yang pernah dipelajari oleh peserta bersangkutan berdasarkan Jurusan. Misalnya, pada Jurusan IPS diketahui terdapat 3 mata pelajaran yang akan dipilih salah satunya untuk mengikuti Mata Ujian Pilihan diantaranya :
Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi.
Begitupula dengan Jurusan IPA, harus memilih salah satu mata pelajaran yang akan diujikan nantinya pada Mata Ujian Pilihan diantaranya :
Fisika, Kimia, dan Biologi.
Nah, bagi Anda yang akan memilih salah satu mata pelajaran yang akan diujikan nantinya pada Mata Ujian Pilihan. Ingat !, upayakan untuk memilih mata pelajaran yang tepat bagi Anda. Pilihlah berdasarkan kemampuan Akademis yang telah Anda kuasai selama ini di bangku SMA. Termasuk, jangan asal ngikut pilihan dari teman. Anda yang tau lebih pada kemampuan Anda di bidang tertentu. Hasil akhir dari nilai Mata Ujian Pilihan yang Anda tempuh, tentu menjadi gambaran terhadap kemampuan Anda pada penguasaan materi mata pelajaran tersebut selama di SMA. Percayalah pada pilihan pribadi Anda, mata pelajaran yang Anda pilih akan menjadi tanggung jawab serta kelulusan yang diharapkan oleh Anda.




10. Ikut aktif pada kegiatan simulasi UNBK di Sekolah Anda



Sumber : pixabay.com


Tiap-tiap SMA sekarang ini telah melaksanakan program latihan untuk para calon peserta ujian kelas XII SMA. Program tersebut sengaja dibentuk untuk mendukung kemampuan para peserta didik yang akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau secara sistem Online. Program ini berupa simulasi UNBK atau latihan sementara bagi para Calon peserta ujian SMA sebelum melaksanakan UNBK yang sesungguhnya secara serentak. Nah, disinilah peluang Anda untuk melatih kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal yang disediakan oleh simulasi UNBK di sekolah Anda. Dari Simulasi tersebut, Anda akan melihat gambaran serta bentuk-bentuk soal yang akan diujikan nantinya pada pelaksanaan UNBK sesungguhnya di waktu yang telah ditentukan.




11. Istirahat yang cukup



Sumber : pixabay.com


Tubuh manusia juga punya hak untuk beristirahat, Organ kita tak dibentuk layaknya komponen-komponen mesin yang selalu aktif pada tiap kegiatannya. "Sebut saja semacam robot". Rutin dalam belajar boleh saja Anda lakukan. Namun, juga perlu jeda sementara demi mengoptimalkan segala fisik dan energi yang telah terkuras. Anda bisa sesekali bersantai sembari ditemani "Secangkir Coklat hangat ataupun menyantap Kue Kukis untuk mengurangi rasa penat selama proses belajar". Hiburan sedikit boleh saja Anda terapkan, tetapi tidak lupa kembali pada prioritas dan tujuan utama Anda terhadap persiapan menghadapi UN.




12. Pemantapan kemampuan



Sumber : pixabay.com


Pada tahap berikutnya, Anda dituntut kembali dalam menguji berbagai kemampuan melalui menjawab soal-soal Ujian Nasional yang telah Anda pelajari secara serius sebelumnya. Sudah saatnya bagi Anda untuk mengoreksi kembali kelebihan atau kekurangan Anda dalam belajar. Pemantapan kemampuan perlu dilakukan dengan memperbanyak latihan menjawab soal-soal Ujian Nasional tanpa melihat kembali pembahasan atau kisi-kisi UN. Posisikan diri Anda seakan-akan menghadapi UN yang sesungguhnya. Perbanyak latihan dalam menjawab soal-soal UN berbasis kertas maupun berbasis Komputer dengan durasi yang sama seperti menghadapi UN selama 120 menit. Carilah tempat relax yang nyaman serta jauh dari kebisingan sekitar. Koreksi hasil yang telah terjawab, jika soal tersebut memiliki kunci jawaban atau pembahasan soal. Renungkan hasil yang telah Anda dapatkan sebagai pertimbangan apakah Anda sudah belajar secara maksimal atau malah sebaliknya selama ini ?.



13. Perbanyak Ibadah dan Berdoa kepada Tuhan



Sumber : pixabay.com


Tiada cara yang paling ampuh selain meminta kepada Sang Pencipta Alam. UN merupakan perjuangan menghadapi hasil akhir dalam belajar selama 12 tahun di Sekolah. Kita akan melihat hasil akhir dari belajar tersebut melalui lulus atau tidaknya di Sekolah Menengah Atas (SMA) / Sederajat. Tentunya, dengan melihat kualitas nilai yang akan didapatkan. Tugas kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan terus berusaha, punya rencana tapi tak mampu menentukan segala. Kita memerlukan kebutuhan spiritual dari keyakinan yang kita miliki. Sudah banyak usaha yang kita lakukan, sudah saatnya pula kita serahkan hasil tersebut kepada yang Maha Menentukan. Ibadah merupakan cara manusia untuk berinteraksi kepada Tuhan-Nya. Perbanyak Ibadah kita disela-sela kesibukan dalam belajar menghadapi UN. Minta kemudahan serta kelancaran dalam menghadapinya. Bagi pelajar muslim terutama yang akan menghadapi UN, perbanyaklah istighfar dengan merenungkan segala kesalahan yang ada selama ini bahkan mohon ampunan kepada-Nya. Sucikan niat untuk menghadapi masa Ujian yang akan datang, Sholat malam seperti sholat tahajud dan benar-benar merendah serta meminta kepada-Nya. Jika kita telah berusaha secara maksimal sejauh ini, tidak ada cara lain lagi yang bisa dilakukan kecuali memohon kemudahan dan kelancaran kepada Tuhan.




14. Meminta maaf serta memohon dukungan dari Orangtua



Sumber : pixabay.com


Ridho Tuhan berada pada ridho kedua Orangtua. Anak sedari dini sudah diajarkan untuk harus berbakti kepada kedua Orangtuanya. Namun tak jarang, baik secara sadar ataupun tidak sadar setelah beranjak dewasa kita pernah menyakiti hati kedua Orangtua yang sudah susah payah melahirkan serta menafkahi kita. Anak butuh penopang kuat dalam hidup ini, membutuhkan dukungan atau support dari orang-orang terdekat. Orangtua menjadi satu-satunya yang paling dekat baik secara lahir maupun batin bagi sang Anak. Minta maaflah kepada mereka atas segala kesalahan kita selama ini, ridho mereka sangat berharga bagi apa yang akan kita jalani di dunia. Hendaknya, mintalah doa dari mereka agar kita bisa lulus dan lancar menghadapi UN yang akan ditempuh. Terutama sebelum kita berangkat ke sekolah maupun sebelum melaksanakan UN.

Itulah beberapa tips penting yang perlu dipersiapkan sebelum menghadapi Ujian Nasional bagi Siswa / Siswi tingkat SMA, ya Sobat. Tentunya, perlu proses dan usaha yang maksimal agar bisa mencapai hasil yang terbaik dari Ujian Nasional. Cintai prosesnya dan nikmati hasilnya, jangan pernah berputus asa dalam belajar menghadapi UN. Melalui persiapan yang matang , niscaya segala sesuatu akan selalu dimudahkan. Kita tak perlu lagi menggunakan sistem SKS, alias Sistem Kebut Semalam dalam belajar menghadapi UN. Semoga kalian diberikan kelancaran dalam menghadapi UNBK yang akan datang beserta lulus dengan nilai yang amat memuaskan. 


" Proses Tak akan pernah mengkhianati hasil... ๐Ÿ’ช"



Sumber : www.gambaranimasi.org


Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..


* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r



  • Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} ๐Ÿ‘‡ : Atau juga :

2 comments:

  1. numpang share ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. Detail saya
    Nama: Hariyanti Malta
    Email: hariyantimalta@gmail.com






    Keluarga saya dan saya akan selalu berterima kasih kepada Credit Financial Group yang telah meminjamkan kami untuk memulai bisnis kami sendiri dan melunasi hutang keluarga kami, Keluarga saya telah menderita hutang jangka panjang selama bertahun-tahun yang kami cari yang akan membantu kami dengan pinjaman untuk melunasi hutang dan memulai bisnis tetapi tidak dapat menemukan apa-apa sebagai gantinya kami menderita lebih banyak kerugian dari beberapa pemberi pinjaman uang palsu, sebelumnya saya menemukan Credit Financial Group dan hari-hari saya dari kekhawatiran dan hutang berakhir, saya meminta pinjaman untuk 600 juta kemudian saya diminta untuk mengisi dalam beberapa dokumen dan pinjaman saya disetujui, dan dalam dua hari saya menerima berita dari bank bahwa saya telah menerima kredit sebesar 600 juta. keluarga saya dan saya telah hidup dalam kebebasan finansial sejak itu, semua berkat Credit Financial Group atas ketulusan dan kesetiaan mereka untuk membantu mereka dengan masalah keuangan di seluruh dunia. Semoga Tuhan terus menguatkan Anda. jika Anda menghadapi masalah keuangan atau Anda memiliki banyak hutang untuk dibayar, saya meminta Anda untuk menghubungi Credit Financial Group secara terperinci di bawah ini dan Anda akan sangat bahagia.

    Perusahaan: CREDIT FINANCIAL GROUP
    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    BBM INVITES: {DDA46523}

    ReplyDelete

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. ๐Ÿค—

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer