Friday, March 15, 2019

CARA MENGUBAH TAMPILAN " PENELUSURAN GOOGLE " MELALUI GADGET MENJADI TAMPILAN DESKTOP

Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung

Cara mengubah tampilan "penelusuran Google" melalui Gadget menjadi tampilan Desktop

Oleh Nirwan


Oke, Alhamdulillah ...
Sengaja Saya Vacum dari kegiatan tulis-menulis (Online) beberapa pekan atau beberapa bulan yang lalu melalui blog atau sebut saja kegiatan "Ngeblog". Terutama, berkaitan pula dengan menulis kebanyakan Artikel seperti yang biasa Saya tulis. Ya.., bukannya Saya males untuk menulis secara rutin. Memang dikarenakan masih banyak Aktivitas lain yang harus Saya kerjakan selaku sebagai Mahasiswa. fokusnya Saya akan terpecah menjadi dua jika harus dituntut untuk mengerjakan keduanya secara bersamaan. Bagaimanapun juga, Saya harus pandai-pandai dalam membagi waktu serta bisa serius dengan aktivitas kampus atau mungkin hanya selalu aktif di dunia blog . Tentunya , Saya juga dituntut untuk mampu mengondisikan atau memprioritaskan diri pada salah satu tujuan utama yang menjadi pertimbangan bagi masa depan hidup. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit mengenai perkara yang Saya alami. Jika kalian pernah mengunjungi Artikel Saya yang dibuat pada bulan Februari kemarin dan berjudul "Buah Unik dan Musiman Khas Kalimantan (Palasit) ..", Anda bisa melihat Topik tersebut di blog ini melalui Label Seputar Unik dan Pengetahuan Umum. Nah, disitu kan Saya pernah menyebutkan bahwa pada tulisan pembuka atau pengantar jikalau Saya sedang nengalami perkara Amsyong mengenai ter-delete nya seluruh isi topik yang baru saja Saya tulis, yakni topik mengenai Seputar Islami. kemarin tepatnya pada tanggal 14 Maret 2019 hal tersebut terulang kembali. Saya mencoba mengunjungi beberapa artikel salah satunya topik buah Palasit pada malam hari, sebab rasa penasaran dan sesekali buat hiburan. Namun, feeling Saya juga merasa tak baik kala itu. Benar saja, sesaat setelah saya mengunjungi link tersebut yang dikunjungi bukannya topik asli mengenai buah palasit melainkan isinya berubah secara total menjadi topik dari buah lipu di hutan khas Kalimantan (Topik ini juga pernah saya buat beberapa jam usai topik buah Palasit selesai). Adapun judul yang Saya lihat tadi, ya.. nyatanya menggambarkan tentang buah palasit khas Kalimantan tetapi dengan isinya yang sudah bercerita mengenai deskripsi buah lipu yang amat gatal, kan lucu ..


Ibarat kasus , semacam kita membeli sebuah Komik di suatu tempat dengan Cover yang menggambarkan Komik bergenre horror. pas dibuka segelnya, ternyata isinya berbeda dan bahkan bercerita mengenai Romansa Percintaan, Romantis, Feminim dan lain sebagainya sampai ke akar - akarnya. Tentunya keliru, bukan ??.

Kembali lagi pada perkara yang Saya alami tadi malam "Sorry ya guys, jika terlalu lama bercerita : ) " . Nah, Saya tentunya tak mau tinggal diam, jika ada sebuah Complication pasti masih ada Resolution. Hari ini Saya berupaya dan mencoba untuk mencari cara agar bisa mengembalikan artikel yang telah lenyap tersebut melalui berbagai media bahkan sampai minta bantuan kepada mbah Google. Sebut saja artikel yang menghilang tersebut merupakan satu-satunya topik yang pernah Saya tulis dan menceritakan sebuah pengalaman pertama kali mengenai Artikel lain yang pernah Saya buat juga menghilang. Sialnya, Artikel yang pernah mengangkat kasus menghilangnya postingan lain tersebut malah ia kembali yang menghilang. Kemanakah rimbanya ??. Hutan belantara kah , Entahlah ..

Saya ingin menambahkan pula bahwa topik mengenai buah Palasit yang lenyap tersebut merupakan Artikel pertama kali yang pernah Saya tulis dalam Seputar Unik dan Pengetahuan Umum dan mengangkat tema seputar ciri khas Kalimantan serta menjadi Cikal-bakal / gagasan inti berdirinya topik - topik lain yang juga berlabel Seputar Unik dan Pengetahuan Umum hingga berterusan.

Syukurlah, pada tanggal 15 Maret 2019 (sekarang) dengan melalui segala upaya yang cukup maksimal. Saya pun mampu mengembalikan topik yang melenyap tersebut seperti sediakala. Bukan dengan cara trik ataupun sulap simsalabim yang sekejap !.
Tidak sedikit pula proses waktu yang Saya habiskan untuk mencari solusi tersebut. Halaman artikel yang tadinya hanya bertuliskan "There's nothing here !" bila dikunjungi atau berubah menjadi isi artikel lain tanpa disadari, pada akhirnya dapat di selesaikan juga secara sempurna melalui Web Cache Google.

Melalui bantuan dari Web Cache Google, maka Segala Artikel yang pernah hilang tersebut dapat diterbitkan kembali dan ternyata masih bisa dicadangkan di dalam web tersebut. Kita hanya perlu memasukan URL dari web atau halaman blog yang ingin dituju untuk menemukan postingan yang hilang atau terhapus secara tak sengaja. Sayangnya, Artikel lain yang pernah Saya buat sebelumnya sudah tak dapat ditemukan kembali, maksudnya disini ialah Artikel mengenai topik Seputar Islami yang juga hilang sebelumnya. Hipotesis Saya pun banyak bermunculan mengingat bahwa Artikel (Seputar Islami) tersebut belum sempat di Publikasikan pada blog/website yang saya miliki (Alasannya belum selesai nulis) dan kemungkinan Artikel tersebut juga tak sempat terdeteksi oleh Google pada saat kondisi malang tersebut.

Untuk mencari definisi mengenai Web Cache Google, Anda bisa mengunjungi beberapa media ataupun sumber blog lain yang membahasnya. Karena kita Sekarang ini sedang fokus untuk membahas mengenai Cara mengubah tampilan "Penelusuran Google" melalui media gadget/seluler menjadi tampilan sebuah desktop/Komputer. Saya ingatkan kembali, kita juga berusaha untuk membongkar sedikit rahasia bagaimanakah caranya agar bisa mengembalikan postingan / artikel yang pernah hilang dan terhapus sebagaimana perkara yang Saya alami sebelumnya. Langsung Saja perhatikan Artikel ini hingga selesai.

Gadget ataupun Smartphone yang berbasis Android (Online) sudah dianggap sebagai kebutuhan Primer oleh sebagian pihak. Bagaimana tidak, kegunaannya yang amat meluas serta sudah mengglobal di seluruh "penjuru" dunia telah mampu memenuhi segala kebutuhan orang-orang dalam segala segi aspek Usia, bidang tertentu, Profesi, pendidikan bahkan pada kebutuhan Ekonomi maupun Politik. Bisa dibilang pula bahwa gadget lebih banyak digunakan daripada desktop sendiri, selain ukurannya yang lebih praktis serta mudah dibawa/digunakan dalam kondisi apapun. Melainkan juga didukung oleh berbagai tatanan atau pelayanan yang lebih banyak disediakan disamping pula sebagai alat Komunikasi yang utama.

Nah, bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Komputer/laptop sebagai kebutuhan utama browsing maupun googling dan tertarik pula pada tampilan desktop melalui gadget. sedangkan kondisinya dalam keadaan tidak mendukung ataupun dalam keadan tertentu. Anda tak perlu risau, cobalah untuk menggunakan Smartphone atau gadget kesayangan Anda sebagai media browsing untuk diubah kembali menjadi tampilan desktop. Terus, bagaimana sih tutorialnya ?. Perhatikan saja langkah-langkah berikut.


  • Langkah Pertama, bukalah Aplikasi "Google Chrome" yang Anda miliki pada layar utama Smartphone Anda. Perhatikan contoh gambar dibawah ini.



  • Langkah Kedua, Setelah Anda masuk melalui langkah pertama dan telah masuk pula ke dalam Aplikasi Google Chrome. maka, Anda akan dihadapkan pada tampilan sebagaimana Contoh dibawah ini (Dengan Catatan: contoh gambar dibawah ini telah menunjukkan bahwa Anda pernah menelusuri sebuah situs atau web pada mesin browser sebelumnya. Hal ini tentunya tidak meninggalkan jejak maupun hasil web tertentu yang pernah Anda telusuri pada saat Chrome baru saja di klik). Gambar dibawah ini juga menunjukkan bahwa tampilan Browsing pada Smartphone Anda masih belum menampilkan tema desktop. Selanjutnya, Anda ganti URL/Link yang menampilkan web sebelumnya dengan URL baru yang ingin dituju (dibutuhkan) , Ketikkan "Site : URL / LINK yang Anda butuhkan". Setelah menampilkan hasil telusuran yang baru saja dituju, Kemudian klik kembali atau sentuh tanda "titik tiga" di bagian pojok kanan atas seperti gambar berikut.




  • Langkah Ketiga, Setelah mengklik tanda titik tiga pada pojok kanan atas tersebut, akan muncul tampilan opsi seperti gambar dibawah ini. Klik dan Sentuh saja bentuk kotak kecil pada samping tulisan "Minta situs desktop" (biasanya Opsi tersebut juga menampilkan dalam bentuk berbahasa inggris).





Selamat !, tampilan Browsing Anda telah berbentuk seperti desktop. Sederhana, bukan ?.





Nah, Seperti yang Saya janjikan sebelumnya jika kita ingin menemukan dan mengembalikan Artikel / Postingan blog yang pernah hilang maupun terhapus secara tidak sengaja, maka ketik saja URL/alamat link pada bar browser Aplikasi "Google Chrome" bagian paling atas. Silahkan Ketik dengan Contoh tulisan berikut.

Site :  Ketikkan URL atau LINK yang ingin ditelusuri ???

Jika URL seperti instruksi diatas telah diketik serta ditelusuri, tentunya tampilan browser masih berbentuk seperti desktop berikut. Langsung saja Anda cari halaman artikel yang pernah hilang pada urutan yang disediakan dengan mengklik tanda segitiga kecil pada bagian kanan / akhir URL halaman tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini.




Akan muncul tulisan "Cache" sebagai berikut.




klik kembali tulisan "Cache" tersebut dan setelahnya Anda akan diarahkan pada konten ataupun isi artikel yang hilang sebelumnya. Silahkan Copy semua isi artikel yang telah ditemukan tersebut dan jangan lupa untuk mem-paste nya kembali pada halaman baru atau entri baru dalam blog Anda, beri judul, Publikasikan ulang !. Selesai .

Sekian yang bisa Saya sampaikan, selamat mencoba dan semoga berhasil. Jadi, keuntungan luas yang bisa kita dapatkan dari browsing melalui smartphone serta Google Chrome adalah kita bukan hanya mampu mengubah tampilan telusuran menjadi desktop, tetapi juga akan mendapatkan pengalaman lebih berupa bagaimana cara mengembalikan hasil postingan blog yang pernah hilang dan terhapus melalui smartphone (tanpa harus repot - repot menggunakan laptop / komputer). Terima Kasih.

Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r




Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 : Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer