Monday, January 6, 2020

Mengenal Sosok Hercules, Pahlawan Besar dari Mitologi Yunani

🌟Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung🌟


Mengenal Sosok Hercules, Pahlawan Besar dari Mitologi Yunani

Sumber gambar : https://id.wikipedia.org/wiki/Herakles


Hercules (dikenal dalam bahasa Yunani sebagai Heracles atau Herakles) adalah salah satu pahlawan paling terkenal dalam mitologi Yunani dan Romawi. Hidupnya tidak mudah - dia mengalami banyak cobaan dan menyelesaikan banyak tugas yang menakutkan - tetapi hadiah atas penderitaannya adalah janji bahwa dia akan hidup selamanya di antara para dewa di Gunung Olympus.

Baca Juga : Poseidon, Penguasa Lautan Dalam Mitologi Yunani


Masa muda

Sumber gambar :http://picssr.com/photos/magika2000/interesting/page242?nsid=34326717@N03 

Hercules memiliki silsilah keluarga yang rumit. Menurut legenda, ayahnya adalah Zeus, penguasa semua dewa di Gunung Olympus dan semua manusia di bumi, dan ibunya adalah Alcmene, cucu dari pahlawan Perseus. (Perseus, yang juga dikatakan sebagai salah satu putra Zeus, terkenal memenggal Gorgon Medusa yang berambut ular.)




Pembalasan Hera

Sumber gambar : https://www.artisoo.com/id/bayi-hercules-mencekik-ular-dalam-crade-nya-p-40700.html

Hercules memiliki musuh bahkan sebelum dia dilahirkan. Ketika istri Zeus, Hera, mendengar bahwa majikan suaminya hamil, dia menjadi marah. Pertama, dia menggunakan kekuatan gaibnya untuk mencegah bayi Hercules menjadi penguasa Mycenae. (Meskipun Zeus menyatakan bahwa putranya akan mewarisi kerajaan Mycenaean, campur tangan Hera berarti bahwa bayi laki-laki lain, Eurystheus yang lemah, menjadi pemimpinnya sebagai gantinya.) Kemudian, setelah Hercules lahir, Hera mengirim dua ular untuk membunuhnya di boksnya. Bayi Hercules itu luar biasa kuat dan tak kenal takut, dan dia mencekik ular sebelum mereka bisa mencekiknya.

Tapi Hera terus melakukan trik kotornya. Ketika anak tirinya adalah seorang dewasa muda, dia melantunkan mantra padanya yang membuatnya gila sementara dan menyebabkan dia membunuh istri tercinta dan dua anak mereka. Bersalah dan patah hati, Hercules melacak Apollo, dewa kebenaran dan penyembuhan (dan putra-putra Zeus lainnya), dan memohon agar dihukum atas apa yang telah dilakukannya.
12 Tugas Heroik Pahlawan Hercules


Sumber gambar : http://masyastorylife.blogspot.com/2014/06/12-tugas-hercules.html

Apollo mengerti bahwa kejahatan Hercules bukanlah kesalahannya — tindakan pembalasan Hera bukanlah rahasia — tetapi dia tetap bersikeras bahwa pemuda itu menebus kesalahan. Dia memerintahkan Hercules untuk melakukan 12 "pekerjaan heroik" untuk raja Mycenaen Eurystheus. Setelah Hercules menyelesaikan semua pekerjaannya, Apollo menyatakan, dia akan terbebas dari rasa bersalahnya dan mencapai keabadian. Berikut ini merupakan 12 tugas heroik yang harus diselesaikan oleh Herkules.



Singa Nemea


Sumber gambar : https://medium.com/@indrachapa/heracles-a-story-of-bravery-from-the-great-greek-myths-52935732bbcb

Pertama, Apollo mengirim Hercules ke bukit-bukit Nemea untuk membunuh singa yang meneror orang-orang di wilayah itu. (Beberapa pendongeng mengatakan bahwa Zeus telah menjadi ayah binatang ajaib ini juga.) Hercules menjebak singa di guanya dan mencekiknya. Selama sisa hidupnya, ia mengenakan kulit binatang itu sebagai jubah.



Lernaean Hydra


Sumber gambar : https://www.behance.net/gallery/14870801/Hercules-vs-Hydra

Kedua, Hercules melakukan perjalanan ke kota Lerna untuk membunuh Hydra berkepala sembilan — makhluk beracun seperti ular yang hidup di bawah air, menjaga pintu masuk ke Dunia Bawah. Untuk tugas ini, Hercules mendapat bantuan dari keponakannya, Iolaus. Dia memotong setiap kepala monster itu sementara Iolaus membakar setiap luka dengan obor. Dengan cara ini, pasangan itu menjaga kepala agar tidak tumbuh kembali. Golden HindNext, Hercules berangkat untuk menangkap hewan peliharaan dewi dewi Diana: rusa merah, atau belakangnya, dengan tanduk emas dan kuku perunggu. Eurystheus telah memilih tugas ini untuk saingannya karena dia percaya bahwa Diana akan membunuh siapa pun yang dia tangkap mencoba mencuri peliharaannya; Namun, begitu Hercules menjelaskan situasinya kepada sang dewi, ia mengizinkannya pergi tanpa hukuman.



Babi Erymanthean


Sumber gambar : https://www.pinterest.com/pin/435864070182118215/

Keempat, Hercules menggunakan jaring raksasa untuk menjerat babi hutan Gunung Erymanthus yang mengerikan dan memakan manusia.



Tugas kelima The Augean Stables Hercules seharusnya memalukan dan juga mustahil: 

Sumber gambar : https://www.asianfanfics.com/story/view/705280/12/demigod-children-of-power

membersihkan semua kotoran dari istananya yang besar milik Raja Augeas dalam satu hari. Namun, Hercules menyelesaikan pekerjaan dengan mudah, membanjiri gudang dengan mengalihkan dua sungai di dekatnya.



Tugas keenam Burung Stymphlaian


Sumber gambar : https://justforfantasy.blogspot.com/2015/06/fantasy-creature-1-dua-belas-misi.html

Hercules sangat mudah: Perjalanan ke kota Stymphalos dan mengusir kawanan besar burung karnivora yang telah tinggal di pohon-pohonnya. Kali ini, dewi Athena yang datang membantu pahlawan: Dia memberinya sepasang krotala perunggu magis, atau pembuat kebisingan, yang ditempa oleh dewa Hephaistos. Hercules menggunakan alat-alat ini untuk menakuti burung-burung.



Banteng Kreta


Sumber gambar : https://id.wikibooks.org/wiki/Mitologi_Yunani/12_Tugas_Herakles/Tugas_Ketujuh

Selanjutnya, Hercules pergi ke Kreta untuk menangkap seekor banteng yang mengamuk yang telah menghamili istri raja pulau itu. (Dia kemudian melahirkan Minotaur, makhluk dengan tubuh laki-laki dan kepala banteng.) Hercules mengemudikan banteng itu kembali ke Eurystheus, yang melepaskannya ke jalan-jalan Marathon.



The Horses of Diomedes

Sumber gambar : https://www.ancient-origins.net/myths-legends-europe/heracles-and-mares-diomedes-greek-hero-vs-man-eating-beasts-007978

Tantangan kedelapan Hercules adalah menangkap empat kuda pemakan manusia dari raja Thracian Diomedes. Dia membawa mereka ke Eurystheus, yang mempersembahkan kuda-kuda untuk Hera dan membebaskan mereka.



Sabuk Hippolyte


Sumber gambar : https://www.google.com/amp/s/mitosmythgreek.home.blog/2019/07/11/cerita-mitos-yunani-tentang-hippolyta-wanita-perang/amp/


Tugas kesembilan yang cukup rumit: mencuri sabuk lapis baja milik Ratu Amazon Hippolyte. Pada awalnya, sang ratu menyambut Hercules dan setuju untuk memberinya sabuk tanpa perlawanan. Namun, Hera yang menyusahkan menyamar sebagai prajurit Amazon dan menyebarkan desas-desus bahwa Hercules bermaksud menculik sang ratu. Untuk melindungi pemimpin mereka, para wanita menyerang armada pahlawan; kemudian, karena khawatir akan keselamatannya, Hercules membunuh Hippolyte dan merenggut sabuk itu dari tubuhnya.



The Gattle of Geryon


Sumber gambar : https://www.greeklegendsandmyths.com/cattle-of-geryon.html

Untuk kerja ke 10 nya, Hercules dikirim hampir ke Afrika untuk mencuri ternak monster berkepala tiga, berkaki enam Geryon. Sekali lagi, Hera melakukan semua yang dia bisa untuk mencegah pahlawan dari berhasil, tetapi akhirnya dia kembali ke Mycenae dengan sapi.



Apel Hesperides


Sumber gambar : https://pixels.com/featured/hercules-in-the-garden-of-the-hesperides-michele-rocca.html

Selanjutnya, Eurystheus mengirim Hercules untuk mencuri hadiah pernikahan Hera ke Zeus: satu set apel emas yang dijaga oleh sekelompok nimfa yang dikenal sebagai Hesperides. Tugas ini sulit — Hercules membutuhkan bantuan Prometheus fana dan dewa Atlas untuk melakukannya — tetapi sang pahlawan akhirnya berhasil melarikan diri dengan apel. Setelah dia menunjukkannya kepada raja, dia mengembalikan mereka ke taman para dewa di mana mereka berada.


Cerberus


Sumber gambar : https://www.pinterest.com/pin/261068109620295662/

Untuk tantangan terakhirnya, Hercules pergi ke Hades untuk menculik Cerberus, anjing berkepala tiga ganas yang menjaga gerbang. Hercules berhasil menangkap Cerberus dengan menggunakan kekuatan manusia supernya untuk menggulingkan monster itu ke tanah. Setelah itu, anjing itu kembali tanpa cedera ke posnya di pintu masuk Dunia Bawah.

Itulah sedikit gambaran tentang sosok pahlawan Herkules, yaitu seorang pahlawan terbesar dan terkenal dalam mitologi yunani. Masih banyak lagi kisah-kisah perjuangan mengenai aksi heroik dari sosok pahlawan mitologi yunani tersebut. 



Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r



                                                                                                  Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :


Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer