Tuesday, May 21, 2019

MUSLIM WAJIB TAHU !, BERIKUT 7 NAMA NERAKA BESERTA TINGKATANNYA MASING-MASING DI DALAM AL-QUR'AN


🕌 Selamat Menunaikan 🌟 Ibadah Puasa 🌟 Ramadhan 1440 H / 2019 M 🕌


MUSLIM WAJIB TAHU !, BERIKUT 7 NAMA NERAKA BESERTA TINGKATANNYA MASING-MASING DI DALAM AL-QUR'AN

Oleh Nirwan

Sumber gambar : bisakali.net

Assalamualaikum wr.wb.

                    
SEPUTAR ISLAMI
BAHAS UNIK SEPUTAR ISLAM


Neraka merupakan seburuk-buruknya tempat "kembali" bagi orang-orang kafir, dzolim, pendosa maupun makhluk-makhluk berupa jin / syaitan yang pernah membangkangkan dirinya kepada Allah dan Rasul-Nya selama hidup di dunia. Gerbang Neraka Jahannam sendiri dipimpin oleh Malaikat Malik dan dimana memiliki 19 Malaikat penyiksa di dalamnya yang disebut dengan zabaniyah. Tiada satupun makhluk di dunia ini kecuali Allah Ta'ala yang mampu mengetahui atau menentukan secara pasti bahwa si fulan A atau si fulan B akan dikembalikan ke tempat kekalnya masing-masing berdasarkan amalan hidupnya selama di dunia, baik tempat kembali yang dimaksud berupa Taman Syurga yang dipenuhi oleh sosok bidadari cantik, kenikmatan, keindahan tiada tara maupun sebaliknya di dalam Neraka yang dipenuhi oleh jeritan manusia, adzab yang amat pedih serta siksaan-siksaan yang tiada hentinya. Begitupun terhadap amalan kita masing-masing. tentu, pastilah akan ada segala balasannya. Dimana tak memandang seberapa besar atau kecilnya amalan-amalan yang pernah dilakukan, tak menatap pula seberapa tingginya status atau strata sosial yang pernah kita miliki semasa hidup di dunia. Yang pasti semua amalan akan segera dihisab, dipertanggungjawabkan, dipersaksikan serta akan dibalas dengan pembalasan yang setimpal dan seadil-adilnya melalui hukuman / penghakiman Allah Yang Maha Adil di hari kemudian.

Adapun siksaan yang paling ringan bagi si penghuni Neraka ialah dimana bara api (Neraka) yang diletakkan dibawah kedua telapak kakinya sehingga membuat otaknya sekaligus ikut mendidih. 

Sumber gambar : www.tubeviral.net

Sebagaimana telah disampaikan melalui hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim sebagai berikut.

Rasulullah SAW. bersabda : "Sesungguhnya seringan-ringan siksaan penghuni Neraka pada hari kiamat ialah seseorang yang diletakkan dibawah dua telapak kakinya dua bara api neraka sehingga mendidih otak yang ada di kepalanya (dari sebab panasnya kedua bara api neraka tersebut). Dia mengira bahwa tidak ada orang lain yang lebih dahsyat siksaan daripadanya, padahal dialah orang yang paling ringan siksaannya." (Hadist Riwayat Bukhari & Muslim)

Kali ini "Seputar Islami" akan berbagi sedikit informasi mengenai 7 Nama-Nama Neraka di Akhirat kelak beserta tingkatannya masing-masing yang disebutkan di dalam Al-Qur'an. Apa sajakah 7 Nama Neraka beserta tingkatannya tersebut ?, berikut seputarannya. 



1. Neraka Hawiyah

Ilustrasi
Sumber gambar : m.dream.co.id

Neraka Hawiyah, secara harfiah diartikan sebagai jurang. merupakan tingkatan neraka yang paling dasar serta yang paling ringan pula siksaannya. Tempat ini dikhususkan bagi kaum munafik dan kafir. Kata Hawiyah sendiri dicantumkan sebanyak satu kali di dalam Al-Qur'an, tepatnya di dalam Qur'an Surah Al-Qari'ah sebagaimana firman Allah berikut ini. Allah SWT berfirman :

"Dan adapun orang - orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu ? (Yaitu) api yang sangat panas. (QS. Al-Qari'ah : 8-11)".


2. Neraka Jahim

Ilustrasi
Sumber gambar : pixabay.com


Neraka Jahim, merupakan tingkatan neraka yang ke enam diatas pintunya Neraka Hawiyah. Nama ini disebutkan kurang lebih sebanyak 26 kali pada Al-Qur'an Nur Karim. Penghuni di dalamnya ialah orang - orang yang musyrik atau yang menyekutukan Allah SWT semasa hidupnya. Hal ini juga disebutkan di dalam Qur'an Surah Asy-Syu'araa ayat 91 yang artinya :

"Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat (QS. Asy-Syu'araa : 19 )"


3. Neraka Saqar

Ilustrasi
Sumber gambar : www.gulalives.co


Neraka Saqar, namanya disebutkan sebanyak 4 kali di dalam Al-Qur'an. Sedangkan artinya sendiri yaitu kerasnya cahaya matahari. Neraka Saqar merupakan tingkatan neraka yang ke lima diatas pintunya Neraka Jahim. Adapun penghuni Neraka Saqar ialah orang-orang yang selalu meninggalkan shalat semasa hidupnya, menyembah selain kepada Allah seperti sesembahan berhala atau patung-patung serta mereka yang tidak memberi makan orang-orang miskin. Allah SWT berfirman di dalam Al-Qur'an Surah Al-Mudatsir ayat 40 - 46 sebagaimana berikut.

"Di dalam Syurga mereka saling bertanya dari hal orang berdosa. Apakah sebabnya kamu masuk neraka Saqar ?. "Karena kami tidak sholat, kami tidak memberi makan orang miskin, kami percaya terhadap yang bukan-bukan, Kami mendustakan hari kiamat." (Q.S. Al-Mudatsir : 40 - 46).


4. Neraka Ladza 

Ilustrasi
Sumber gambar : satriabajahitam.com

Neraka Ladza, merupakan neraka yang berada pada tingkatan ke empat. Neraka ladza juga disebut sebagai neraka yang dipenuhi oleh api bergejolak yang mampu mengelupaskan kulit kepala. Nama ladza tercantum sebanyak satu kali di dalam Al-Qur'an. Penghuninya ialah iblis laknatullah disertai para pengikutnya ataupun orang - orang yang pernah terbuai rayuan sesatnya selama perjalanan hidup di dunia. Allah SWT berfirman :

"Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak". (QS. Al-Ma'arij : 15).


5. Neraka Huthamah

Ilustrasi
Sumber gambar : islamidia.com

Neraka Huthamah, merupakan tingkatan neraka yang ke 3 diatas pintunya neraka Ladza. Neraka ini dihuni oleh orang-orang yang semasa hidupnya suka mengumpat atau mencela serta selalu mengumpulkan (menghitung) harta-hartanya yang diyakini mampu menjamin hidupnya. Neraka ini disebutkan pula sebagai neraka yang dimana apinya telah dinyalakan maka mampu membakar sampai ke hati. Allah SWT berfirman :

"Sekali-kali tidak, pasti dia akan dilemparkan ke dalam neraka huthamah, dan tahukah kamu apakah neraka huthamah itu ? Yaitu api Allah yang dinyalakan yang membakar sampai ke hati" (QS. Al-Humazah : 4 - 7).




6. Neraka  Sa'ir

Ilustrasi
Sumber gambar :  media-islam.or.id

Neraka Sa'ir, merupakan tingkatan neraka yang ke dua. Nama Sa'ir sendiri disebutkan sebanyak 16 kata di dalam Al-Qur'an. Neraka Sa'ir merupakan suatu tempat yang dikhususkan bagi mereka yang enggan mengeluarkan zakat dan selalu memakan harta anak yatim semasa hidupnya. Allah SWT berfirman :

"Bahwasanya orang - orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya dan nanti mereka akan dimasukkan ke dalam neraka Sa'ir". (Q.S. An-Nisa' : 10).


7. Neraka Jahannam

Ilustrasi
Sumber gambar : www.wajibbaca.com


Neraka Jahannam, inilah neraka yang paling teratas atau yang paling pertama dalam tingkatannya. Namanya sendiri telah dicantumkan sekitar 77 kali di dalam Al-Qur'an. Jika dilihat dari tingkatannya, maka Neraka Jahannam merupakan tempat yang lebih dahsyat serta yang amat mengerikan siksaannya daripada tingkatan neraka yang lain. Neraka Jahannam laksana kurungan yang amat berat bagi penghuni di dalamnya dan tiada satupun makhluk / penghuni di dalamnya yang sanggup menahan kuat dan derasnya siksaan di neraka paling atas ini. Bahkan pernah pula diceritakan bahwa Rasulullah SAW sempat pingsan usai mendengarkan pernyataan dari malaikat Jibril mengenai penghuni neraka Jahannam ini. 

Seperti halnya yang dikatakan oleh Jibril kepada Rasulullah SAW :
"Hai Muhammad, pintu neraka jahannam, ini dihuni oleh orang-orang yang melakukan dosa besar dari umatmu, mereka mati sebelum bertaubat. 

Mendengar penjelasan yang mengejutkan itu,  Rasulullah SAW pun langsung pingsan, Jibril lalu meletakkan kepala Rasulullah di pangkuannya sehingga sadar kembali dan sesudah sadar beliau bersabda :  Ya Jibril, sungguh besar kerisauan dan amat sedihku, apakah ada seorang dari umatku yang dapat masuk ke dalam neraka ? " Jawab Jibril : " ya, yaitu orang yang berdosa besar dari umatmu. "


Rasulullah SAW lalu menangis, Jibril pun ikut menangis. Kemudian Rasul langsung masuk ke dalam rumahnya dan tidak keluar kecuali untuk sembahyang. Setelah kejadian itu, beliau tidak berbicara dengan siapapun selama beberapa hari, dan ketika sholat beliau pun menangis dengan tangisan yang amat memilukan. 


Itulah beberapa gambaran mengenai nama atau tingkatan dari neraka yang banyak disebutkan di dalam Al-Qur'an. Semoga hal ini mampu menambah keimanan kita sebagai seorang mukmin dan muslim serta meningkatkan kesadaran diri kita masing-masing kepada Allah SWT. Ya Allah, lindungilah hidup hamba dari adzab api neraka, haramkanlah wajah ibu dan bapak hamba disambar oleh api neraka. Serta karuniakanlah bagi mereka Syurga tanpa hisab, Amiin YRA ..


                                             رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا
                          عَذَابَ جَهَنَّمَۖ اِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا ۖ
                                    اِنَّهَا سَاۤءَتْ مُسْتَقَرًّا وَّمُقَامًا


“Ya Tuhan kami, jauhkanlah azab Jahanam dari kami, karena sesungguhnya azabnya itu membuat kebinasaan yang kekal,”sungguh, Jahanam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman. (QS. Al-Furqan : 65 - 66)



Wassalamualaikum. Wr.wb. 


Sumber : www.gambaranimasi.org




jadwal-sholat



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r

Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :
Atau juga :

1 comment:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer