Thursday, February 7, 2019

SEPUTAR PEMBAHASAN SOAL DAN PENYELESAIAN FUNGSI LINEAR

Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung
 Seputar Pembahasan Soal dan Penyelesaian Fungsi Linear
Oleh Nirwan




Hai Sobat Nirwana..👋, Salam sejahtera bagi kita semua. Pada blog Saya yang pertama kali ini, kita bakal bahas-ajar kembali terkait Pembahasan Seputar Soal dan Penyelesaian Fungsi linear.

Matematika sendiri merupakan Ilmu yang amat terpenting dan bahkan terus berkembang hingga sekarang. bukan hanya penerapan dan peranannya saja di lingkungan Sekolah. Di sisi lain, ilmu tersebut juga perlu diterapkan ke dalam setiap bentuk bidang kehidupan termasuk terhadap praktek kehidupan manusia sehari-hari secara luas. Faktanya, kita bisa melihatnya melalui penerapannya terhadap kebutuhan berdagang maupun dalam bidang Ekonomi secara umum.


Baca Juga : SEPUTAR PEMBAHASAN DAN PENYELESAIAN LATIHAN SOAL UN MATEMATIKA/JURUSAN IPS TINGKAT SMA

Untuk itulah, Seputar Catatan Unik & Akademik {Bang Nirwana} bakal berbagi kesempatan untuk membahas seputar materi terkait fungsi linear yang terkandung di dalam ilmu matematika. Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan Pembahasan Seputar Soal dan Penyelesaian Fungsi Linear berikut ini.

Langkah awal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu yaitu mengenali kembali Rumus dasar dari fungsi Linear itu sendiri.

Perhatikan gambar berikut.


Sebelumnya saya ingin mengatakan bahwa bentuk soal yang berkaitan dengan fungsi linear biasanya bervariasi dan beragam, diantaranya ada yang berbentuk persamaan garis lurus, tabel, dan bahkan penyelesaian fungsi permintaan (Qd) maupun fungsi penawaran (Qs) melalui rumus fungsi linear. 

Alangkah baiknya jika kita membahas bentuk soal-soal tersebut secara bertahap.


  • Pembahasan Soal fungsi linear melalui bentuk persamaan garis lurus.



Perhatikan gambar diatas, dari ilustrasi tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa gambar tersebut merupakan gambar dari garis cartesius. Nah, dari garis cartesius tersebut biasanya terdapat soal yang berbentuk persamaan garis lurus. Bentuk Soal tersebut bisa berupa mencari persamaan linear melalui bentuk persamaan garis lurus yang telah diketahui sebelumnya ataupun membuat persamaan garis lurus dengan menyelesaikan persamaan linearnya terlebih dahulu. Sedangkan, ditahap ini kita bakal belajar dan membahas soal mengenai membuat persamaan garis lurus dengan menyelesaikan terlebih dahulu persamaan linear yang akan dibentuk melalui titik-titik yang telah ditentukan. Perhatikan Soal dibawah ini. 

*Buatlah persamaan garis lurus           melalui titik A (4,-10) dan B (8,2) !

Pembahasan dan Penyelesaian:

Langkah pertama, menyesuaikan terlebih dahulu kedua titik (Titik A dan Titik B) dari Soal diatas dengan Koordinat masing-masing (x1,y1) dan (x2,y2) sebagai berikut.

Titik A (4,-10)                            Titik B (8,2)
x1 = 4                                                    x2 = 8
y1 = -10                                                 y2 = 2


Langkah Kedua, Sesudah menyesuaikan kedua titik tersebut dengan Koordinat masing-masing (x1,y1) dan (x2,y2). proses selanjutnya yaitu menyelesaikan persamaan linear dengan menggunakan kedua titik yang telah disesuaikan.

perhatikan rumus persamaan linear sebelumnya,










Setelah Kedua titik sebelumnya telah ditentukan dengan Koordinat masing-masing (x1,y1) dan (x2,y2), selanjutnya sesuaikan (masukkan) kembali kedua titik yang telah ditentukan tersebut dengan menyesuaikan pada letak rumus diatas. Berikut langkah-langkah penyelesaian pada persamaan linear.

A (4,-10)    ➡️ (x1,y1)
B (8, 2)      ➡️  (x2,y2)




















Nah, dari Penyelesaian tersebut, kita bisa melihat bahwa fungsi/persamaan linear yang didapat adalah  y = 3 x - 22
itu artinya, kita telah menemukan persamaan linear yang dibentuk oleh titik A (4,-10) dan B (8,2) .


Langkah ketiga, Menentukan titik potong pada setiap Sumbu.




















Untuk menentukan titik potong pada setiap sumbu, kita hanya perlu mensubstitusikan (mengganti) nilai 0 pada variabel x atau y pada persamaan yang kita dapat sebelumnya. Perhatikan penyelesaian berikut.



Langkah keempat, ditahap ini kita bakal membuat bentuk persamaan garis lurus / penentuan garis yang diambil dari persamaan linear yang telah didapat.

y = 3x - 22

Kita hanya menentukan posisi garis yang diambil dari nilai pada variabel x dan y yang didapat melalui penyelesaian titik potong sumbu.berikut hasil penggambaran dan penentuan garis yang dibentuk kedalam persamaan garis lurus.


Nah, selesailah pembahasan dan penyelesaian soal dari fungsi linear melalui bentuk persamaan garis lurus.


  • Pembahasan soal fungsi linear melalui bentuk tabel. 
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kita tak hanya menyelesaikan materi fungsi linear melalui bentuk persamaan garis saja. Disini kita bakal membahas kembali materi dan soal tentang fungsi linear namun dengan bentuk soal yang berbeda berupa bentuk tabel.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan soal dibawah ini

*Perhatikan bentuk tabel berikut.


Buatlah fungsi permintaan (Qd) dari bentuk tabel diatas !.

Pembahasan dan Penyelesaian:

Sejatinya, bentuk soal diatas tidaklah berbeda dengan penyelesaian pada persamaan linear sebelumnya. Hanya saja, penentuan titik yang bakal digunakan untuk membuat fungsi disajikan melalui bentuk sebuah tabel. Rumus yang digunakanpun masih sama,yaitu menggunakan rumus persamaan linear. Sedangkan untuk variabel x dan y sementara mengikuti bentuk dalam fungsi permintaan dan fungsi penawaran  :

P = x dan q = y

Untuk penyelesaian soal diatas, langsung saja kita perhatikan langkah-langkah berikut.

Langkah pertama, seperti halnya pada pembahasan soal sebelumnya dari persamaan garis lurus. Langkah yang pertama kali dilakukan adalah menyesuaikan koordinat masing-masing (x1,y1) dan (x2,y2) pada titik yang terdapat didalam tabel.
untuk penyesuaian koodinat masing-masing (x1,y1) dan (x2,y2) pada titik melalui bentuk tabel, perhatikan gambar dibawah ini.


Telah jelas pada gambar tersebut bahwa di kolom1(p) baris 1 kiri terlihat angka 8 yang berkoordinat x1, sedangkan dikolom 2(q) baris 1 kanan terlihat angka 60 yang berkoordinat y1.jadi, titik A yang kita ambil pada tabel tersebut adalah (8,60).
Adapun untuk penentuan terhadap titik B pun sama halnya pada perlakuan titik A, pada kolom 1 dan 2 serta baris ke- 2 merupakan bagian titik B yang ditandai oleh warna biru laut.jadi, titik B yang diambil pada tabel adalah (10,50) .sehingga:

A (8,60) dan B (10,50)

Langkah Kedua, memasukkan kedua titik yang sudah ditentukan koordinatnya masing-masing kedalam rumus persamaan linear.



Dilanjutkan mencari/membuat fungsi permintaan (qd) Seperti yang diminta oleh soal. Untuk proses pada penyelesaian mencari fungsi permintaan (qd) berdasarkan soal yang dimaksud.Perhatikan langkah-langkah berikut.



Jadi, fungsi permintaan (qd) yang ditemukan adalah Qd = -5 p + 100.


  • Pembahasan soal membuat fungsi permintaan (Qd) dan fungsi penawaran (Qs) menggunakan fungsi linear. 
Sobat Nirwana, Kali ini kita kembali membahas soal akhir yaitu membuat fungsi permintaan (Qd) dan fungsi penawaran (Qs) melalui fungsi linear. Bentuk soal yang bakal dibahas tidak jauh berbeda dengan pembahasan soal mengenai persamaan garis lurus.Namun, di dalam bentuk soal berikut lebih menekankan pada pembuatan persamaan garis lurus yang memenuhi dua garis saling bersilang (berpotongan). 


Perhatikan ilustrasi gambar diatas, demikian kita bisa melihat bahwa letak posisi fungsi permintaan(Qd) pada garis tersebut menghadap ke arah serong kekiri. Sebaliknya, letak posisi fungsi penawaran(Qs) pada garis tersebut menghadap ke arah serong kekanan. Sehingga, untuk mencari kedua fungsi tersebut harus mengikuti posisi garis yang telah ditentukan. Begitupun untuk titik yang bakal diambil, menyesuaikan pula pada posisi garis dari kedua fungsi tersebut.Untuk lebih memperjelas materi, mari perhatikan bentuk soal berikut ini.


* Tentukan dan buatlah fungsi           permintaan(Qd) dan fungsi penawaran(Qs) dari bentuk garis diatas !

* Carilah garis potong dari titik E !

Pembahasan dan Penyelesaian :

*Tentukan dan buatlah fungsi permintaan(Qd) dan fungsi penawaran(Qs) dari bentuk garis diatas!

Langkah pertama,
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita terlebih dahulu menentukan posisi garis yang mengarah pada letak fungsi permintaan dan fungsi penawaran dalam bentuk soal. Seperti penjelasan diawal bahwa posisi garis untuk fungsi permintaan(Qd) berada pada arah serong kekiri, sedangkan posisi garis untuk fungsi penawaran(Qd) berada pada arah serong kekanan sebagai berikut.

~ Posisi garis yang menunjukkan letak fungsi permintaan (Qd) :


Dengan titik 6 (0,6) dan 3 (3,0)

~Posisi garis yang menunjukkan letak fungsi penawaran (Qs) :


Dengan titik 3 (0,3) dan -6 (-6,0)

Langkah kedua,
Menentukan Koordinat masing-masing (x1,y1) dan (x2,y2) dari titik yang ditemukan.

~Titik untuk fungsi permintaan (0,6) dan (3,0) :
x1 = 0                x2 = 3
y1 = 6                y2 = 0

~Titik untuk fungsi penawaran (0,3) dan (-6,0) :
x1 = 0                x2 = -6
y1 = 3                y2 = 0

Langkah ketiga,
Membuat fungsi permintaan ( Qd) dan fungsi penawaran (Qs).Untuk penyelesaian kedua fungsi tersebut perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Gunakan Rumus Persamaan Linear yang sama.


~proses penyelesaian fungsi permintaan (Qd) :


Jadi, fungsi Permintaan (Qd) tersebut adalah Qd = -2 p + 6

~Proses penyelesaian fungsi penawaran (Qs) :


Jadi, fungsi penawaran (Qs) tersebut adalah Qs = 1/2 p + 3

*Carilah garis potong dari titik E !

Langkah pertama,

Siapkan kedua fungsi yang ditemukan ,
y = -2 x + 6 (dalam bentuk persamaan                           linear)
y = 1/2 x + 3 (dalam bentuk persamaan                         linear)

Langkah Kedua,

 Selesaikan kedua fungsi diatas melalui metode Eliminasi dan Substitusi (Cara campuran) berikut ini.

~ Eliminasi


~ Substitusi



Jadi, garis potong dari titik E = (6/5 , 3  3/5)




Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan mohon maaf atas segala kekurangannya.



Sumber : www.gambaranimasi.org



Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..


* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r


Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 : Atau juga :

1 comment:

  1. numpang share ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer