Thursday, May 23, 2019

DARI ZAQQUM HINGGA NANAH, INILAH JENIS MAKANAN SERTA MINUMAN YANG PALING MENYIKSA BAGI PENGHUNI NERAKA.


🕌 Selamat Menunaikan 🌟 Ibadah Puasa 🌟 Ramadhan 1440 H / 2019 M 🕌


DARI ZAQQUM HINGGA NANAH, INILAH JENIS MAKANAN SERTA MINUMAN YANG PALING MENYIKSA BAGI PENGHUNI NERAKA.

Oleh Nirwan


Sumber gambar : m.inilah.com

Assalamualaikum wr.wb

                    
SEPUTAR ISLAMI
BAHAS UNIK SEPUTAR ISLAM


Tiada mengira bahwa di dalam Neraka juga terdapat berbagai macam menu santapan serta segala macam minuman. Namun lain halnya disini, menu yang disajikan ternyata berupa bahan atau segala sesuatu yang amat menjijikan. Tak mampu mengenyangkan serta tak mampu pula melenyapkan dahaga di dalamnya, yang ada hanyalah menambah siksaan yang amat pedih disamping pula menerima berbagai macam adzab lainnya dari siksaan api neraka yang pasti akan dialami oleh penghuni Neraka. Maka, sungguh bertambahlah penderitaan tersebut.

Sumber gambar : www.gambaranimasi org



Jenis makanan atau minuman bagi penghuni Neraka ternyata telah dijelaskan pula di dalam Al-Qur'an Nur Karim secara eksplisit. Banyak sekali para Ulama yang menafsirkannya dan tiada terbayangkan betapa mengerikan serta menjijikannya gambaran "menu santapan" yang dimaksud tersebut. Berbeda dengan di Syurga, yang dimana di dalamnya selalu dihiasi oleh segala macam keindahan, kenikmatan yang abadi serta berbagai macam jenis makanan maupun minuman yang disuguhkan secara nyaman kepada para penghuni di dalamnya. 

Sumber gambar : pixabay.com

Nah, Lantas apa sajakah jenis-jenis santapan yang akan disediakan bagi penghuni Neraka ?. Berikut seputarannya.



1. buah Zaqum

Ilustrasi
Sumber gambar : m.inilah.com

Zaqum, merupakan sebatang pohon yang disediakan bagi para penduduk Neraka. Bentuk buahnya seperti kepala setan yang sungguh menyeramkan, rasanya tentulah amat menjijikan dan yang pasti akan menyiksa isi perut manusia. Pohon ini tumbuh di dasar Neraka Jahim, sebagaimana firman Allah berikut.

"Pohon Zaqum itu adalah pohon yang tumbuh di dasar neraka jahim. Buahnya seperti kepala setan yang menyeramkan" (QS. As-Shaffat: 62-65).

Lalu, bagaimanakah dengan rasa dari pohon Zaqum itu sendiri ?. Allah Ta'ala berfirman :

"Sungguh pohon zaqqum itu adalah makanan bagi orang-orang yang berbuat dosa. Rasanya seperti lelehan logam yang mendidih di dalam perut, seperti air mendidih yang amat panas" (QS. Ad-Dukhan: 43-46)

Telah jelas bahwa rasa pohon zaqum itu sendiri sesungguhnya sangatlah menyiksa terhadap "isi" perut manusia. karena rasanya seperti lelehan logam yang mendidih, bergolak-golak seperti air yang mendidih di dalam perut dan tentunya akan menusuk-nusuk pula di setiap rongga usus karena saking panasnya. Pohon tersebut juga tidak mampu mengenyangkan bagi para penikmat buahnya (penghuni neraka), melainkan hanya menambah adzab / siksaan bagi diri mereka. Namun, karena tiada lagi makanan selain pohon zaqum. Akhirnya, jalan keluar yang ditempuh ialah terpaksa memakan buah zaqum tersebut sehingga memenuhi isi perut mereka karena rasa lapar yang amat dahsyat.

Secara logis, mungkin sulit sekali untuk dipercaya bahwa di dasar neraka mengapa terdapat pohon yang bisa tumbuh. Padahal, neraka sendiri tercipta sebagai tempat yang dipenuhi oleh api yang menyala-nyala dan bahkan tak terkecuali mampu membakar kayu atau sebatang pohon sekaligus hingga menjadi bahan bakar. Namun, sebagai seorang mukmin kita meyakini bahwa segala perkara yang ghaib seluas-luasnya dimilki oleh Allah SWT dan untuk manusia sendiri mereka hanyalah memiliki sedikit pengetahuan.



2. Al-Hamim

Ilustrasi
Sumber gambar : satriabajahitam.com

Usai menyantap secara paksa buah zaqum, perut mereka (penghuni Neraka) justru semakin memanas dan terus mendidih akibat rasa panas yang amat dahsyat dari buah tersebut. Mereka berusaha mencari sesuatu agar bisa mendinginkan kembali perut mereka yang terasa panas dan mendidih. Namun, bukannya mendapati minuman yang mampu menyegarkan atau meredakan panas di dalam perut. Mulut mereka malah disuguhi kembali minuman yang amat panas. Minuman tersebut disebut Al-hamim, yakni berupa minuman dari air mendidih yang sangat panas. Air tersebut perlahan-lahan mengalir dari mulut hingga menuju ke dalam rongga perut. akibatnya, hancurlah segala isi yang ada di dalam perut mereka sebagai akibat terminumnya cairan yang mendidih tersebut . Allah SWT berfirman :

"Orang-orang kafir dan musyrik itu akan memakan sebagian dari buah pohon zaqum itu. Namun tidak menjadikan mereka kenyang. Kemudian orang-orang kafir itu akan mendapatkan hamim; minuman air mendidih yang sangat panas". (QS. As-Shaffat: 66-67)



3. Pohon Dhari

Ilustrasi
Sumber gambar : www.anatawagroup.com

Pohon Dhari, merupakan salah satu menu makanan bagi penghuni neraka. Selain bentuknya yang amat menyeramkan. Ternyata, pohon Dhari juga disebutkan sebagai jenis makanan bagi penghuni neraka (Selain pohon zaqum). Pohon ini dipenuhi oleh duri-duri yang amat keras. Bukannya melenyapkan lapar, pohon ini justru menyumbat kerongkongan bagi orang yang memakannya. Allah SWT berfirman :

"Mereka tidak akan mendapatkan makanan selain dari pohon yang berduri (Dhari). Yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar" (QS. Al-Ghasiyah: 6-7)



4.Ghislin

Ilustrasi
Sumber gambar : m.youtube.com

Ghislin
, merupakan minuman yang terbuat dari campuran darah beserta nanah. Minuman tersebut dikhususkan bagi para penghuni Neraka, Sungguh tiada mampu kita membayangkan betapa menjijikannya ke dua cairan yang dicampurkan tersebut. Terlebih, bila minuman yang dimaksud akan disuguhkan kepada para penghuni neraka di hari kelak. Allah SWT berfirman:

"Maka Tiada seorang teman pun baginya pada hari ini, disini. Tiada pula Makanan sedikit pun (baginya) kecuali dari Ghislin (nanah penghuni Neraka) Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang berdosa" (QS. Al-Haqqah: 35-37)




5. As-Shadid

Ilustrasi
Sumber gambar : pixabay.com

Minuman selanjutnya yang akan disuguhkan bagi penghuni Neraka ialah Ash-Shadid. Ash-Shadid merupakan minuman yang terbuat dari nanah atau daging orang-orang kafir yang meleleh. Para penghuni Neraka diharuskan untuk meminum cairan yang menjijikan ini. Pada saat minuman tersebut telah diminum oleh penduduk Neraka, maka seketika itu pula wajah mereka menjadi hangus dan bahkan membuat kulit kepala serta rambut mereka sekaligus ikut mengelupas. Hal ini juga dikatakan oleh Ibnu Rajab bahwa, air shadid akan membuat wajah mereka  (para penduduk neraka) hangus, sekaligus membuat seluruh kulit kepala  dan rambutnya mengelupas. 

Bukannya menghilangkan dahaga, minuman ini justru pula memotong-motong usus bagi yang meminumnya. Allah SWT berfirman: 

"Tiada seorang teman pun baginya pada hari ini, dan tiada makanan sedikitpun baginya kecuali shadiid (darah dan nanah). Dan tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang selalu berbuat dosa" (QS. Al-Haqah: 35-37)



6. Al-Ghassaq


Ilustrasi
Sumber gambar : m.youtube.com

Selain minuman yang panas dan mendidih, di Neraka juga disediakan minuman dingin yang disebut Al-Ghassaq. minuman tersebut bukannya menyegarkan bagi penghuni di dalamnya, melainkan hanya menyiksa perut karena terbuat dari nanah yang kental disertai baunya yang  sangat menyengat.

Bahkan, menurut Ibnu Umar minuman Al-Ghassaq ini merupakan minuman yang berasal dari nanah kental yang jika setetesnya ditumpahkan di barat bumi, niscaya penduduk timur akan mencium baunya yang sangat busuk.


Itulah beberapa jenis makanan ataupun minuman yang paling menyiksa bagi penghuni Neraka, Semoga diri kita beserta keluarga kita dijauhkan dari adzab / siksaan api Neraka. Karena sebaik-baiknya tempat kembali bagi orang shaleh ialah di Jannah atau Syurganya Allah SWT. Amiin YRA.


Wassalamualaikum wr.wb.

Sumber : www.gambaranimasi.org




jadwal-sholat



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r

Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :
Atau juga :

1 comment:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer