Saturday, March 2, 2019

MENGUAK MISTIS TAMBULIHAN (SAMPIT - KOTA BESI) , KOTIM

Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung

Menguak Mistis Tambulihan 
(Sampit-Kota Besi), Kotim.

Oleh Nirwan



Jl. Tjilik Riwut (Kota Besi - Sampit), Kalteng (Google Map)

" Jalan-jalan ke Jayapura
Janganlah lupa menebarkan senyum
Salam Sejahtera bagi kita semua 
Berjumpa lagi pada topik Seputar Unik & Pengetahuan Umum. "

Jika sebelumnya kita sempat berbincang mengenai salah satu misteri maupun cerita unik dari Daerah Kecamatan Kota Besi, Kotim. Kali ini, kita next kembali pada perbincangan baru mengenai info seram serta cerita mistis mengenai nama jalan atau daerah yang berpusat di sepanjang Jalan Tjilik Riwut (arah Sampit-Kota Besi) daerah Tambulihan, Kotawaringin Timur.

Tiap lokasi sudah tentu memiliki cerita mistis yang menyimpan berbagai misteri dari masyarakat setempat baik diceritakan secara turun-temurun, bahkan terus berkembang hingga sekarang. Sebut saja salah satunya di daerah yang tidak jauh dari Kecamatan Kota Besi pada jalan Tjilik Riwut (akses menuju arah Sampit-Kota Besi) di daerah Tambulihan, Kotawaringin Timur. Hingga saat ini daerah tersebut masih menyisakan beberapa misteri bahkan cerita mistis dari masyarakat setempat, khususnya masyarakat yang sudah cukup lama memukim di Kecamatan Kota Besi maupun di Kota Sampit sebagai Ibukota dari Kabupaten Kotawaringin Timur.





Jika mengingat nama daerah atau jalan Tambulihan, maka masyarakat sekitar akan menyebutkan bahwa daerah tersebut merupakan salah satu lokasi dimana sering terjadinya tingkat kecelakaan maut yang telah memakan banyak korban jiwa. Entah itu kecelakaan yang melibatkan kendaraan beroda dua ataupun beroda empat. Dari beberapa kejadian nahas tersebut, terkadang ada saja hal-hal mistis yang dikaitkan oleh masyarakat setempat mengenai Jalan akses menuju arah Sampit-Kota Besi ini.

Cerita dan misteri apa saja yang pernah berkembang maupun menyimpan riwayat kelam dari kawasan yang dimaksud tersebut?. Bahkan, mampu membuat bulu kuduk kita jadi merinding. Berikut Seputarannya.



1. Kisah Seorang Nenek tua beserta Cucunya yang menghilang secara misterius usai menembus pintu atau portal "Alam gaib".


Sumber : pixabay.com

Kisah mistis maupun mitos yang satu ini tentunya sudah familiar ditelinga Masyarakat sekitar. Tugu berbentuk kembar yang berada di sepanjang Jalan Tjilik Riwut arah Sampit-Kota Besi Daerah Tambulihan (Kotim) ternyata pernah menceritakan misteri yang masih terdengar oleh sebagian masyarakat setempat, terutama di Kecamatan Kota Besi. Dikisahkan oleh orang-orang bahari (dahulu) bahwa lokasi dimana memusatnya sebuah tugu besar di kedua bahu jalan yang merupakan ikon atau tempat beristirahatnya bagi para pengguna jalan dari lelahnya perjalanan di sepanjang jalan Tjilik Riwut, ternyata pernah menyimpan kisah mistis mengenai Seorang Nenek tua beserta Cucunya yang menghillang secara misterius sesaat memasukkan badan mereka ke dalam ruang tugu yang berada di lokasi Jalan arah Sampit-Kota Besi tersebut. Entah benar atau tidak?, menurut sebagian orang bahwa keberadaan mereka berdua masih ada dan kemungkinan masih hidup hingga sekarang. Tetapi, kondisinya sudah dalam keadaan berwujud orang gaib (Makhluk alam lain) karena tubuh mereka tak sengaja menembus pintu atau portal "alam gaib" yang mitosnya berada pada kawasan tersebut..



2. Misteri Sosok perempuan yang pernah mati dan diperkosa (jasadnya dibuang ke kawasan tersebut).

Sumber : www.pinterest.com

Apabila di kawasan Jembatan Ancol (Jakarta) pernah mengisahkan keberadaan sosok mistis dari seorang gadis yang telah mati terbunuh oleh kedua orang centeng, akibat suruhan Saudagar Kaya yang saat itu terpesona dengan parasnya. Maka, adapula cerita mistis yang pernah berkembang di daerah tambulihan. Dahulu, di daerah tersebut juga diceritakan menjadi tempat atau saksi bisu dari kejadian kelam yang pernah dialami oleh seorang perempuan yang mati dibunuh dan diperkosa. Kabarnya, jasadnya kemudian dibuang ke kawasan tersebut oleh pelaku lelaki hidung belang secara tidak layak. Karena mati dalam keadaan seperti itu, konon arwahnya diyakini menjadi penasaran dan sengaja menunggu di daerah tersebut dengan sesekali menampakkan wujudnya kepada para pengendara yang biasa melewati jalan tersebut pada malam hari.



3. Lokasi rawan kecelakaan yang sudah cukup banyak menelan Korban jiwa.


Sumber : pixabay.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kawasan tersebut merupakan salah satu lokasi yang paling rawan kecelakaan serta sudah banyak menelan korban jiwa. Syukurlah, jika didapati para korban yang masih selamat atas kejadian nahas tersebut. Namun, yang paling mengenaskan ialah beberapa korban banyak ditemukan "tewas" secara seketika ditempat. Hal-hal mistis pun banyak berkembang, mengingat kembali bahwa daerah tersebut memang dianggap paling angker dan mengerikan oleh sebagian orang. Oleh karenanya, pernah ada satu mitos unik yang menyebutkan jikalau sedang berkendaraan atau melewati kawasan tersebut pada malam hari. Konon, harus membunyikan klakson kendaraan terlebih dahulu sebanyak tiga kali untuk menyiasati bahwa kita sedang bertamu di daerah yang diyakini menjadi tempat penunggu makhluk tak kasat mata disana. uniknya lagi, jika ada pengendara atau pengguna jalan yang sedang membawa makanan baik masih dalam keadaan dibungkus (Kemasan) atau sedang dikonsumsi di sepanjang jalan. Maka, hendaknya melemparkan sedikit makanan ke kawasan tersebut untuk menghormati keberadaan makhluk alus yang ada disana jika ingin menghindari hal-hal tak diinginkan oleh yang bersangkutan.




4. Kawasan yang juga terkadang menampakkan sosok makhluk halus.


Sumber : pixabay.com

Walaupun Sosok makhluk tak kasat mata yang dimaksud tidak terlalu sering menampakkan wujudnya di kawasan tersebut atau hanya sesekali menampakkan wujud berupa bayangan hitam terhadap orang-orang tertentu. Namun, Keberadaan mereka dianggap sebagai pengusik bagi para pengguna jalan yang melintasi di daerah tersebut terutama pada malam hari. Bahkan, sosok mereka juga dikaitkan dengan kejadian-kejadian misterius dari berbagai kecelakaan maut disana. Beberapa orang juga pernah mengakui serta menyaksikan secara langsung terhadap penampakan sosok makhluk menyeramkan yang ada disana khususnya di bahu jalan (Kawasan Tambulihan) pada malam hari.



5. Misteri Pohon Angker di bahu Jalan .


Sumber : pixabay.com

Sedikit gambaran mengenai Sepanjang Jalan di daerah Sampit-Kota Besi ini. Sebenarnya, di kawasan jalan ini masih terbilang cukup sunyi bahkan hanya ditemukan sedikit rumah penduduk pada setiap sudut jalannya. Selain itu, setiap bahu jalannya pun masih ditumbuhi oleh banyak vegetasi alam seperti semak-semak dan pepohonan besar secara umum. Jadi, bisa dibilang bahwa bagi pengendara yang sengaja melewati jalanan ini masih terbilang seakan melintasi jalan yang di pinggirannya dikelilingi oleh hutan rimbun. Di salah satu sudut lokasi ini pernah berdiri sebuah pohon yang agak besar yang disebut pohon Wara oleh masyarakat sekitar. Konon, pohon tersebut sudah ditebang karena dianggap menjadi tempat berdiamnya makhluk-makhluk astral. Paradigma yang menyatakan bahwa pohon tersebut dianggap "Angker" dan mengganggu bagi sebagian pengguna jalan. Kabarnya, pohon tersebut sudah tiada lagi berdiri disana.

Ilustrasi

Salah satu cerita yang paling mengerikan dari kemistisan pohon Wara ini adalah beberapa tahun yang silam pernah terjadi peristiwa mengerikan sekaligus juga menghebohkan oleh masyarakat Kota Besi. Pohon mistis yang kabarnya pernah tumbuh di salah satu kawasan Kecamatan Kota Besi ini juga pernah diceritakan membawa penderitaan bagi salah satu korbannya. Ada seorang nenek tua yang mengajak cucunya di sekitaran pohon mistis tersebut. Tak lama setelahnya, si nenek seketika meracau aneh dan bahkan tiba-tiba ditemukan pada puncak pohon tersebut dengan membawa tubuh sang cucu sembari menyantap kepala cucunya sendiri secara hidup-hidup hingga si cucu tewas. Usai ditanya atas kejadian mengerikan tersebut, si Nenek menyebutkan bahwa ia merasa tidak sadar atas kelakuannya serta mengaku bahwa objek yang ia lihat semacam buah kelapa segar yang tidak lain sebenarnya adalah Kepala sang cucu sendiri ..

Itulah sedikit cerita mistis atau mitos yang pernah berkembang di kawasan Jalan Tjilik Riwut arah Sampit-Kota Besi Daerah Tambulihan, Kotawaringin Timur. Masih banyak pula misteri-misteri janggal yang belum terungkap dan diyakini keberadaannya pada kawasan daerah tersebut. Terlepas dari benar atau tidaknya terkait cerita mistis diatas, kita sebagai makhluk yang beriman tentu sudah sepatutnya meyakini bahwa keberadaan makhluk di dunia ini terbagi menjadi dua alam yaitu alam nyata dan alam ghaib (tak terlihat) serta makhluk ghaib di dalamnya juga saling hidup berdampingan dengan alam manusia. Oleh karenanya, sebagai manusia sejati kita harus saling menghargai / menghormati keberadaan mereka dengan batas yang sewajarnya serta mengakui adanya eksistensi kehidupan mereka bersama alam manusia. Sekian..


Sumber : www.gambaranimasi.org





Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini
http://www.strawpoll.me/17597367/r


Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 : Atau juga :

1 comment:

  1. numpang share ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer