Wednesday, June 19, 2019

Puisi "Aku" ~ Chairil Anwar

Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung

 

Puisi "Aku" ~ Chairil Anwar


Sumber gambar : rokokindonesia.com


Oleh Nirwan



Tahukah Anda, Siapakah sosok dibalik nama Chairil Anwar ?

Selaku Anak Bangsa, kita semestinya harus bisa mengetahui dong ya..




Yap, Chairil Anwar merupakan salah seorang penyair terkemuka yang berkebangsaan di Indonesia. Ia dilahirkan di Medan, 26 Juli 1922 dan wafat di Jakarta, 28 April 1949. Chairil Anwar sendiri dikenal sebagai seorang penyair yang amat lihai dalam memainkan kata-kata. Walaupun sosoknya sendiri telah tiada. Namun, berbagai rangkaian puisinya yang amat populer dan bahkan sudah cukup melegenda masih mampu melekat di hatinya para pencinta puisi maupun penikmat sastra. Selain itu, Chairil Anwar juga dikenal sebagai salah satu pelopor Angkatan '45 dan puisi modern Indonesia. Adapun beberapa karya yang pernah Ia tulis telah diperkirakan mencapai 96 karya.

Sumber gambar : google.com

Ia Mendapati Julukan sebagai "Si Binatang Jalang" (dari karyanya yang berjudul Aku). Karya puisinya yang berjudul "Aku" inilah yang dianggap sebagai puisinya paling terkenal atau bahkan merupakan salah satu puisi paling terkemuka dari Angkatan '45 kala itu. Lalu, bagaimanakah bentuk puisi yang pernah ditulis oleh penyair terkemuka tersebut. Berikut adalah Puisi berjudul Aku karya Chairil Anwar :


Aku 
(Chairil Anwar)

Kalau sampai waktuku
'Ku mau tak seorang 'kan merayu 
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu 

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku 
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari

Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi


Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r


Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :
Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer