Sunday, December 22, 2019

TUGAS MANAJEMEN KEUANGAN (BAB 6. ANALISIS PENGANGGARAN MODAL (ANALISIS USULAN INVESTASI))

TUGAS MANAJEMEN KEUANGAN (BAB 6. ANALISIS PENGANGGARAN MODAL (ANALISIS USULAN INVESTASI)

Sumber : pixabay.com


PERTANYAAN

1. Tunjukkan perbedaan antara aliran kas dengan keuntungan akuntansi!
Jawab:
Fokus dari manajemen keuangan dan analisis investasi adalah kas, bukannya keuntungan akuntansi. Keuntungan akuntansi tidak selalu berarti aliran kas. Sebagai contoh, penjualan sebagian barangkali merupakan kredit, sehingga belum ada kas yang masuk. Item biaya tertentu, seperti depresiasi, juga tidak melibatkan kas. Dalam perhitungan depresiasi, tidak ada aliran kas yang berpindah tangan. Contoh perhitungan ini menunjukkan perbedaan antara aliran kas dengan keuntungan akuntansi. 

2. Pertimbangan apa saja yang perlu dilihat dalam menghitung aliran kas?
Jawab:
Aliran kas versus keuntungan akuntansi.
Incremental cash flow: sunk cost biaya kesempatan (opportunity cost) dan kanibalisasi pasar.
Fokus pada aliran kas karena keputusan investasi, bukan Karena keputusan pendanaan.


3. Kenapa perhitungan aliran kas dan analisis investasi memfokuskan pada keputusan investasi?
Jawab:
Dalam analisis investasi, fokus kita adalah pada aliran kas yang dihasilkan melalui keputusan investasi. Aliran kas yang dihasilkan dari keputusan pendanaan harus dihilangkan/dikeluarkan dari analisis. Alasan lainnya adalah, keputusan pendanaan masuk ke dalam perhitungan tingkat discount rate yang dipakai (WACC atau weighted average cost of capital). Jika biaya bunga juga dimasukkan ke dalam perhitungan aliran kas (sebagai pengurang aliran kas masuk), maka terjadi proses double counting, atau perhitungan ganda. Kas masuk dikurangi biaya bunga, sementara kas masuk didiskonkan dengan WACC yang memasukkan keputusan pendanaan. Dengan kata lain, efek keputusan pendanaan hanya akan terlihat di tingkat diskonto (discount rate) bukan pada perhitungan aliran kasnya.

4. Jelaskan tipe aliran kas berdasarkan dimensi waktunya!
Jawab:

Aliran kas awal terjadi pada awal kegiatan investasi.
Biasanya diasumsikan terjadi pada tahun ke 0 (sebelum investasi dilakukan). Aliran kas tersebut biasanya merupakan aliran kas keluar (cash outflow). Biasanya kas keluar tersebut dipakai untuk investasi pada aktiva tetap (pabrik dan aktiva tetap lainnya) dan investasi pada modal kerja. 

Aliran kas operasional
Jika aktiva tetap (misal pabrik) sudah berdiri, investasi mulai menghasilkan alian kas masuk dari, misal penjualan. Aliran kas operasional biasanya merupakan aliran kas masuk, yang dipreoleh setelah perusahaan beroperasi. Biaya yang dikeluarkan, misal biaya promosi dan biaya operasional lainnya, jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan kas masuk.

Aliran kas terminal
Terjadi pada akhir proyek investasi. Biasanya ada dua item yang terjadi pada akhirproyek:
Penjualan nilai residu aktiva tetap, dan 
(modal kerja kembali).
Pada akhir proyek, ada kemungkian aktiva tetap masih mempunyai nilai pasar.
Sisa tersebut kemudian bisa dijual dan menghasilkan kas masuk pada akhir proyek.

5. Jelaskan penggunaan kriteria investasi NPV, IRR, Payback Period, Discounted Payback Period, Profitability Index!
Jawab:

Net present value adalah present value aliran kas masuk dikurangi dengan present value aliran kas keluar. Keputusan investasi adalah sebagai berikut:
NPV > 0 usulan investasi diterima
NPV < 0 usulan investasi ditolak
IRR adalah tingkat diskonto (discount rate) yang menyamakan present value aliran kas masuk dengan present value aliran kas keluar. Keputusan investasi adalah sebagai berikut: 
      IRR > tingkat keuntungan yang disyaratkan        usulan investasi diterima
      IRR < tingkat keuntungan yang disyaratkan        usulan investasi ditolak
Payback period ingin melihat seberapa lama investasi bisa kembali. Semakin pendek jangka waktu kembalinya investasi semakin baik suatu investasi. 

Discounted payback period  yaitu metode ini berusaha menghilangkan kelemahan payback period yang tidak memperhitungkan nilai waktu uang dengan metode ini, aliran kas di present –value-kan sebelum dihitung payback periodenya.

Profitability index (PI) adalah present value aliran kas masuk dibagi dengan present value aliran kas keluar. Keputusan investasi adalah sebagai berikut:

PI > 1 usulan investasi diterima
PI < 1 usulan investasi ditolak

6. Bagaimana melakukan interpolasi, apa manfaatnya?
Jawab:
Cara melakukan interpolasi:
Masukkan salah satu njlai I yang cukup rendah sehingga NPV positif 
Masukan suatu nilai yang cukup tinggi sehingga NPV negative
Lakukan interpolasi linier
Interpolasi mengasumsikan hubungan linea antara PV aliran kas keluar dengan discount rate, padahal hubungan tersebut tidak bersifat linear. Jika interpolasi dilakukan antara dua titik yang dekat (misal 53 dengan 54%), hasil interpolasi tidak akan berbeda jauh dengan IRR yang sesungguhnya. Hasil akan berbeda jauh jika interpolasi dilakukan untuk dua titik yang cukup jauh, misalnya 50% dengan 60%

7. Bagaimana kaitan IRR dan NPV?
Jawab:
IRR adalah discount rate yang membuat NPV=0  atau PV aliran kas keluar sama dengan PV aliran kas masuk. Jika IRR diatas discount rate, maka NPV akan mempunyai angka positif, sebaliknya, jika IRR lebih kecil dari discount rate maka NPV akan bernilai negative.

8. Mana yang lebih baik dan lebih kuat, NPV atau IRR? Jelaskan!
Jawab:
Yang lebih baik dan lebih kuat antara NPV dan IRR yaitu NPV. Karena, jika menggunakan NPV, kita bisa memperoleh keputusan yang lebih pasti. NPV lebih konsisten dengan tujuan manajemen keuangan yang ingin memaksimumkan kemakmuran pemegang saham. 


9. Mana yang lebih baik dan lebih kuat, NPV atau PI!
Jawab:
Yang lebih baik dan lebih kuat antara NPV dan PI yaitu NPV. jika proyek yang kita analisis bersifat independen, maka keputusan  NPV dan PI akan konsisten satu sama lain. Dalam hal ini, proyek dengan NPV yang positif juga mempunyai PI yang lebih dari satu. Masalah yang timbul untuk PI adalah untuk usulan investasi yang mutually exclusive. Rekonsiliasi antara PI dengan NPV bisa dilihat dengan melihat NPV dan PI untuk aliran kas tambahan (incremental cash flow)

10. Apa yang dimaksudkan dengan modifiet internal rate of return?
Jawab: 
Modifield Internal Rate of Return (MIRR) adalah Metode yang dibuat untuk menghilangkan kelemahan IRR, sementara angka MIRR yang dihasilkan akan mirip dengan IRR (dalam bentuk persentase).


Sumber : Hanfi, Mamduh., Manajemen Keuangan Edisi 2, BFE, Yogyakarta, 2016

Sumber : www.gambaranimasi.org




Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r


Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :

Atau juga :
 

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer