Thursday, June 13, 2019

5 Hal Penting Yang Perlu Kamu Lakukan dalam Menjaga Hubungan Persahabatan Jarak Jauh

Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung


5 Hal Penting Yang Perlu Kamu Lakukan dalam Menjaga Hubungan Persahabatan Jarak Jauh


Oleh Nirwan


Sumber gambar : pixabay.com

Ada banyak sekali hal-hal baru yang sering kita jumpai di dunia ini. Begitupun dalam setiap pertemuan, tentunya akan selalu menghadirkan semacam perpisahan". Yap betul!, roda kehidupan akan terus berputar. Perjalanan hidup manusia akan selalu berdialektika dengan keadaan dan setiap insan (manusia) kelak akan berjumpa/menyesuaikan diri terhadap lingkungan-lingkungan baru yang secara kebetulan belum pernah ia temui sebelumnya. Terkadang pula, waktu saat ini terasa begitu cepat untuk berevolusi. Jarum jam terus berputar, masa-masa turut berganti, pasang surut terus terjadi dan bahkan segala sesuatu akan segera berubah hingga semuanya tiada lagi menyadari bahwa setiap tindakan hanya meninggalkan sisi sejarah. Tiada terkecuali dalam hal persahabatan, dari segala kesan menarik yang pernah diukir bersama semasa duduk di bangku SMA. Lambat laun, segalanya telah berubah dan setiap masanya hanya menyisakan sisi kenangan terindah yang dibaluti oleh rasa haru dan penuh kerinduan.







Berpisah, kata yang paling tepat untuk memaknai semacam awalan dan akhiran. Segala hal bergerak dengan begitu cepat dan setiap insan kelak akan mengalami perubahan demi perubahan di dalam hidupnya. Hal yang lazim bila terdapat kata perpisahan, khususnya dalam ruang lingkup persahabatan. Karena segala sesuatu tidak hanya berdiam pada satu tempat. Perubahan yang dimaksud juga terjadi bukan tanpa alasan, ada beberapa faktor yang menjadi pemicu terpisahnya suatu jarak dalam hubungan persahabatan. seperti halnya, dimana seseorang harus dituntut untuk saling menjalani kehidupannya masing-masing selepas lulus SMA, menuntut ilmu di kota orang ataupun merantau lebih jauh karena ingin mengadu nasib.

Sumber gambar : tenor.com

Dalam hal persahabatan sejati, tiap ikatannya akan terus bertahan walaupun berbagai tantangan pastilah ada. Pada dasarnya, suatu jarak bukanlah menjadi penghalang bagi seseorang dalam menjaga, memelihara serta mempertahankan hubungan persahabatan jarak jauh (LDF). Khususnya, dalam hubungan persahabatan yang sudah cukup lama terjalin. Nah, berhubung kita saat ini sedang berbincang mengenai hubungan persahabatan jarak jauh. kali ini, Seputar Catatan Unik & Akademik akan mencoba membahas "5 hal penting yang perlu kamu lakukan dalam menjaga hubungan persahabatan jarak jauh". Berikut Seputarannya.




1. Saling berkomunikasi / interaksi dengan baik walau hanya melalui medsos.


Sumber gambar : pixabay.com


Kesibukan, karier ataupun rutinitas pribadi bukanlah menjadi alasan bahwa seseorang dengan begitu mudahnya melepaskan relasi dalam persahabatan. Begitupun dengan jarak, bukanlah pula menjadi dorongan bahwa seseorang harus membatasi hubungan sosial, silaturahim dengan kekawanan / sahabat terdekat. Manusia berstatuskan sebagai makhluk sosial, yang dalam artian bahwa segala hidupnya selalu dituntut agar bisa saling berinteraksi dan membutuhkan komunikasi dengan satu sama lainnya. Adalah hal yang wajar bila terdapat hasrat atau keinginan kembali untuk bisa berjumpa dengan para sahabat yang sudah lama jarang ketemu. Oleh sebab itu, bila terdapat kesempatan maka sisihkanlah sedikit waktu Anda agar bisa saling berinteraksi dengan para sahabat. Setidaknya, sampaikanlah sedikit salam atau minimal menanyakan kabar berupa kesehatan diri kepada sahabat-sahabat karib Anda nan jauh disana. Dewasa ini, Segala sesuatunya telah dimudahkan baik dengan tersedianya alat komunikasi berupa smartphone maupun teknologi semacamnya yang bisa menyampaikan informasi penting kepada sesama. Manfaatkanlah gadget / media sosial yang Anda miliki sebagai perantara untuk saling melepaskan rasa kerinduan tersebut. Karena pada dasarnya, serangan batin yang paling dahsyat dan tiada mampu terbendungkan oleh perasaan seorang insan ialah rasa kangen yang luar biasa akibat terpisahnya hubungan jarak dalam ikatan persahabatan. Tiada jaminan pula bahwa hari esok Anda masih bisa berinteraksi / berkomunikasi dengan para sahabat sejati Anda seperti biasa. Kalau Anda bisa melakukannya sekarang, mengapa harus menunggu besok ?.






2. Saling mendoakan satu sama lain.


Sumber gambar : pixabay.com


Bagi Anda yang saat ini sedang berdomisili atau memukim di kota orang, bukanlah semata-mata tanpa tujuan. Ada banyak sekali alasan yang Anda pilih sebelum berangkat / pergi merantau seperti bertujuan untuk menuntut ilmu, bekerja di luar kota maupun sudah berumah tangga dengan pasangan yang berbeda wilayah. Hal semacam ini dilakukan dengan maksud dan tujuan yang sama, yakni saling mengadu nasib ataupun mengharapkan segala kesuksesan di masa yang akan datang melalui langkah merantau. Tujuan dalam merantau inilah yang terkadang menjadi udzur bagi setiap orang untuk bisa saling berjumpa dengan para sahabatnya yang berbeda wilayah. Bila dahulu, suatu jarak tempat tinggal bukanlah menjadi problem untuk saling merencanakan ngumpul bareng (hangout) dengan para sahabat dikarenakan alasan hanya satu komplek atau wilayah. Namun semuanya telah berbeda dengan sekarang, segalanya telah berubah dan lambat laun telah dibawa oleh arus masa. Wilayah memukim yang berbeda jarak, kini telah menjadi topik perbincangan bilamana dua orang insan sudah jarang ketemu lagi seperti biasanya. Sehingga, salah satu langkah mulia untuk terus menjaga hubungan jarak jauh dalam ikatan persahabatan ialah dengan upaya saling mendoakan satu sama lainnya agar Tuhan bisa menjaga ia dan begitupula sebaliknya.



3.Sempatkan diri untuk saling bertemu.


Sumber gambar : pixabay.com


Masa-masa yang paling dinantikan oleh seorang pelajar ataupun mahasiswa secara umum ialah masa cuti di akhir semester. Tak tanggung-tanggung. terkadang, masa cuti yang diberikan bisa saja berjangka waktu cukup lama, yakni sekitar 2 bulan atau lebih. Pada dasarnya, terdapat peluang waktu yang bisa Anda miliki sebagai seorang pelajar maupun Mahasiswa secara umum yang dimana sedang bermukim jauh di tanah perantauan, yakni berupa hari libur antar semester ataupun masa-masa cuti di hari raya keagamaan. Sebagai bentuk persahabatan, maka yang perlu Anda lakukan ialah saling membagi waktu tersebut untuk bisa menyempatkan diri dalam berkunjung ataupun menemui Sahabat-sahabat karib Anda yang sudah lama tidak saling bertatap muka (face to face). Gunakan waktu Anda dengan sesekali membuat wacana baik berupa hangout bareng, ditemani secangkir coklat hangat ataupun menyantap cemilan manis sebagai kawanan santapnya. Sehingga, setiap moment yang diciptakan tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa segala sesuatunya akan berbuah rasa manis (kehangatan). Dikarenakan hal tersebut mampu melepaskan rasa kerinduan yang sudah cukup lama ingin terbayarkan. Dengan cara demikian, Insyaalah hubungan persahabatan yang telah lama terjalin akan terus bertahan dengan baik dan lancar serta selalu diselimuti oleh nuansa keharmonisan.




4. Saling memberi kejutan


Sumber gambar : pixabay.com


Satu hal terpenting yang perlu Anda ingat, "jangan sekali-sekali melupakan favorit ataupun kegemaran dari sahabat Anda". Memang betul, saat ini suatu jarak sudah menjadi permasalahan utama dengan terbatasnya seseorang agar bisa menjumpai para sahabatnya secara umum. Namun, masih banyak peluang waktu yang bisa Anda gunakan agar saling menyenangkan hati para sahabat Anda. Seandainya, bila suatu saat Anda telah dipertemukan kembali dengan para sahabat Anda oleh Tuhan. maka, hadiah khusus yang bisa Anda berikan kepada sahabat-sahabat Anda ialah berupa kejutan terbaik. Melalui cara ini, maka hubungan suatu persahabatan akan terlihat lebih interaktif dan tidak terlalu kaku. Semisal, bila Anda sudah mengetahui bahwa salah satu sahabat Anda sangat menyukai film-film horror. maka, Ada baiknya Anda mengajaknya sesekali nobar di bioskop setempat. Demikian pula, Apabila Anda sudah lama memukim di luar negeri dan akan segera kembali lagi ke Tanah Air. maka, buah tangan dari negeri sana bisa juga Anda siapkan untuk para sahabat Anda yang sudah lama menantikan Anda kembali. Tetapi, hal lain yang perlu diingat bahwa segala sesuatu janganlah terlalu berlebihan. Dalam memberikan kejutan, idealnya tidaklah semata-mata berwujud materi. Kejutan sesederhana mungkin bisa pula Anda berikan dengan cara mengucapkan hari ulang tahun kepada sahabat Anda yang secara kebetulan ia sedang merayakannya baik mengucapkannya melalui media Whatsapp, telepon ataupun ketemu secara langsung bila memang waktunya sudah memungkinkan.



5. Liburan bareng.


Sumber gambar : pixabay.com



Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah membuat rencana ataupun menciptakan sesuatu yang lebih ekslusif dalam hubungan persahabatan, yakni berupa liburan bersama. Ya, tentunya dengan segala rencana dan persiapan yang sudah cukup matang. Bagi Anda sendiri, janganlah terlalu berat hati dalam mengeluarkan/merogoh sejumlah dana sebagai biaya untuk berliburan ke suatu tempat, karena hal semacam ini hanya bisa Anda rasakan sesekali saja dalam sebulan ataupun setahun. Itupun, bila Anda masih diberikan masa cuti yang cukup panjang. Oleh sebab itu, ciptakanlah sesuatu yang istimewa bersama para sahabat Anda dengan sesekali berlibur ke suatu tempat seperti ke pantai, fokus ke tempat-tempat eksotis, ataupun berencana mendaki suatu gunung alam nan indah. Dengan demikian, segala harapan agar bisa berkumpul kembali selama ini. Akhirnya, dapat pula Anda wujudkan bersama kawan-kawan sejati Anda. Sekian.




Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r


Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} ๐Ÿ‘‡ :
Atau juga :

2 comments:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. Detail saya
    Nama: Hariyanti Malta
    Email: hariyantimalta@gmail.com






    Keluarga saya dan saya akan selalu berterima kasih kepada Credit Financial Group yang telah meminjamkan kami untuk memulai bisnis kami sendiri dan melunasi hutang keluarga kami, Keluarga saya telah menderita hutang jangka panjang selama bertahun-tahun yang kami cari yang akan membantu kami dengan pinjaman untuk melunasi hutang dan memulai bisnis tetapi tidak dapat menemukan apa-apa sebagai gantinya kami menderita lebih banyak kerugian dari beberapa pemberi pinjaman uang palsu, sebelumnya saya menemukan Credit Financial Group dan hari-hari saya dari kekhawatiran dan hutang berakhir, saya meminta pinjaman untuk 600 juta kemudian saya diminta untuk mengisi dalam beberapa dokumen dan pinjaman saya disetujui, dan dalam dua hari saya menerima berita dari bank bahwa saya telah menerima kredit sebesar 600 juta. keluarga saya dan saya telah hidup dalam kebebasan finansial sejak itu, semua berkat Credit Financial Group atas ketulusan dan kesetiaan mereka untuk membantu mereka dengan masalah keuangan di seluruh dunia. Semoga Tuhan terus menguatkan Anda. jika Anda menghadapi masalah keuangan atau Anda memiliki banyak hutang untuk dibayar, saya meminta Anda untuk menghubungi Credit Financial Group secara terperinci di bawah ini dan Anda akan sangat bahagia.

    Perusahaan: CREDIT FINANCIAL GROUP
    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    BBM INVITES: {DDA46523}

    ReplyDelete

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. ๐Ÿค—

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer