Saturday, April 20, 2019

3 Alasan Mengapa Si Induk Kucing Selalu Memindahkan Keberadaan Bayinya .

Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung


 3 Alasan Mengapa Si Induk Kucing Selalu Memindahkan Keberadaan Bayinya.

Sumber : pixabay.com

Oleh Nirwan

Seputar Unik & Pengetahuan Umum

Bagi Anda Seorang Pencinta Empus 😺, mungkin sudah terbiasa dalam mengamati gerak-gerik maupun tingkah laku lucu yang selalu dilakukan oleh hewan mamalia berbulu lembut ini. Entah itu kebiasaan mereka memanjat lemari, berburu hama berupa tikus-tikus liar atau bahkan melakukan tindakan jahil seperti melenyapkan ikan asin secara sekaligus diatas meja makan. Ya, kucing sendiri tentunya sudah dianggap sebagai salah satu hewan rumahan dan bahkan ada beberapa orang yang menganggapnya sebagai bagian dari anggota keluarga karena sudah lama memeliharanya. keberadaannya pun hampir didapati di setiap Rumah penduduk terutama jika hewan tersebut sudah lama memiliki tuan rumah maupun majikan secara sebelumnya. Hewan lucu nan imut ini juga sering disebut-sebut sebagai hewan peliharaan utama yang sangat dicintai oleh Baginda Rasulullah SAW serta diriwayatkan pula bahwa Baginda Rasulullah SAW sendiri pernah mempunyai hewan peliharaan berupa kucing yang bernama Muezza dan beliau amat menyayanginya dari semasa hidup beliau. Dalam Islam, kucing sendiri tidak pernah digolongkan sebagai hewan yang najis. Begitupun dari hasil Penelitian Laboratorium yang sangat mendukung bahwa fisik maupun kandungan air liur di dalam tubuh seekor kucing ternyata tidak pernah mengandung bakteri maupun kuman. Namun sebaliknya, permukaan lidah dari seekor kucing yang nampak sedikit kasar serta memiliki semacam duri-duri kecil tersebut ternyata dapat membasmi beberapa kuman dari bagian anggota tubuhnya serta mampu membersihkan bulu-bulu rontoknya pada saat ia sedang membersihkan badannya dengan cara menjilat tubuh.

Nah, kali ini Seputar Unik dan Pengetahuan umum sedikit berbagi info menarik mengenai keunikan seekor kucing yang pada umumnya dianggap sebagai hewan rumahan. Lantas, apa yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini ??. Cobalah kita perhatikan kembali dari cantuman headline diatas. Ya, Berikut " 3 Alasan mengapa Si Induk Kucing selalu memindahkan keberadaan bayinya . "



Sumber : pixabay.com


Seekor kucing betina pada umumnya sudah terbiasa dalam melahirkan beberapa ekor bayi kucing yang melebihi satu ekor. Disamping mereka sedang sibuk dalam mengurusi bayinya yang terlampau banyak, Induk kucing ini juga terkadang merasa terancam oleh berbagai faktor maupun pengaruh-pengaruh kecil yang berada di sekitarnya. Sehingga, beberapa induk kucing sering didapati selalu memindahkan keberadaan bayinya dengan cara menggigit lembut di bagian leher Sang bayi yang masih mungil tersebut agar bisa digendong dan diletakkan kembali di lain tempat. Terus, apa sajakah 3 faktor yang selalu menyebabkan Si Induk kucing terlalu sibuk memindahkan keberadaan bayinya. Berikut Seputarannya ..


1. Merasa tidak aman.


Sumber : pixabay.com

Layaknya manusia secara umum. Sejatinya, Seekor Kucing pun masih memiliki rasa care pula seperti seorang ibu kepada para anaknya. Pada saat Sang Induk ini telah merasa bahwa keberadaan Anaknya mulai diawasi oleh beberapa kucing lain, terutama hal tersebut dilakukan oleh si kucing jantan. Maka, Si Induk kucing akan berupaya agar bisa selalu memindahkan posisi bayi-bayi mungil ini dari satu tempat ke tempat yang lainnya (dianggap lebih aman dan tertutup) seperti dibalik pintu rumah, dibawah kolong tempat tidur atau mungkin di dalam suatu lemari yang dimana kondisi pintunya sedang terbuka secara lebar. Hal semacam ini semata-mata mereka lakukan agar kondisi para bayinya bisa lebih terasa aman dan bahkan tidak mampu tercium oleh tajamnya indra penciuman beberapa kucing jantan diluaran sana. Karena pada dasarnya, terdapat beberapa tipe kucing jantan yang cenderung suka menyantap habis bayi -bayi kucing yang masih mungil tersebut jika mereka sedang mengetahui keberadaannya secara umum.


2. Tubuh bayinya sering di pegang-pegang oleh tangan manusia.


Sumber : pixabay.com

Seperti kondisi sebelumnya, Sang Induk kucing juga mampu terlihat agak sensitif atau bahkan lebih agresif khususnya dimana mereka baru saja usai melahirkan anaknya. Mereka akan merasa lebih terancam apabila terdapat kebiasaan tangan manusia yang sering menyentuh, memegang atau mungkin hanya mengelus-ngelus tubuh anaknya yang masih mungil tersebut. Bahkan, tak jarang pula beberapa orang pernah mengakui bahwa tangan mereka telah dicakar habis-habisan oleh Sang Induk kucing karena dengan sengaja mengganggu serta memegang tubuh bayi-bayi kucingnya yang sedang terlelap dan sedang dalam keadaan menyusu dengan Si Induk. Kondisi semacam inilah yang selalu membuat beberapa induk kucing merasa geram sekaligus berupaya memindahkan keberadaan anaknya kembali agar bisa terjauh dari sepengetahuan manusia maupun dari pemiliknya sekalipun.


3. Mencari tempat yang lebih baru dan nyaman.


Sumber : pixabay.com


Semacam Peribahasa " Habis manis sepah dibuang ". Induk kucing juga dasarnya memiliki naluri keibuan, mereka terbiasa mencari tempat - tempat baru yang lebih empuk berupa permukaan lembut seperti kasur bekas untuk para bayinya. Selain dijadikan sebagai tempat yang lebih aman lagi nyaman, bayi-bayi kucing juga membutuhkan suhu yang agak hangat dari kondisi tempat tersebut. Maka jangan heran, jika Anda sering mengamati beberapa ekor bayi kucing yang saling tindih-menindih tubuh mereka satu sama lain agar bisa saling berbagi rasa kehangatan bersama saat ditinggalkan sementara oleh Sang Induk. Sehingga, kondisi dari suatu tempat juga mampu menjadi pengaruh atau salah satu faktor yang menyebabkan Si Induk kucing selalu memindahkan keberadaan bayinya di suatu tempat. Sedangkan yang lebih banyak diperhatikan oleh Si Induk kucing yaitu apabila mereka sudah mendapati beberapa kotoran bayinya sendiri di tempatnya yang telah lama. maka , Sang Induk kucing ini pun tak tanggung-tanggung lagi untuk segera memindahkan keberadaan bayinya dari satu tempat ke tempat lainnya yang dianggap lebih baru dan lebih bersih.


Pembelajaran berharga yang bisa kita petik dari gambaran Seputar Unik mengenai Induk kucing diatas ialah Segala Kasih Sayang Seorang Ibu kepada para anaknya memanglah tiada batasnya, mereka akan selalu berupaya, protektif dan bahkan siap siaga terhadap banyaknya ancaman maupun tantangan yang selalu menghadang keselamatan Anak-anaknya. Kita dapat belajar kembali dari beberapa gambaran Sang Induk kucing, walaupun mereka termasuk hewan rumahan yang hanya diberikan insting tanpa akal oleh Tuhan, namun Kasih sayang mereka jauh lebih luas atau bahkan tiada mampu diukur dengan kata-kata oleh sebagian manusia. Mereka mungkin hanyalah dikenal sebagai hewan peliharaan rumahan ataupun hanya hidup di jalanan, namun mereka masih mempunyai hati nurani agar bisa melindungi segenap jiwa dan raga para anaknya walaupun nyawa mereka sendiri sebagai taruhannya. Bahkan, mereka sendiri mungkin tiada pernah berkeinginan agar mau menelantarkan dan membuang anak-anaknya dengan tega di sekitaran jalanan yang tidak layak !!

Sekian..

Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r


Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :
Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer