Sunday, May 26, 2019

Muslim Wajib Tahu !, Berikut 7 Kaum Yang Pernah Dibinasakan oleh Allah SWT Menurut Al-Qur'an


🕌 Selamat Menunaikan 🌟 Ibadah Puasa 🌟 Ramadhan 1440 H / 2019 M 🕌


Muslim Wajib Tahu !,  Berikut 7 Kaum Yang Pernah Dibinasakan oleh Allah SWT Menurut Al-Qur'an


Oleh Nirwan


Sumber gambar : www.google.com

Assalamualaikum wr.wb


SEPUTAR ISLAMI
BAHAS UNIK SEPUTAR ISLAM



Sobat, pernahkah Anda mendengar atau menyaksikan secara langsung berbagai macam situs sejarah maupun peninggalan-peninggalan peradaban yang ada di dunia ?. Dari segala macam situs peradaban tersebut, ternyata dibaliknya pernah menyimpan riwayat kelam yang dialami oleh umat-umat terdahulu. Mereka pernah diazab dan bahkan dibinasakan oleh Allah SWT di atas muka bumi, akibat kemungkaran, kesesatan serta kekafiran mereka masing-masing dengan menentang segala ajaran Allah dan Rasul yang diutus kepada mereka. Ada banyak sekali jejak-jejak kehancuran tersebut yang dimana sebagian besarnya telah bisa disaksikan secara jelas dan diteliti secara langsung oleh para Peneliti Sejarah maupun Arkeolog. Sisa-sisa kehancuran tersebut, tiada lain sebagai pembelajaran yang dapat diambil hikmahnya bagi para kaum yang masih hidup sekarang ini. Kisah dari kaum yang telah dihancurkan tersebut, juga banyak diceritakan di dalam Al-Qur'an. Terutama di dalam kisah para Nabi dan Rasul. Sebut saja salah satunya dengan kisah dari Kota Sodom, 
Sumber gambar : www.google.com


yang dimana di dalamnya pernah dibinasakan oleh Allah SWT. Kota tersebut merupakan tempat yang pernah didiami oleh kaum Nabi Luth AS. Kaum tersebut disebut sebagai Kaum Sodom, yakni kaum yang mengingkari keesaan Allah dan menentang segala ajaran yang disampaikan oleh Nabi Luth AS kepada mereka. Mirisnya lagi, bahkan Kaum Sodom selalu menghabiskan waktu mereka dengan perbuatan keji dan melakukan perbuatan seks menyimpang "sesama jenis" atau sekarang ini semacam LGBT. Namun, pada akhirnya segala macam kemaksiatan dan kerusakan moral yang dilakukan oleh Kaum Sodom telah dimusnahkan pula oleh Allah dengan dikirimkannya Adzab besar berupa hujan batu yang amat dahsyat serta membinasakan kota tersebut beserta segala penghuninya. Nabi Luth AS beserta keluarganya akhirnya dapat diselamatkan oleh Allah dari Adzab yang amat dahsyat tersebut, kecuali istri Nabi Luth yang ikut menjadi korban karena berkhianat dan tidak beriman kepada Allah SWT.




Nah, kali ini Seputar Islami akan berbagi sedikit informasi mengenai 7 kaum yang pernah dibinasakan oleh Allah SWT menurut Al-Qur'an. Lantas, Siapa sajakah 7 kaum yang pernah dibinasakan oleh Allah SWT tersebut. Berikut seputarannya.





1.Kaum Nabi Nuh AS



Sumber gambar : bincangsyariah.com


Diceritakan bahwa Nabi Nuh AS telah berdakwah selama 950 tahun. Namun, hanya sedikit saja kaumnya yang beriman yaitu sekitar 80 orang. Bahkan, kebanyakan dari mereka mendustakan serta memperolok Nabi Nuh. Kemungkaran dan kedzaliman kaum Nabi Nuh malah semakin menjadi-jadi yang menyebabkan datangnya murka atau Adzabnya Allah SWT. Lalu, Allah memerintahkan Nabi Nuh beserta pengikutnya untuk membuat bahtera yang cukup besar. Mereka pun tidak mengetahui, apa maksud dari dibuatnya bahtera raksasa tersebut. Sedangkan kaum Nabi Nuh yang ingkar, hanya memperolok dan menganggap bahwa tindakan Nabi Nuh merupakan sesuatu yang bodoh. Akhirnya pada waktu yang telah ditentukan, Allah SWT mendatangkan banjir yang amat besar dan menenggelamkan para kaum yang ingkar tersebut termasuk pula di dalamnya anak dan istri Nabi Nuh yang juga ikut mengingkari. Sementara Nabi Nuh dan pengikutnya disertai hewan-hewan yang berpasangan dapat menyelamatkan diri dengan menaiki bahtera tersebut. Diceritakan pula bahwa setelah sehari yang mengerikan itu, Nabi Nuh beserta pengikutnya mengarungi lautan selama 150 hari. Hingga bahtera tersebut berlabuh di bukit yang bernama Al-Judi.

Sumber gambar : www.infoyunik.com

Allah SWT berfirman :

"Dan sesungguhnya kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, maka ia tinggal di antara mereka seribu tahun kurang lima puluh tahun. Maka mereka ditimpa banjir besar, dan mereka adalah orang-orang yang zalim." (QS. Al-Ankabut: 14)





2.Kaum Nabi Hud AS
 

Sumber gambar : hermadut.blogspot.com
Kaum 'Ad dikenal sebagai bangsa yang cerdas serta memiliki teknologi yang baik dalam membangun bangunan / gedung bertingkat. Sayangnya, kehandalan dan kecerdasan mereka malah membuat mereka menjadi sombong, berlaku bengis, Dzalim dan mendustakan kenabian Hud yang diutus kepada mereka. Nabi Hud AS menyeru kepada Kaum 'Ad agar mereka segera meninggalkan kemaksiatan dan mengesakan Allah SWT. Namun, bukannya disambut dengan baik. Kedatangan Nabi Hud hanya dicemooh, diejek dan dipenuhi oleh segala keingkaran dari Kaum 'Ad. Akibatnya, Allah melaknat Kaum 'Ad dengan cara mendatangkan bencana berupa angin yang dahsyat disertai gemuruh yang menggelegar dan menimbun tubuh mereka dengan pasir hingga binasa.


Sumber gambar : www.google.com

Allah SWT berfirman :

"Adapun kaum 'Ad, maka mereka telah dibinasakan dengan angin yang sangat dingin lagi amat kencang, Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam dan delapan hari terus-menerus; maka kamu lihat kaum 'Ad pada waktu itu mati bergelimpangan seakan-akan mereka tunggul-tunggul pohon kurma yang telah kosong (lapuk). Maka kamu tidak melihat seorang pun yang tinggal di antara mereka". (QS. Al Haaqqah: 6-8)



3. Kaum Nabi Shaleh AS


Sumber gambar : pondokislami.com

Nabi Shaleh AS merupakan Nabi yang diutus oleh Allah SWT kepada kaum Tsamud. Adapun Nabi Shaleh sendiri masih memiliki hubungan saudara dengan Tsamud, karena nasab beliau sama-sama bermuara pada keturunan Sam bin Nuh. Dalam perjalanan hidupnya Nabi Shaleh menyeru kepada Kaum Tsamud agar mereka mengesakan Allah SWT dan meninggalkan segala yang dilarang oleh-Nya. Namun, bukannya menerima kebenaran dari apa yang disampaikan tersebut. Nabi Shaleh justru mendapat cemooh serta mendapat tantangan dari kaumnya. Kaum Tsamud sendiri dikenal dengan kecerdasannya dalam mengubah tebing-tebing dan batu-batu menjadi istana yang megah dan indah. Kecerdasan dan kemampuan mereka justru membuat mereka kembali angkuh dan ingkar kepada perintah Allah SWT. Suatu hari Nabi Shaleh AS menunjukkan Mukzijat kepada Kaum Tsamud berupa Seekor Unta betina yang keluar dari celah batu. Hal tersebut bukannya membuat Kaum Tsamud semakin beriman kepada Allah SWT, melainkan justru membunuh Unta betina tersebut. Akhirnya, Allah menurunkan adzab kepada Kaum Tsamud sewaktu malam. pada saat mereka berencana membunuh Nabi Shaleh dengan mendatangi rumahnya di malam hari, Nabi Shaleh beserta pengikutnya sebelumnya sudah meninggalkan tempat tersebut dengan melakukan perjalanan menuju Ramalah, sebuah tempat di Palestina. Batu-batu besar tiba-tiba muncul dari langit dan seketika itu pula menjatuhi kepala Kaum Tsamud di Hijr, hingga mereka tewas seketika bergelimpangan di tanah.


Sumber gambar : tasbihfatimahh.blogspot.com
Allah SWT berfirman :

"Kemudian mereka sembelih unta betina itu, dan mereka berlaku angkuh terhadap perintah Tuhan. Dan mereka berkata: "Hai Saleh, datangkanlah apa yang kamu ancamkan itu kepada kami, jika (betul) kamu termasuk orang-orang yang diutus (Allah)". (QS. Al A'raf: 77)




4. Kaum Nabi Luth AS



Sumber gambar : pixabay.com

Kaum Sodom, dikenal dengan perbuatan keji maupun perbuatan menyimpangnya. yakni, berupa hubungan seksual sesama jenis (homoseksual dan lesbian). Mereka hanya mau menikah dengan sesama jenis dan menolak untuk menikah terhadap lawan jenisnya. Nabi Luth AS diperintahkan oleh Allah SWT untuk membimbing dan menyampaikan kebenaran terhadap Kaum Sodom tersebut. Namun, bukannya bertobat dan menerima kebenaran dari apa yang disampaikan oleh Nabi Luth AS. Mereka malah menolak mentah - mentah serta menentang peringatan dari Allah yang akan didatangkan kepada mereka. Akibatnya, Allah melaknat kaum Nabi Luth dengan mendatangkan adzab berupa bencana dahsyat seperti gempa bumi disertai angin kencang dan hujan batu yang menyebabkan hancurnya bangunan / rumah-rumah mereka. Sehingga, kaum Nabi Luth tersebut tertimbun oleh reruntuhan rumah mereka sendiri dan jasadnya ditemukan membatu.


 Sumber gambar : www.google.com



Allah SWT berfirman :

"Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan Kaum Lut itu yang atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan (batu belerang) tanah yang terbakar secara bertubi-tubi". (QS. Hud: 82)




5. Kaum Nabi Syuaib AS



Sumber gambar : www.ceritaislami.net

Nabi Syuaib AS ialah Nabi yang diutus kepada Kaum Madyan. Kaum Madyan sendiri dikenal dengan kelihaiannya dalam mengurangi takaran atau timbangan terhadap praktek jual-beli dan bisa dikatakan telah merampas hak-hak orang lain. Tentu saja hal ini dilarang oleh Agama, dikarenakan hal tersebut merupakan salah satu bentuk penipuan, kecurangan atau penyalahgunaan praktek Muamalah yang tentunya dapat merugikan hak orang lain. Misi Nabi Syuaib sendiri ialah memberikan dakwah kepada kaumnya agar mereka kembali terhadap ajaran yang benar, menegakkan keadilan dalam berdagang serta meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang telah dilakukan oleh mereka sebelumnya. Namun, Kaum Madyan justru membantah dan bahkan mengejek ajakan dakwah yang disampaikan oleh Nabi Syuaib kepada mereka. Kaum tersebut melainkan berpendapat bahwa Nabi Syuaib seakan-seakan memerintahkan kepada mereka agar mereka segera meninggalkan apa yang disembah oleh bapak-bapak mereka terdahulu serta melarang mereka untuk melakukan kebebasan terhadap harta-harta yang mereka miliki. pada akhirnya, Allah mendatangkan Adzab kepada Kaum Nabi Syuaib berupa hawa panas yang terangat sangat. Kaum Madyan bahkan berusaha mencari tempat berlindung dan berteduh dari hawa yang terangat panas tersebut, tetapi hal tersebut tiada mampu menahan rasa panas yang amat dahsyat sehingga mereka mati kepanasan.


Sumber gambar : www.google.com

Allah SWT berfirman :

"Dan janganlah kamu kurangi takaran dan timbangan, sesungguhnya aku melihat kamu dalam keadaan yang baik (mampu) dan sesungguhnya aku khawatir terhadapmu akan adzab hari yang membinasakan (kiamat)". (QS. Hud: 84)





6. Fir'aun


Sumber gambar : www.google.com

Fir'aun, merupakan salah seorang raja dari negeri Mesir yang pernah dibinasakan oleh Allah di dalam Laut Merah beserta dengan bala tentaranya. Selama hidupnya, Fir'aun mengaku bahwa dirinya sebagai Tuhan dan menentang segala ajaran yang disampaikan oleh Nabi Musa AS terhadap dirinya. Kaum Bani Israil selalu ditindas oleh Fir'aun serta kedzalimannya pun semakin hari kian menjadi. Suatu ketika, Fir'aun dan pengikutnya mengejar Nabi Musa AS beserta Kaum Bani Israil yang hendak menyelamatkan diri dari kejaran Fir'aun dengan menyeberangi Laut Merah yang terbelah menjadi dua atas Mukzijat dari Nabi Musa AS melalui tongkat yang ia miliki. Dan pada saat itulah, Allah menutup kembali Laut Merah yang telah terbelah menjadi dua tersebut dan menenggelamkan Fir'aun beserta pengikut-pengikutnya yang masih berada di dalamnya hingga mereka tewas tenggelam. Sedangkan Nabi Musa AS dan Kaum Bani Israil sendiri telah berhasil menyelamatkan diri mereka dari tertutupnya kembali Laut Merah tersebut.


Sumber gambar : www.laduni.id

Allah SWT berfirman :

"Lalu kami wahyukan kepada Musa, "Pukullah laut itu dengan tongkatmu". Maka terbelahlah lautan itu, dan setiap belahan seperti gunung yang besar". (QS. Asy-Syu'ara': 63).





7. Ashab  Al-Ukhdudd 

Sumber gambar : qitori.wordpress.com
Ashab Al-Ukhdudd merupakan Kaum yang pernah membakar orang-orang dalam keadaan hidup-hidup. Merupakan kisah yang terkenal dan pernah terjadi pula di dalam sejarah serta diabadikan di dalam Al-Qur'an Surah Al-Buruj. Kaum ini juga dikenal menggali parit dan menolak beriman kepada Allah SWT termasuk pula raja mereka di dalamnya. Dalam riwayat, Sekelompok orang beriman diceburkan ke dalam sebuah parit yang telah dibakar. Tak terkecuali korbannya pun seorang wanita yang tengah menggendong seorang bayi. Allah pun mengutuk perbuatan mereka. (lihat QS. Al-Buruj ayat 1-10)



Itulah beberapa kumpulan mengenai 7 Kaum yang pernah dibinasakan oleh Allah SWT menurut Al-Qur'an. dikarenakan kemungkaran, kekafiran serta kedzaliman mereka masing-masing. Sungguh, bahwa adzab Allah itu amatlah nyata dan pedih. Semoga peristiwa-peristiwa yang telah diceritakan diatas, dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah dan dapat pula diambil hikmahnya sebagai perjalanan hidup kita sehari-hari.


Wassalamualaikum wr.wb.
Sumber : www.gambaranimasi.org




jadwal-sholat



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r

Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :
Atau juga :

1 comment:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer