Tuesday, January 7, 2020

Mengenal Sosok Rokurokubi: Hantu Jepang Berleher Panjang

๐Ÿ”ฅSelamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung๐Ÿ”ฅ


Mengenal Sosok Rokurokubi: Hantu Jepang Berleher Panjang. 


Sumber gambar : https://m.viva.co.id/amp/blog/lainnya/598085-misteri-rokurokubi-hantu-leher-panjang-dari-jepang 


Oleh Nirwan


Pernahkah Anda mendengar cerita tentang hantu wanita berleher panjang dari Negeri Sakura, Jepang ?. Ya, mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar atau mengetahui secara langsung terkait kisah Urban Legend Jepang berupa "hantu wanita berleher panjang dan menyeramkan" ini sebelumnya. Makhluk ini dikenal oleh sebagian besar masyarakat Jepang dengan sebutan Rokurokubi.. 
Jepang merupakan salah satu negara yang masih kental dengan tradisi dan budayanya. Maka jangan heran, jika masyarakat disana masih kuat dalam menjalankan tradisi-tradisi unik terdahulu yang masih bertahan hingga sekarang. Selain itu, cerita mistis pun juga banyak berkembang dan selalu diceritakan secara turun-temurun oleh orang-orang di negeri sana. Baik dari keberadaan makhluk mitologinya hingga sampai pada makhluk Urban Legend yang masih dipercaya melegenda hingga saat ini. Berbagai sosok hantu menyeramkan yang terkenal seperti "Kushisake Onna, Hanako-San, Sadako, Teke-teke dan makhluk-makhluk menyeramkan lainnya" juga telah mendunia dan tentunya kebanyakan berasal dari cerita rakyat Jepang. Bahkan, cerita-cerita tersebut juga sering diangkat ke dalam anime seram, ditayangkan ke dalam beberapa film layar lebar maupun dibukukan ke dalam cerita-cerita komik horor yang sudah banyak beredar di pasaran. 

Sumber gambar : https://spiraphobia.tumblr.com/post/12422282600/rokurokubi-look-like-normal-human-beings-by-day

Rokurokubi sendiri disebut sebagai youkai lain dari Jepang. Makhluk-makhluk ini pada umumnya terlihat seperti manusia biasa yang berperilaku normal terutama dalam kehidupannya sehari-hari. Namun pada malam hari, bagian lehernya seketika akan memanjang serta terlihat menggeliat dan melayang-layang layaknya ular di sepanjang malam


Kebanyakan sosok Rokurokubi berwujud wanita, dan mereka selalu berusaha menakuti-nakuti manusia. Rokurokubi ini juga dikenal suka menjilati minyak-minyak yang biasa digunakan untuk menyalakan lentera dalam setiap ruangan di Jepang. 

Sebenarnya sosok Rokurokubi ini senang menjalani kehidupan mereka dengan berpura-pura menjadi manusia biasa. Meskipun pada dasarnya mereka hidup seperti manusia biasa yang berperilaku normal, namun setiap malam mereka berusaha melawan keinginan diri untuk meregangkan leher mereka dan bepergian menakuti manusia. Sosok Rokurokubi tentunya sudah menjadi momok menakutkan dan menjadi cerita paling menyeramkan yang sering dituturkan secara turun temurun oleh masyarakat Jepang sejak zaman Edo.

Baca Juga : Mengenal Sosok Kuyang dari tanah Kalimantan

Selain itu, ada juga bentuk lain dari Rokurokubi yang lebih menyeramkan. Versi ini menyebutkan bahwa sosok ini suka meminum darah dan menjalani kehidupannya hanya untuk memangsa manusia normal. Makhluk ini sebenarnya berbeda dari rekan-rekan mereka yang tidak terlalu meneror korbannya. 

Sumber gambar : https://www.tumblr.com/tagged/nukekubi

Selebihnya, sosok ini dikatakan mampu melepaskan kepalanya dari bagian lehernya dan berupaya mengincar para korbannya (Jika diilustrasikan, kok makhluk ini hampir mirip ya dengan sosok kuyang dari Kalimantan??). Alih-alih berleher panjang, kepala yang terbang dan tanpa tubuh ini merupakan karakteristik yang menentukan untuk versi ini. Rokurokubi ini berusaha menyembunyikan tubuh mereka di malam hari, dan sosok tersebut dapat dibunuh jikalau tubuh mereka bisa ditemukan saat kepalanya sedang terlepas (berkeliaran). Sosok dalam versi ini sering dikenal dengan sebutan Nukekubi oleh masyarakat Jepang.


Itulah sedikit gambaran tentang sosok hantu Rokurokubi yang cukup melegendaris di negara Jepang. Masih banyak lagi cerita makhluk-makhluk misterius sekaligus menyeramkan yang ada di negara dengan julukan Negeri Sakura tersebut. Sekian..






Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r



                                                                                                  Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} ๐Ÿ‘‡ :


Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. ๐Ÿค—

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer