Tuesday, February 26, 2019

PAREIDOLIA ??

Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung

Pareidolia ??

Oleh Nirwan


SEPUTAR UNIK & PENGETAHUAN UMUM

Pernahkah Sobatku sekalian memperhatikan benda - benda di sekitar maupun fenomena alam menarik lainnya yang nampak seperti bentuk makhluk hidup, wajah manusia ataupun wujud yang bermacam - macam ??.


Sumber : pixabay.com

Padahal yang dilihat tersebut hanyalah berupa bentuk dari suatu benda mati, abiotik, maupun makanan sehari - hari yang sudah biasa kita makan. bahkan, pada benda - benda di sekitar yang sudah tidak absurd lagi jika dilihat secara umum. Awan di langit, pohon - pohon ataupun bebatuan misalnya. Kita ambil saja salah satu contoh kecilnya dari awan. Sekilas, jika kita pernah memperhatikan awan di langit secara langsung. Maka, yang terlihat hanyalah berupa wujud dari gumpalan awan yang terkadang saling berubah-ubah bentuk akibat tiupan angin. Namun, kita terkadang melihatnya menyerupai bentuk-bentuk hewan baik itu gajah, paus, buaya, bahkan ekspresi wajah seseorang atau wujud dari makhluk hidup tertentu.


Contoh lain dari pareidolia : melihat pohon yang bercabang banyak seperti bentuk monster (contohnya dalam tayangan film horror / fantasi).

Hal semacam diatas bukan semata - mata karena imajinasi belaka. Namun, ada sebuah teori ilmiah khusus yang menjadi bagian dari sudut pandang hal tersebut. Sebut saja hal itu dengan PAREIDOLIA.




Apa itu Pareidolia dan mengapa ada hubungannya pada sebuah pandangan terhadap wujud - wujud suatu benda ?.
Anda tak perlu khawatir, disini kita akan menguak teori serta gejala yang dimaksud tersebut.

Sumber : pixabay.com


Pareidolia sendiri, tentunya juga disebut sebagai fenomena psikologis yang hampir dimiliki oleh setiap orang di dunia ini. Bahkan, terkadang sudah dimiliki oleh seseorang sejak ia dilahirkan di muka bumi. Pareidolia merupakan suatu gejala maupun fenomena dari psikologis seseorang yang mampu menangkap atau melihat wujud - wujud makhluk hidup tertentu ataupun ekspresi wajah dari benda - benda di sekitarnya secara kebetulan. Benda mati maupun fenomena alam menarik yang biasanya dilihat terbentuk secara alami, terlihat unik dan terkadang mengandung nilai estetika bagi yang mampu menikmatinya. Maka, tidak mungkin hal tersebut dibuat secara sengaja oleh tangan manusia.

Beberapa tahun yang silam, gejala Pareidolia saya pernah berfungsi. Secara tak sengaja saya melihat permukaan tembok semen dari rumah tetangga Saya yang sudah cukup lama dan ditumbuhi oleh beberapa lumut hijau di sekitarnya, akibat kurangnya paparan sinar matahari disertai seringnya terkena air hujan. Awalnya, tiada yang aneh sesaat saya membuka jendela dari kamar tidur di kala sedang bangun pagi pada jam 10-an seperti biasa. Setelah memperhatikan kembali permukaan tembok tersebut secara seksama, Alhasil saya pun menangkap suatu wujud semacam wajah manusia dari kejauhan yang disusun oleh lumut - lumut hijau pada permukaan tembok tersebut. Saya sempat mendekati secara dekat dan mengabadikan wujud tersebut melalui kamera ponsel. Namun, saya pun menghapusnya kembali karena telah menyadari bahwa wujud semacam wajah manusia yang saya lihat dari permukaan tembok tersebut kemungkinan hanyalah suatu efek atau gejala fenomena pareidolia yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Saya tidak terlalu menganggapnya penting serta menghapusnya kembali dari gadget. Sebab, sudut pandang seseorang bisa saja relatif berbeda terhadap wujud yang telah saya lihat tersebut.

Pareidolia sendiri secara umum banyak bekerja pada memori otak kanak - kanak. Hal ini bukan tanpa alasan. Di usia tersebut segala yang dilihat oleh mereka pada sekitarnya masih mudah diserap dan disimpan baik - baik secara sempurna. Nah, setelah mereka melihat kembali terhadap benda lain di sekitarnya atau fenomena alam berupa awan mengambang di langit. segala proses penyerapan bentuk yang pernah mereka lihat sebelumnya akan dideskripsikan kembali pada benda lain yang hampir mirip dengan bentuk pada memo yang diserap sebelumnya. Misalnya, mereka sebelumnya pernah menyaksikan tayangan tokoh kartun mickey mouse di stasiun televisi. Setelah mereka keluar dari dalam rumah dan menatap gumpalan awan di langit. Terkadang sosok kartun tersebut akan muncul secara tak sengaja di memo otak mereka dan diwujudkan kembali pada bentuk awan yang hampir mirip dengan tokoh kartun yang mereka lihat sebelumnya.

Nah, untuk menguji apakah ada gejala pareidolia pada diri Anda. Anda bisa memperhatikan gambar - gambar unik berikut ini.


1. sekilas, alat ini terlihat seperti memiliki mata dengan mulut yang agak melongo. Bagaimana pandangan Anda ??.

Sumber : pixabay.com

2. Batu mungil ini seakan menggambarkan ekspresi yang sedih serta perasaan tak berdaya. Bagaimana pandangan Anda ??

Sumber : pixabay.com

3. Senyumnya terlalu imut ya .. 😂, Bagaimana pandangan Anda ??


                Sumber : pixabay.com

Itulah beberapa pembahasan mengenai pareidolia, Masih banyak lagi fenomena psikologis menarik lainnya yang terkadang selalu menyimpan misteri di dunia ini. Sekian dan Terima kasih ..

Sumber : www.gambaranimasi.org



Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini: 
http://www.strawpoll.me/17597367/r



Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 : Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer