Wednesday, January 8, 2020

Misteri Jejak Atlantis: Kota Peradaban Makmur Yang Hilang

🌏Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung🌏


Misteri Jejak Atlantis: Kota Peradaban Makmur Yang Hilang



Sumber gambar :https://bangka.tribunnews.com/2018/03/26/selain-atlantis-ini-kisah-5-kota-yang-hilang-ada-yang-kotanya-berlapis-emas?page=all 


Atlantis, sebuah negara pulau mitos yang disebutkan dalam dialog Plato "Timaeus" dan "Critias," telah menjadi objek daya tarik di antara para filsuf dan sejarawan barat selama hampir 2.400 tahun. Plato (c.424-328 SM) menggambarkannya sebagai kerajaan yang kuat dan maju yang tenggelam, dalam satu malam dan satu hari, ke laut sekitar 9.600 SM. Orang-orang Yunani kuno terpecah, apakah cerita Plato akan diambil sebagai sejarah atau tidak. metafora belaka. Sejak abad ke-19 telah ada minat baru dalam menghubungkan Atlantis Plato ke lokasi bersejarah, paling umum pulau Yunani Santorini, yang dihancurkan oleh letusan gunung berapi sekitar 1.600 SM.


Atlantis Plato

Sumber gambar : https://bacakuy.net/timaeus-dan-critias-asal-mula-kisah-atlantis/

Plato (melalui karakter Critias dalam dialognya) menggambarkan Atlantis sebagai pulau yang lebih besar dari Libya dan Asia Kecil disatukan, yang terletak di Atlantik tepat di luar Pilar Hercules — umumnya dianggap sebagai Selat Gibraltar. Kebudayaannya maju dan memiliki konstitusi yang mencurigakan mirip dengan yang digariskan dalam "Republik" Plato. Ia dilindungi oleh dewa Poseidon, yang menjadikan putranya, Atlas, raja dan senama pulau dan lautan yang mengelilinginya. Ketika Atlantis tumbuh kuat, etika mereka menurun. Tentara mereka akhirnya menaklukkan Afrika hingga Mesir dan Eropa sampai Tyrrhenia (Etruscan Italia) sebelum digerakkan kembali oleh aliansi yang dipimpin Athena. Kemudian, dengan hukuman ilahi, pulau itu dilanda gempa bumi dan banjir, dan tenggelam ke laut berlumpur.




Origins of the Atlantis Story

Sumber gambar : https://www.reddit.com/r/Guildwars2/comments/7jmhfz/i_found_this_image_randomly_and_now_i_seriously/

Critias dari Plato mengatakan dia mendengar kisah Atlantis dari kakeknya, yang telah mendengarnya dari negarawan Athena Solon (300 tahun sebelum zaman Plato), yang telah mempelajarinya dari seorang pendeta Mesir, yang mengatakan bahwa itu telah terjadi 9.000 tahun sebelumnya. Terlepas dari apakah Plato memercayai ceritanya sendiri, niatnya untuk menceritakannya tampaknya untuk meningkatkan idenya tentang masyarakat ideal, menggunakan kisah-kisah kemenangan kuno dan malapetaka untuk mengingatkan peristiwa-peristiwa yang lebih baru seperti Perang Troya atau bencana di Athena. invasi ke Sisilia pada tahun 413 SM. Historisitas kisah Plato kontroversial di zaman kuno — pengikutnya, Crantor, diyakini telah mempercayainya, sementara Strabo (menulis beberapa abad kemudian) mencatat lelucon Aristoteles tentang kemampuan Plato untuk menyulap bangsa-bangsa keluar dari udara tipis dan kemudian hancurkan mereka.
Atlantis muncul kembali


Sumber gambar : https://www.amazon.com/New-Atlantis-Utopian-Francis-Bacon/dp/1497468388


Pada abad pertama era Kristen, Aristotelesdiambil kata-katanya dan Atlantis sedikit dibahas. Pada 1627, filsuf dan ilmuwan Inggris Francis Bacon menerbitkan novel utopis berjudul "The New Atlantis," yang menggambarkan, seperti Plato sebelumnya, masyarakat maju secara politik dan ilmiah di pulau samudera yang sebelumnya tidak dikenal. Pada tahun 1882, mantan anggota Kongres AS Ignatious L. Donnelly menerbitkan "Atlantis: The Antediluvian World," yang memicu kegilaan karya-karya yang berusaha menemukan dan belajar dari Atlantis yang bersejarah. Donnelly berhipotesis peradaban maju yang imigrannya telah menghuni banyak Eropa kuno, Afrika dan Amerika, dan yang para pahlawannya telah mengilhami mitologi Yunani, Hindu dan Skandinavia. Teori-teori Donnelley dipopulerkan dan dielaborasi oleh para ahli teologi abad ke-20 dan sering dimasukkan ke dalam kepercayaan New Age kontemporer.

Sumber gambar : https://tekno.tempo.co/amp/320381/atlantis-kota-yang-hilang-ditemukan-di-spanyol

Dari waktu ke waktu, para arkeolog dan sejarawan menemukan bukti — sebuah kota prasejarah yang berawa di pesisir Spanyol; formasi batuan bawah laut yang mencurigakan di Bahama — yang mungkin menjadi sumber cerita Atlantis. Dari jumlah tersebut, situs dengan penerimaan terluas adalah pulau Yunani Santorini (Thera kuno), kaldera setengah tenggelam yang diciptakan oleh letusan gunung berapi milenium kedua SM masif yang tsunami mungkin telah mempercepat keruntuhan peradaban Minoa di Kreta.





Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r



                                                                                                  Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :


Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer