Wednesday, January 8, 2020

Poseidon, Penguasa Lautan Dalam Mitologi Yunani

🌟Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung🌟


Poseidon, Penguasa Lautan Dalam Mitologi Yunani


Sumber gambar : https://www.pinterest.co.uk/pin/292663675782127466/


Poseidon merupakan dewa laut, gempa bumi, dan kuda. Meskipun ia secara resmi diakui sebagai salah satu dewa tertinggi  di Gunung Olympus, tetapi ia juga menghabiskan sebagian besar waktunya di wilayah perairan. Poseidon merupakan saudara dari Zeus dan Hades. Ketiga dewa tersebut membagi ciptaan. Zeus menjadi penguasa langit, Hades menerima kekuasaan di Dunia Bawah dan Poseidon berkuasa di air, baik perairan yang segar maupun asin.

Meskipun ada berbagai sungai yang dipersonifikasikan sebagai dewa, ini secara teknis berada di bawah kekuasaan Poseidon. Demikian pula, Nereus, Pak Tua Lautan, tidak sesungguhnya dianggap setara dengan Poseidon, yang dikenal mengendarai keretanya melalui ombak dalam dominasi yang tidak dipertanyakan. Poseidon menikahi putri Nereus, Amphitrite laut-peri.


Baca Juga : Sembilan Muses dari Mitologi Yunani


Nama orang Romawi untuk Poseidon adalah Neptunus.

Dalam membagi surga, dunia berair dan tanah orang mati di bawah tanah, Olympians setuju bahwa bumi itu sendiri akan diperintah bersama, dengan Zeus sebagai raja. Hal ini menyebabkan sejumlah perselisihan wilayah antara para dewa. Poseidon bersaing dengan Athena untuk menjadi dewa pelindung Athena. Dewa itu menunjukkan kekuatan dan kebajikannya dengan memukul Acropolis dengan tombaknya yang bercabang tiga, yang menyebabkan muncul mata air asin. Namun, Athena menanam pohon zaitun, yang dipandang sebagai bantuan yang lebih bermanfaat. Kepentingannya yang paling penting bagi orang Athena terlihat di pelipisnya yang megah, Parthenon, yang masih memahkotai Acropolis. Orang-orang Athena berhati-hati, sama saja, untuk menghormati Poseidon juga.

Sumber gambar : https://aishasoasis.wordpress.com/wpid-ariadne-gives-theseus-string-to-get-thru-the-labyrinth-by-n-bambini-wikicommons-jpg-jpeg/

Poseidon merupakan ayah dari pahlawan Theseus, meskipun Aegeus fana juga mengklaim perbedaan ini. Theseus senang memiliki dua ayah, menikmati garis keturunannya masing-masing selama itu cocok untuknya. Oleh karenanya, ia  juga menjadi raja Athena sebab masih menjadi putra Aegeus, tetapi ia juga memanfaatkan keturunan Poseidon dalam menghadapi tantangan yang diberikan oleh Raja Minos dari Kreta. Raja ini melemparkan cincin stempelnya ke kedalaman laut dan menantang Theseus untuk mengambilnya. Pahlawan itu terjun ke bawah ombak dan tidak hanya menemukan cincin itu tetapi juga diberi mahkota oleh istri Poseidon, Amphitrite.

Poseidon dikenal tidak begitu baik terhadap pahlawan terkenal lainnya. Karena Odiseus pernah membutakan mata Cyclops Polyphemus, yang merupakan putra dari Poseidon, dewa itu tidak hanya menunda kepulangan pulang pahlawan dari Perang Troya tetapi juga menyebabkan dia menghadapi bahaya besar.

sumber gambar : https://id.pinterest.com/?show_error=true

Poseidon juga mengutuk istri Raja Minos. Minos telah membuktikan hak ilahi untuk memerintah Kreta dengan memanggil Poseidon untuk mengirim seekor lembu jantan dari laut, yang dijanjikan raja untuk dikorbankan. Poseidon mengirim banteng, tetapi Minos terlalu menyukainya untuk mengorbankannya. Jadi Poseidon meminta Aphrodite, dewi cinta, untuk membuat ratu Minos, Pasiphae, jatuh cinta pada banteng. Hasilnya adalah Minotaur, setengah manusia, setengah sapi.

Sebagai dewa kuda, Poseidon sering mengadopsi bentuk kuda. Tidak begitu pasti apakah dia menjelma dalam bentuk ini ketika merayu Medusa. Tetapi ketika Perseus membunuh Gorgon, kuda bersayap Pegasus pernah terlihat melompat dari leher Gorgon yang terputus.

Poseidon terkadang memberikan kekuatan pengalih bentuk kepada orang lain. Dan dia menyerahkan permintaan dari gadis Caenis agar dia diubah menjadi prajurit pria yang kebal, Caeneus.



Fakta menarik tentang Poseidon


Sumber gambar : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Poseidon


  • Poseidon dikenal sebagai Dewa laut dan juga pelindung semua perairan; para pelaut biasa mengandalkan dirinya untuk perjalanan yang aman.
  • Poseidon diberikan jatah kekuasaannya setelah jatuhnya para Titan.
  • Zeus dan Hades merupakan saudara laki-lakinya.
  • Cukup beralasan bahwa, karena pengaruhnya terhadap perairan, ia disembah sehubungan dengan navigasi.
  • Poseidon disembah sebagai dewa kesuburan.
  • Namanya adalah bahasa Yunani untuk "suami."
  • Dia memegang trident atau tombak bercabang tiga, dan gambaran terhadap dirinya ini tercermin dalam bentuk seni.
  • Poseidon mampu menghantam tanah dengan trisulanya untuk menciptakan gempa bumi. Inilah yang membuat dirinya mendapat julukan sebagai "Pengocok Bumi."
  • Poseidon memiliki sebuah istana, yang terbuat dari permata dan karang, yang terletak di dasar laut. Dia lebih sering berada di Gunung Olympus daripada di istananya sendiri.
  • Poseidon pada dasarnya bersifat murung: temperamen, dan fluktuasi emosinya sering menimbulkan kekerasan.
  • Dia mirip dengan Zeus dalam beberapa hal, dia suka mengerahkan kekuasaannya atas wanita dan memamerkan kejantanannya yang kasar. Namun, kadang-kadang, upayanya dihargai. Poseidon menyelamatkan Amymone dari satyr.
  • Alat transportasi utamanya adalah kereta yang ditarik oleh kuda.
  • Poseidon membantu orang-orang Yunani dalam perang Trojan. Namun, Zeus memerintahkannya untuk mundur dari medan perang, dan dia dengan enggan mematuhinya.
  • Dendamnya terhadap Odysseus merupakan salah satu tema dalam Odyssey.
  • Poseidon merupakan suami dari Amphitrite, seorang Nereid. Hubungan pernikahan mereka menghasilkan anak bernama TRITON, makhluk setengah manusia, setengah ikan.
  • Hasil hubungannya dengan Medusa menghasilkan KUDA TERBANG, PEGASUS - salah satu dari banyaknya MAKHLUK MITOLOGIS. 
  • Dia juga merupakan ayah kandung dari Orion, Polyphemus, Pelias, dan masih banyak lagi. 
  • Salah satu tipu daya yang paling menonjol melibatkan adiknya Demeter. Dia menolak kemajuannya dengan mengubah dirinya menjadi seekor kuda betina. Dia kemudian berubah menjadi kuda dan mengejarnya. Hubungan mereka menghasilkan seekor kuda, Arion. 
  • Dia dan Athena berkompetisi untuk menguasai kota Athena. Untuk menggerakkan orang-orang yang mendukungnya, Poseidon membuatnya muncul di Acropolis. Athena, di sisi lain, memberi mereka pohon zaitun. Dengan itu, dia memenangkan kontes.
  • Meskipun Poseidon terhubung dengan kereta dan kapal, Athena adalah yang pertama membuat masing-masing.




Poseidon: https://greekgodsandgoddesses.net - Greek Gods & Goddesses, September 19, 2014

Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r



                                                                                                  Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :


Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer