Sunday, January 5, 2020

Mitos Mengenai Perseus dan Medusa (Cerita Mitologi dari Yunani)

๐ŸŒฒ๐ŸŒSelamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung๐ŸŒš๐ŸŒฒ

Mitos Mengenai Perseus dan Medusa (Cerita Mitologi dari Yunani)


Sumber gambar : https://www.artisoo.com/id/perseus-dengan-kepala-medusa-p-110057.html


Perseus, dalam mitologi Yunani, pembunuh Medusa Gorgon dan penyelamat Andromeda dari monster laut. Perseus adalah putra Zeus dan Danaรซ, anak perempuan dari Acrisius dari Argos. Sebagai seorang bayi ia dilemparkan ke laut dalam peti bersama ibunya oleh Acrisius, kepada siapa telah dinubuatkan bahwa ia akan dibunuh oleh cucunya. Setelah Perseus tumbuh di pulau Seriphus, tempat peti mati, Raja Polydectes dari Seriphus, yang menginginkan Danaรซ, menipu Perseus agar berjanji untuk mendapatkan kepala Medusa, satu-satunya makhluk hidup di antara para Gorgon.

Sumber gambar :http://jorgeolguin.org/enigmas/mitologia_hermes.htm 


Dibantu oleh Hermes dan Athena, Perseus menekan tombol Graiae, saudari-saudari dari Gorgon, untuk membantunya dengan merebut satu mata dan satu gigi yang para suster bagikan dan tidak mengembalikannya sampai mereka memberinya sandal bersayap (yang memungkinkannya untuk terbang), topi Hades (yang membuat tidak terlihat), pedang melengkung, atau sabit, untuk memenggal Medusa, dan tas untuk menyembunyikan kepala. (Menurut versi lain, Graiae hanya mengarahkannya ke Stygian Nymphs, yang memberitahunya di mana menemukan Ngarai dan memberinya tas, sandal, dan helm; Hermes memberinya pedang.)


Sumber gambar : https://m.kumparan.com/amp/creeps/makhluk-mitologi-medusa


Karena tatapan Medusa mampu menyihir siapapun yang memandanginya menjadi batu, Perseus membimbing dirinya sendiri dengan bayangannya dalam perisai yang diberikan padanya oleh Athena dan memenggal kepala Medusa saat dia tidur. Dia kemudian kembali ke Seriphus dan menyelamatkan ibunya dengan mengubah Polydectes dan para pendukungnya menjadi batu ketika melihat kepala Medusa.

Baca Juga : Mengenal Sosok Hercules, Pahlawan Besar dari Mitologi Yunani

Tindakan selanjutnya yang dikaitkan dengan Perseus adalah penyelamatannya atas putri Ethiopia Andromeda saat dia dalam perjalanan pulang dengan kepala Medusa. Ibu Andromeda, Cassiopeia, mengklaim lebih cantik daripada nimfa laut, atau Nereid ; jadi Poseidon telah menghukum Ethiopia dengan membanjiri dan menghantamnya dengan monster laut. Seorang peramal memberi tahu ayah Andromeda, Raja Cepheus, bahwa penyakit itu akan berhenti jika dia memaparkan Andromeda ke monster itu, yang dia lakukan. Perseus, yang lewat, melihat sang putri dan jatuh cinta padanya. Dia mengubah monster laut itu menjadi batu dengan menunjukkannya kepala Medusa dan kemudian menikahi Andromeda.

Sumber gambar : https://pxhere.com/id/photo/768213

Kemudian Perseus memberikan kepala Gorgon ke Athena, yang meletakkannya di perisainya, dan memberikan perlengkapan lainnya kepada Hermes. Dia menemani ibunya kembali ke Argos asalnya, di mana dia secara tidak sengaja memukul ayahnya, Acrisius, mati ketika melempar diskus, sehingga memenuhi ramalan bahwa dia akan membunuh kakeknya. Karena itu ia meninggalkan Argos dan mendirikan Mycenae sebagai ibukotanya, menjadi leluhur Perseid, termasuk Heracles. Legenda Perseus adalah subjek favorit dalam seni lukis dan patung, baik kuno maupun Renaissance. (Patung perunggu Benvenuto Cellini di Florence of Perseus dengan kepala Medusa sangat terkenal.) Tokoh utama dalam legenda Perseus, Perseus, Cepheus, Cassiopeia, Andromeda, dan monster laut (Cetus), semua sosok di langit malam sebagai rasi bintang.

Baca Juga : Sembilan Muses dari Mitologi Yunani

Fakta Menarik Tentang Medusa

Sumber gambar : http://id.fanpop.com/clubs/fantasy/images/40891668/title/medusa-photo

  • Terlahir dari dewa laut Phorcys dan Ceto (istri dan saudara perempuan Phorcys), Medusa (ratu atau penguasa) adalah salah satu dari tiga saudara perempuan Gorgon. Dua saudara perempuan lainnya adalah Stheno (kekuatan) dan Euryale (melompat-lompat).
  • Penyair Yunani Hesiod menulis bahwa Medusa tinggal dekat dengan Hesperides di Samudra Barat dekat Sarpedon. Herodotus sang sejarawan mengatakan rumahnya adalah Libya.
  • Saudara-saudara perempuan Medusa abadi tetapi dia fana.
  • Medusa berkeliaran di Afrika selama beberapa waktu. Legenda mengatakan ketika dia ada di sana, bayi ular jatuh dari kepalanya dan inilah sebabnya ada banyak ular di Afrika.
  • Banyak seniman menjadikan Medusa sebagai karya seni.
  • Leonardo da Vinci membuat lukisannya menggunakan minyak di atas kanvas.
  • Dia dibuat menjadi patung marmer dan perunggu.
  • Dari c. 200 SM: Di Rumah Faun di Pompeii, Medusa berada di atas dada ALEXANDER AGUNG di Alexander Mosaic.
  • Lambang desa Dohalice dari Republik Ceko menggambarkan kepala Medusa.
  • Bendera dan lambang Sisilia juga menonjolkan kepalanya.
  • Dua spesies ular mengandung namanya: pitviper berbisa, Bothriopsis medusa, dan ular tak bernama bernama Atractus medusa.
  • Medusa mewakili filosofi, keindahan, dan seni.Kepala Medusa adalah bagian dari simbol perancang busana Gianni Versace.
  • Dia telah ditampilkan dalam film, buku, kartun, dan bahkan video game.
  • Ada beberapa versi mitos Medusa.
  • Di hampir setiap versi mitos Medusa, Raja Polydectes dari SERIPHUS MENGIRIM PERSEUS UNTUK KEMBALI DENGAN KEPALANYA sehingga Polydectes dapat menikahi ibunya. Para DEWA membantu Perseus dalam pencariannya dan dia dikirimi sandal bersayap emas dari HERMES, helm tembus pandang Hades, pedang dari HEPHAESTUS,dan perisai cermin dari Athena.
  • PERSEUS sang pahlawan membunuh Medusa, satu-satunya makhluk fana dari saudara perempuan Gorgon, dengan melihatnya dalam pantulan perisai cermin Athena. Perseus lalu memenggalnya. Pada saat ini Chrysaor, raksasa dengan pedang emas, dan kuda bersayap PEGASUS melompat keluar dari tubuhnya. Ini adalah dua putranya.
  • Dalam feminisme, Medusa dikenal sebagai simbol kemarahan meskipun pada awalnya ia sangat cantik.
  • Cameo Romawi dari abad kedua atau ketiga mengandung kepalanya.
  • Sebuah tepidarium dari zaman Romawi memiliki lantai mosaik dengan kepalanya di tengah.
  • Profilnya terukir pada koin-koin pemerintahan Seleceus I Nicator of Syria dari 312-280 SM.
  • The ARTEMIS kuil di Corfu menggambarkan Medusa dalam bentuk kuno. Dia adalah simbol kesuburan mengenakan sabuk ular yang saling terkait.

Sebuah cerita mengatakan bahwa HERCULES memperoleh kunci rambut Medusa dari Athena dan memberikannya kepada putri Cepheus, Sterope, untuk melindungi kota Tegea dari serangan. Rambutnya memiliki kekuatan yang sama seperti kepalanya sehingga ketika terkena itu menyebabkan badai yang mengusir musuh. Medusa adalah salah satu karakter mitologi Yunani yang paling terkenal. Ini telah terbukti karena dia terus digambarkan dalam budaya pop. Dia tidak hanya diabadikan dalam cerita tetapi juga dalam sejarah. Dia segera dikenali, sosok klasik dan simbol monster yang menarik.


Sumber :
• https://www.britannica.com/topic/Perseus-Greek-mythology
• Medusa:https://greekgodsandgoddesses.net - Greek Gods & Goddesses, February 7, 2017


Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r



                                                                                                  Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} ๐Ÿ‘‡ :


Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. ๐Ÿค—

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer