Sunday, June 21, 2020

Nikmatnya Olahan Ikan Bakar Khas Banjarmasin, Iwak Patin Babanam



Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung


Nikmatnya Olahan Ikan Bakar Khas Banjarmasin, Iwak Patin Babanam


Oleh Nirwan




Bagi Anda yang seringkali berkunjung di kota Banjarmasin (Kalimantan Selatan) saya rasa cukup familiar dengan yang namanya olahan ikan sungai berupa ikan patin bakar atau urang banjar lebih menyebutnya dengan sebutan Iwak Patin Babanam. 

Ya, salah satu kuliner berupa Iwak Patin Babanam ini memang sudah menjadi kuliner yang cukup diminati di Kota Banjarmasin. Dimana Banjarmasin sendiri merupakan wilayah yang dikenal banyak memiliki daerah aliran sungai, sehingga olahan ikan sungai menjadi daya tarik tersendiri dari Ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan tersebut. 

Dilansir dari Wikipedia,  Ikan Patin adalah sekelompok ikan berkumis (Siluriformes) yang termasuk dalam genus Pangasius, famili Pangasiidae. Nama "patin" juga disematkan pada salah satu anggotanya, P. nasutus. Kelompok hewan ini banyak yang bernilai ekonomi, seperti patin dan patin siam (P. hypophthalmus syn. P. sutchi, atau beberapa pustaka menyebutnya jambal siam). Beberapa anggotanya yang hidup di Sungai Mekong dikenal berukuran sangat besar, mencapai panjang dua meter lebih.

Iwak Patin Babanam diolah dari ikan patin segar yang sebelumnya di potong-potong dan kemudian direndam ke dalam larutan bumbu khas banjar dalam beberapa menit. Selanjutnya, ikan patin yang telah direndam ke dalam bumbu dasar  tersebut dimasukkan kembali ke dalam campuran kecap dan saus tomat hingga pada proses pemanggangan  ikan tersebut diatas bara api sampai matang merata dengan cara dibolak balik.

Adapun keunikan dari sensasi rasa Iwak Patin Babanam ini yaitu dinilai dari rasa bumbunya yang begitu khas seperti rasa asam, manis, sedap dan gurih. Selain itu, tekstur dagingnya yang begitu empuk dan lembut juga membuat siapapun dapat merasakan sensasi lemak dari daging Iwak Patin Babanam tersebut. 

Dalam setiap restoran ataupun warung masakan di Banjarmasin tentunya tidak pernah alpa dengan yang namanya menu olahan ikan patin bakar ini, seakan-akan Ikan Patin Babanam sudah menjadi menu utama dari sekian banyaknya menu olahan ikan sungai lainnya di Banjarmasin. Iwak Patin Babanam sejatinya paling nikmat disajikan pada siang hari dengan didampingi oleh sambal acan, kuah sop serta sayur lalapan. Dan yang terakhir, jangan pernah lupa dibarengi oleh segelas air es teh manis sebagai pelepas dahaganya...




Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r



                                                               
Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :


Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer