Thursday, July 23, 2020

Mistis ! Beginilah Kesaktian Tradisi Tabur Beras Kuning Suku Dayak Maanyan Yang Mampu Membuat Takut Lawan / Musuh


Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung


Mistis ! Beginilah Kesaktian Tradisi Tabur Beras Kuning Suku Dayak Maanyan Yang Mampu Membuat Takut Lawan / Musuh




Oleh Nirwan

Suku Dayak di Kalimantan memang sejak dulu dikenal akan kesaktian hingga kekuatan magis yang dimiliki oleh masyarakatnya. Suku Dayak sendiri mempunyai beberapa sub suku yang dimana masing-masing bagian subnya tersebar di berbagai pelosok daerah di kepulauan Kalimantan. 

Sebut saja salah satunya suku Dayak Maanyan, yang dimana Dayak Maanyan sendiri disebut sebagai salah satu sub suku Dayak tertua di Nusantara, khususnya di Kalimantan bagian tengah dan selatan. Adapun pemukiman Dayak Maanyan dapat kita jumpai di daerah Kabupaten Bario Timur dan sebagian Barito Selatan di kawasan Provinsi Kalimantan Tengah.

Tahukah Anda ?, Bahwa suku Dayak Maanyan di Kalimantan memiliki salah satu kehebatan dalam menebar beras kuning yang cukup ditakuti oleh para lawan ataupun musuh. Bahkan saking mengerikan dan saktinya kekuatan magis dari beras kuning yang disebar oleh suku Dayak Maanyan tersebut, sampai-sampai kehebatannya juga disamakan dengan kesaktian Mandau terbang yang dimiliki oleh suku Dayak.

Dipercaya, kekuatan mistis yang terdapat pada beras kuning yang ditabur oleh suku Dayak Maanyan tersebut, sumber kekuatannya berasal dari roh para leluhur mereka. Tradisi menebar beras kuning yang mengandung kekuatan magis dan sangat ditakuti ini sebenarnya hanya akan dilakukan oleh warga Suku Dayak Maanyan apabila diri mereka mendapati berbagai ancaman maupun serangan dari musuh demi mempertahankan diri.

Seperti dikutip dari laman www.gelorabangsa.com, Pada tahun 2014 pernah terjadi kerusuhan di depan DPR Barito Timur antara suku Dayak dengan pihak aparat kepolisian.

Suku Dayak yang tergabung dalam Komando Pertahanan Adat Dayak Bartim ini merasa kurang puas dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum karena tidak sesuai dengan syarat untuk mendapatkan kursi DPRD untuk calon Bupati.

Saat itu, suku Dayak yang merasa terdesak oleh pihak aparat kepolisian akhirnya menaburkan beras kuning dan saat itu pula pihak aparat kepolisian mundur.





Sumber : www.gambaranimasi.org

Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..



* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r



                                                               
Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :


Atau juga :

No comments:

Post a Comment

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer