Hal. 40 (Pertanyaan)
2. Jelaskan mengapa sebelum seseorang merancang sebuah sistem informasi akuntansi perlu memahami aktivitas bisnis yang dilaksanakan oleh perusahaan !
Jawab : Menurut Saya, pendekatan tersebut cukup penting dan tentunya bermanfaat untuk mengidentifikasi jenis-jenis informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Usai mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan, maka selanjutnya menentukan jenis data input yang relevan dan proses yang dilakukan untuk menghasilkan keluaran berupa informasi tersebut. Jadi, sebelum menerapkan sebuah Sistem Informasi Akuntansi, tahap pertama yang harus dilakukan oleh seseorang adalah hendaknya memahami aktivitas bisnis yang akan dilaksanakan oleh sebuah organisis dan keputusan kunci dalam melaksanakan aktivitas tersebut.
4. Sebut dan jelaskan siklus transaksi yang dilaksanakan oleh sebuah perusahaan dagang !
Jawab : Adapun siklus transaksi yang dilaksanakan oleh sebuah perusahaan dagang mencakup empat siklus diantaranya :
- Siklus pendapatan, dimana di dalam siklus ini mencakup transaksi berupa penjualan barang/jasa kepada pelanggan dan perusahaan menerima kas dari hasil penjualan yang dilakukan tersebut.
- Siklus pengeluaran, dimana di dalam siklus ini mencakup transaksi berupa pembelian barang/jasa dan pengeluaran kas untuk membayar pembelian barang dan jasa tersebut. selain itu, juga untuk pembayaran berbagai macam beban, seperti halnya beban gaji, beban sewa, dan sebagainya.
- Siklus sumber daya manusia, adapun di dalam siklus ini telah mencakup seluruh transaksi yang berhubungan dengan seleksi, pengangkatan, pelatihan, penempatan, dan pembayaran gaji karyawan.
- Siklus keuangan, siklus ini mencakup seluruh transaksi yang berhubungan dengan investasi modal dalam perusahaan, peminjaman uang, pembayaran dividen dan bunga, dan pelunasan pinjaman.
- Siklus buku besar dan pelaporan, sedangkan siklus ini mencakup seluruh aktivitas yang berhubungan dengan penyusunan laporan keuangan dan laporan manajerial lainnya, baik berupa transaksi rutin, transaksi nonrutin, maupun transaksi penyesuaian.
Jawab :
- Aspek Administrasi
- Aspek Hukum
- Aspek Pendidikan
- Aspek Penelitian
- Aspek Ekonomi
- Aspek Manajemen
11. Berikan penjelasan yang lengkap tentang proses penyusunan laporan keuangan pada akhir periode akuntansi !
Jawab :
Berikut merupakan proses penyusunan laporan keuangan pada akhir periode akuntansi !
- Menyusun Neraca Saldo
- Pengumpulan data yang diperlukan untuk membuat jurnal penyesuaian
- Menyusun neraca lajur / kertas kerja
- Menyusun laporan keuangan yang terdiri dari laporan rugi laba dan laporan perubahan modal serta laporan-laporan lainnya
- Menyesuaikan dan menutup rekening-rekening
- Menyusun Neraca Saldo setelah Penutupan
13. Jelaskan apa yang dimaksud dengan laporan kinerja dan jelaskan pula manfaat laporan kinerja !
Jawab : Laporan kinerja merupakan laporan yang berisikan informasi tentang realisasi, anggaran, dan selisih antara realisasi dan anggaran, untuk setiap pusat pertanggungjawaban. Laporan kinerja pusat biaya biasanya juga berisikan informasi anggaran dan realisasi biaya, sebab manajer pusat biaya akan mengendalikan biaya. Adapun manfaat laporan kinerja diantaranya seperti untuk memberikan informasi kinerja yang terukur kepada pemberi mandat atas kinerja yang telah dan seharusnya dicapai serta sebagai upaya perbaikan berkesinambungan bagi instansi pemerintah untuk meningkatkan kinerjanya.
14. Jelaskan tujuan diselenggarakannya sistem pengendalian intern !
Jawab : Tujuan diselenggarakannya pengendalian intern ialah untuk mencegah kerugian atau pemborosan dalam pengolahan sumber daya perusahaan. Pengendalian intern juga dapat menyediakan informasi tentang bagaimana menilai kinerja perusahaan dan manajemen perusahaan serta menyediakan informasi yang akan digunakan sebagai pedoman dalam perencanaan.
15. Uraikan bagaimana cara untuk mencapai tujuan pengendalian intern !
Jawab :
Dalam mencapai tujuan pengendalian intern, kita dapat melakukan dua metode diantaranya :
Dokumen yang memadai untuk seluruh aktivitas bisnis
Pemisahan fungsi atau tugas tujuannya untuk membatasi orang untuk melaksanakan sebuah transaksi.
Hal. 60 (Pertanyaan)
2. Sebut dan jelaskan syarat yang harus dipenuhi untuk mengkomunikasikan kebijakan manajemen puncak ke seluruh unit dalam organisasi !
Jawab : Ada dua syarat yang harus dipenuhi untuk mengkomunikasikan kebijakan manajemen puncak ke seluruh unit dalam organisasi seperti :
mengkomunikasikan struktur organisasi dengan menggunakan bagan organisasi (organization charts). Bagan organisasi ini mengidentifikasikan segmen-segmen yang ada dan mengkomunikasikan hubungan bawahan-bawahan.
mengkomunikasikan struktur organisasi dengan menggunakan uraian jabatan (job descriptions). Uraian jabatan menetapkan tanggungjawab bagi karyawan untuk tugas khusus.
4. Sebutkan 4 karakteristik struktur organisasi yang dapat memberikan lingkungan bagi aliran informasi !
Jawab : ada 4 karakteristik struktur organisasi yang dapat memberikan lingkungan bagi aliran informasi diantaranya sebagai berikut :
- Organisasi harus menetapkan sebuah struktur yang membedakan setiap segmen (unit) yang terlibat.
- Organisasi harus memiliki ketentuan yang jelas mengenai wewenang dan tanggung jawab setiap manajer segmen.
- Setiap karyawan harus memberikan laporan hanya kepada atasan langsungnya
- Manajemen puncak harus menetapkan secara jelas hubungan atasan-bawahan antarkaryawan.
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem informasi yang menghasilkan laporan untuk pemakai internal (sistem informasi manajerial) !
Jawab :
Sistem informasi akuntansi manajerial menghasilkan aliran informasi dari atas ke bawah (top down) dan dari bawah ke atas (bottom-up). Bagan organisasi pernyataan kebijakan dan sistem anggaran kinerja menghasilkan aliran informasi dari atas ke bawah. Dengan menggunakan sebuah bagan rekening terpisah untuk setiap pusat pertanggung jawaban sistem ini menghasilkan laporan kinerja yang mengungkapkan anggaran kinerja dan realisasi kinerja. Sistem akuntansi pertanggungjawaban juga menghasilkan informasi bagi pelaporan keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntansi yang berterima umum atau standar akuntansi keuangan. Meskipun demikian, akuntansi pertanggung jawaban akan lebih praktis apabila diselenggarakan dengan menggunakan alat bantu komputer.
7. Jelaskan isi pokok laporan kinerja (performance report) dan uraikan manfaat laporan tersebut bagi manajemen !
Jawab : Sistem akuntansi pertanggungjawaban mengkomunikasikan informasi yang dihasilkannya dalam laporan kinerja. Laporan kinerja ini berisi informasi tentang realisasi, anggaran, dan selisih antara realisasi dan anggaran, untuk setiap pusat pertanggungjawaban. Informasi yang diungkapkan dalam laporan tersebut tergantung pada elemen yang dikendalikan oleh seorang manajer. Manajer pusat biaya akan mengendalikan biaya, oleh karena itu laporan kinerja untuk pusat biaya berisi informasi anggaran dan realisasi biaya.
10. Jelaskan kaitan antara tujuan kinerja, tujuan organisasi, dan tujuan departemen !
Jawab :
Sistem penganggaran yang efektif mensyaratkan bahwa manajemen menetapkan tujuan kinerja untuk setiap segman dalam organisasi. Selanjutnya, manajemen puncak mengkomunikasikan tujuan ini ke setiap manajer segmen dengan mengeluarkan anggaran periodik. Sistem ini, disebut dengan sistem penganggaran kinerja (performance budgeting system), yang mengkoordinasikan tujuan kinerja setiap segmen sedemikian rupa sehingga, jika setiap segmen dapat mencapai tujuannya, maka tujuan organisasi secara keseluruhan dapat dicapai. Umunya perusahaan menetapkan tujuannya dengan menggunakan ukuran berupa residual income atau return on invested capital. Sistem penganggaran kinerja menjabarkan tujuan perusahaan ke dalam tujuan yang lebih rinci dan spesifik untk jenjang yang lebih bawah seperti departemen, divisi, biro, bagian, dan lain-lain.
13. Uraikan cara-cara untuk menghasilkan laporan keuangan reguler dari sebuah sistem akuntansi pertanggungjawaban !
Jawab :
Dalam menghasilkan laporan keuangan pada akhir periode, perlu dilakukan proses konversi dari laporan kinerja ke dalam laporan kinerja ke dalam laporan keuangan biasa. Sebagian informasi yang dilaporkan dalam laporan kinerja dapat "langsung" dicantumkan dalam laporan keuangan, sedangkan sebagian lainnya harus "diolah" dulu sebelum dilaporkan dalam laporan keuangan. Jika digunakan cara manual, maka tentunya proses konversi ini akan makan waktu, namun dengan menggunakan bantuan program komputer, maka proses konversi dan reklasifikasi dari laporan kinerja menjadi laporan keuangan reguler tentunya dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat dan akurat.
Sumber : www.gambaranimasi.org |
Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 :
Atau juga :
No comments:
Post a Comment
"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"
Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.
Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗